Cara Mudah Membuat Anggaran untuk Beragam Kebutuhan Keuangan Kamu

Membuat Anggaran

Cara Mudah Membuat Anggaran untuk Beragam Kebutuhan Keuangan Kamu – Pernahkah kamu mendengar seseorang mengatakan bahwa “kita harus hidup sesuai anggaran”?

Mungkin terkadang ungkapan tersebut terkesan kaku dan mengintimidasi.

Namun sebenarnya, memiliki sebuah anggaran keuangan dapat mencegah kamu melakukan pemborosan pada hal-hal yang tidak perlu, lho!

Yuk, pelajari cara mudah membuat anggaran keuangan!


1. Hitung Seluruh Pendapatan

Hal pertama adalah coba hitung berapa pendapatan kamu setiap bulannya setelah dipotong pajak.

Baik pendapatan tetap seperti gaji dari kantor maupun pendapatan sampingan dari bisnis dan sebagainya.

Hitung secara menyeluruh pendapatan kamu setiap bulannya karena jumlah inilah yang nantinya menjadi patokan terkait seberapa besar uang yang dimiliki untuk menutup segala pengeluaran dan berapa yang bisa disisihkan sebagai anggaran.


2. Hitung Seluruh Tagihan dan Keperluan Lain

Hitung seluruh recurring bills dan berbagai pengeluaran untuk keperluan lain yang mewajibkan kamu untuk membayarnya secara rutin.

Coba perhatikan keperluan-keperluan yang wajib dibayar seperti biaya sewa apartemen, tagihan mobil, cicilan KPR, anggaran belanja, gaji karyawan, pinjaman dan tagihan-tagihan lainnya. Kemudian jumlahkan seluruh biaya yang harus dibayar.

Setelah menghitung semuanya, maka bila jumlah seluruh pendapatan kamu dikurangi dengan pengeluaran tersebut, itulah uang yang kamu miliki saat ini dan dari situlah kamu bisa membuat anggaran untuk memenuhi kebutuhan keuangan lain.

Setelah kamu mendapatkan jumlah kewajiban keuangan bulanan yang harus dibayar, maka mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya.


3. Kategorisasi

Pisahkan pengeluaran ke beragam jenis kategori dan tentukan anggaran untuk setiap kategori tersebut.

Misalnya, anggaran untuk makan di luar.

Meskipun terlihat tidak penting, tapi anggaran makan diluar wajib kamu buat, karena kebiasaan makan di luar yang tidak berpatokan dengan anggaran akan menguras keuangan kamu tanpa terkendali.

Jadi, tentukan batasan seberapa banyak uang yang kamu anggarkan untuk makan di luar dan membeli keperluan dapur untuk dimasak di rumah.

Lalu, Proses yang sama terhadap kategori pengeluaran lainnya seperti kebutuhan transportasi, berlangganan media hiburan, traveling, dan sebagainya.


4. Mulai Menabung

Kita menghasilkan uang agar bisa membelanjakannya. Namun, agar kondisi finansial kita tetap sehat, menabung bisa menjadi salah satu hal yang signifikan pengaruhnya.

Entah itu menabung untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, menabung demi biaya pernikahan, hingga menabung demi keperluan KPR, menabung merupakan salah satu langkah yang tepat dalam membuat anggaran untuk beragam kebutuhan keuangan kamu.

Yang perlu diingat adalah sebaik-baiknya dana tabungan adalah dana yang disisihkan bukan di sisakan.


5. Investasi

Dalam tujuan keuangan jangka panjang, investasi merupakan senjata yang sangat ampuh dalam membantu kita mempersiapkan anggaran untuk beragam kebutuhan keuangan di masa depan.

Memang tidak seperti menabung yang bisa ditarik kapan saja, investasi kamu lakukan sekarang untuk kebutuhan mendatang.

Manfaat investasi terhadap keuangan begitu besar, dan bila dibandingkan dengan menabung, satu hal yang membuatnya begitu efektif sebagai langkah pembuatan anggaran adalah kemampuannya untuk menghindari tekanan inflasi.

Selain itu, berinvestasi bisa membuat nilai uang Anda terus tumbuh, terutama bila Anda berinvestasi sedini mungkin dan memanfaatkan efek compounding.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

Dan bila kamu rutin berinvestasi paling tidak setiap bulan, efek compounding akan sangat bermanfaat terhadap pertumbuhan uang kamu.

KoinWorks melalui KoinP2P menawarkan investasi peer-to-peer lending di mana kamu bisa mendanai setiap kebutuhan peminjam, kemudahan dalam menyusun dan mengatur portofolio investasi, hingga mendapatkan keuntungan dengan bunga efektif mulai dari 18% per tahun.

KoinWorks memungkinkan kamu untuk mulai mendanai dengan nominal yang relatif kecil, mulai dari Rp 100.000, dan pastinya memudahkan kamu untuk berdiversifikasi demi meminimalisir risiko investasi.

Yuk, simulasikan pendanaanmu disini!


6. Biaya Tak Terduga

Meskipun kita membuat anggaran untuk beragam kebutuhan keuangan yang telah kita rencanakan, terkadang ada saja pengeluaran mendadak yang tidak kita rencanakan.

Kita tahu pengeluaran seperti itu akan terjadi sewaktu-waktu, tetapi belum tentu kita membuat anggaran khusus untuknya.

Untuk itu, persiapkan anggaran untuk kebutuhan-kebutuhan yang tak terduga, atau dengan kata lain, persiapkanlah dana darurat agar secara finansial kamu siap ketika sesuatu yang tak terduga harus dihadapi.


Nah, itulah langkah-langkah penting yang bisa kamu terapkan dalam membuat anggaran untuk beragam kebutuhan keuangan.

Dengan begitu, merealisasikan pembuatan anggaran dalam memenuhi kebutuhan hingga mewujudkan tujuan keuangan dapat dilakukan dengan mudah.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.