Mau Kuliah Sambil Bekerja? Simak 7 Tipsnya agar Tak Keteteran! – Memang benar jika mengatur waktu antara kuliah dan kerja menjadi hal yang cukup sulit. Karena fokus akan menjadi terpecah belah yang akhirnya kuliah pun bisa menjadi berantakan.

Dari kejadian tersebut, banyak mahasiswa yang akhirnya harus memilih antara meneruskan atau berhenti kuliah dan lanjut bekerja. Namun, pernyataan tersebut bisa jadi salah kalau Anda menjalani keduanya dengan cara yang tepat. 

Nah, untuk Anda yang tertarik kuliah sambil bekerja, yuk coba simak 7 tips berikut ini, supaya rencana kuliah dan kerja Anda bisa menjadi sukses.

Mau Kuliah Sambil Bekerja? Simak 7 Tipsnya agar Tak Keteteran!

1Ambil Pekerjaan yang Sesuai dengan Jurusan Kuliah

7 Karakteristik Desainer Hebat yang Bisa Anda Miliki - seni a - 5 Keterampilan yang Sulit Dipelajari, Tapi Memberi Manfaat Jangka Panjang - 10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 0 - 5 Alasan Orang Menghabiskan Uang yang Tidak Mereka Miliki - uang - kaya - 6 Hal yang Harus Diperbaiki Setelah Lulus Kuliah - kemampuan kerja

Jika mengambil pekerjaan yang sejalur dengan jurusan kuliah, hal tersebut akan memberikan banyak manfaat untuk Anda. 

Dengan mengikuti tips ini, Anda bisa dengan cepat menguasai pekerjaan baru karena ilmu yang telah didapatkan di perkuliahan atau sebaliknya. 

Anda bisa menambah banyak ilmu yang bisa meningkatkan nilai, karena Anda telah terjun langsung di dunia kerja dengan mempraktikkan ilmu kuliah yang telah didapat. 

Namun, jika Anda tetap tidak bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan, cobalah untuk mencari pekerjaan yang memang sesuai dengan jadwal serta kemampuanmu. 

Jangan terlalu memaksakan diri, karena jika Anda melakukan pekerjaan di luar batas kemampuan, bukan hal positif yang didapatkan, tapi kuliah dan kerja Anda akan menjadi berantakan. 


2Mengambil Kelas Online

Lakukan 4 Hal Ini Ketika Menempuh Perguruan Tinggi - Belajar dan Mengasah Diri Lebih Cepat dengan Menerapkan 4 Kiat Berikut

Teknologi yang semakin berkembang ternyata juga mempengaruhi dunia pendidikan, lho. Salah satunya adalah hadirnya sistem perkuliahan berbasis online

Meskipun Anda tidak hadir ke kampus atau bertatap muka langsung dengan dosen, namun akan banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari sistem kuliah online.

Seperti contoh, waktu kuliah fleksibel yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Pada akhirnya akan menghasilkan daya serap dan pemahaman belajar yang lebih baik. 


3Perhatikan Biaya 

Ilustrasi Biaya Pendidikan - Tidak lulus SBMPTN

Mayoritas mahasiswa yang memilih kuliah sambil bekerja menggunakan penghasilan mereka untuk meringankan biaya kuliah. 

Selain dengan cara kuliah sambil bekerja, Anda bisa meringankan biaya kuliah dengan mendapatkan beasiswa atau Anda bisa mengajukan bantuan pembiayaan untuk dana pendidikan di KoinPintar dari KoinWorks.

KoinPintar memiliki bunga yang sangat rendah, yaitu mulai dari 9% saja per tahunnya atau hanya sebesar 0,75% per bulan. Pinjaman yang telah Anda ambil juga bisa dibayar dengan cara mengangsur sampai dengan 24 bulan ke depan.

Tentunya cara seperti ini sangat direkomendasikan bagi mahasiswa yang ingin meringankan anggaran kuliahnya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman ini


4Beritahukan Kondisi Anda Kepada Perusahaan

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - berpikir positif

Ketika Anda melakukan interview dengan perusahaan yang dipilih, cobalah untuk menjelaskan posisi Anda yang masih menjadi mahasiswa. 

Hal tersebut sangat penting! Jangan sampai terlewat. Karena dengan begitu, perusahaan akan memahami kondisi Anda dan jika perusahaan tetap membutuhkan jasa Anda, kerja dan kuliah pun bisa Anda jalani dengan seimbang.


5Istirahat yang cukup 

kesuksesan bisnis katy perry - tidur

Jangan karena tugas kuliah atau pekerjaan yang menumpuk membuat Andakurang beristirahat. Pastikan Anda tetap beristirahat setidaknya 5-6 jam setiap hari.

Jangan lupa juga untuk tetap mengkonsumsi vitamin dan makanan bergizi, supaya tetap sehat dan bugar ketika menjalani aktivitas yang padat. 


6Pastikan untuk Tetap Berproduktif

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - 10 Hal Yang Harus Dilakukan Milenial untuk Keuangan Mereka Tahun Ini-Kiat Mencapai Kebebasan Finansial untuk Generasi Milenial

Jadwal yang sangat padat bisa menguras habis waktu Anda untuk melakukan aktivitas lain seperti, bermain, belajar dan lainnya. 

Maka dari itu, ketika Anda memiliki waktu istirahat di sela-sela kedua kegiatan ini, cobalah untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Anda bisa belajar materi kuliah supaya nilai tetap stabil atau jika memang sudah merasa kelelahan, Anda bisa beristirahat sejenak untuk menyegarkan kembali pikiran Anda. 

Jangan sampai waktu luang yang Anda miliki tidak Anda gunakan dengan baik ya!


7Tetap Perhatikan Performa 

kerja online fokus - Belajar dan Bekerja dengan Optimal Menggunakan Metode 90 Menit, Mau Mencobanya? - 7 Teknik Menjadi Pembelajar Cepat, Dapatkan Pengetahuan dengan Mudah!

Ada kalanya poin satu ini cukup susah ketika dipraktikkan. Namun cobalah untuk melatihnya secara perlahan, jangan mengabaikan tugas kuliah Anda hanya karena sibuk bekerja.

Ataupun sebaliknya, jangan hanya karena sudah merasa mampu untuk mendapatkan penghasilan bulanan, Anda malah menjalankan kuliah dengan tidak sepenuh hati. 

Sangat disayangkan bukan, dana yang telah Anda keluarkan untuk biaya kuliah? 

Berikut adalah 7 tips untuk Anda yang ingin kuliah sambil bekerja. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin menjalani keduanya dengan sukses.

Selamat mencoba!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.