Bagaimana Caranya Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan Anda? – Bila kita mendengar seseorang mengatakan bahwa “kita harus hidup sesuai anggaran”, itu bisa saja terdengar menakutkan, bukan? Menyusun atau menentukan anggaran dan berpatokan padanya membuat kita merasa seakan terintimidasi.

Dalam membuat anggaran, tujuan keuangan apapun yang Anda rencanakan entah itu anggaran belanja bulanan, anggaran pendidikan anak, dan sebagainya, Anda mungkin akan harus segera menjalani prosesnya.

Baca Juga: Punya Rencana Untuk Berlibur Namun Masih Bingung Dengan Biayanya? Coba 5 Tips Ini!

Dalam proses itulah kita sering menghadapi kendala demi kendala sehingga selalu merasa kesulitan dan akhirnya berhenti membuat anggaran untuk kebutuhan keuangan kita.

Melalui artikel ini, mari kita pelajari langkah-langkah membuat anggaran untuk beragam kebutuhan keuangan kita.

Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan: Mulai Dari Mana?

Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan

1. Hitung Seluruh Pendapatan

pengelolaan arus kas yang baik - keuangan menjelang liburan

Coba hitung, berapa pendapatan Anda setiap bulannya setelah dipotong pajak. Hal ini pastinya mudah dan dapat segera dilakukan.

Baca Juga: Investasi Sebagai Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana?

Baik pendapatan tetap seperti gaji dari kantor maupun pendapatan sampingan dari bisnis dan sebagainya, hitung seluruh pendapatan Anda setiap bulannya karena jumlah inilah yang nantinya menjadi patokan terkait seberapa besar uang yang dimiliki untuk menutup segala pengeluaran dan berapa yang bisa disisihkan sebagai anggaran.

2. Hitung Seluruh Tagihan dan Keperluan Lain

rencana keuangan - tujuan finansial

Hitung seluruh recurring bills dan berbagai pengeluaran untuk keperluan lain yang mewajibkan Anda untuk membayarnya secara rutin.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini, Maka Uang Anda Tidak Akan Terbuang Dengan Percuma

Coba perhatikan keperluan-keperluan yang wajib dibayar seperti biaya sewa apartemen, tagihan mobil, cicilan KPR, anggaran belanja, gaji karyawan, pinjaman dan tagihan-tagihan lainnya. Kemudian jumlahkan seluruh biaya yang harus dibayar.

Setelah menghitung semuanya, maka bila jumlah seluruh pendapatan Anda dikurangi dengan pengeluaran tersebut, itulah uang yang Anda miliki saat ini dan dari situlah Anda bisa membuat anggaran untuk memenuhi kebutuhan keuangan lain.

Baca Juga: Wow! Dengan Tidak Melakukan 4 Hal Ini, Anda Bisa Hemat Rp 1 Juta Lebih

Setelah Anda mendapatkan jumlah kewajiban keuangan bulanan yang harus dibayar, maka mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Kategorisasi

menciptakan portofolio investasi

Kategorikan setiap pengeluaran demi memantau untuk keperluan apa saja sebenarnya Anda mengeluarkan uang. Pisahkan pengeluaran ke beragam jenis kategori dan tentukan anggaran untuk setiap kategori tersebut.

Baca Juga: Demi Mempersiapkan Keuangan di Masa Mendatang, 18 Ceklis Ini Bisa Diterapkan Sekarang

Mari kita contohkan makanan. Makan di luar tentu saja nikmat dan tidak merepotkan dibandingkan bila Anda harus membuatnya sendiri di rumah.

Namun, makan di luar tentu saja dengan cepat akan menguras budget Anda, bahkan sebelum Anda menyadarinya.

Tentukan batasan seberapa banyak uang yang Anda anggarkan untuk makan di luar dan membeli keperluan dapur untuk dimasak di rumah.

Baca Juga: Tips Keuangan Untuk Anak Millennial: Mempersiapkan Keuangan di Masa Depan

Lakukan proses yang sama terhadap kategori pengeluaran lainnya seperti kebutuhan transportasi, berlangganan media hiburan, traveling, dan sebagainya.

4. Mulai Menabung

kebiasaan buang duit

Kita menghasilkan uang agar bisa membelanjakannya. Namun, agar kondisi finansial kita tetap sehat, menabung bisa menjadi salah satu hal yang signifikan pengaruhnya.

Baca Juga: Tips Menghemat Uang Tanpa Mengorbankan Kehidupan Sosial Anda

Entah itu menabung untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, menabung demi biaya pernikahan, hingga menabung demi keperluan KPR, menabung merupakan salah satu langkah yang tepat dalam membuat anggaran untuk beragam kebutuhan keuangan Anda.

5. Investasi

manfaat investasi bila rutin berinvestasi - peer to peer lending - p2p lending - koinworks

Dalam tujuan keuangan jangka panjang, investasi merupakan senjata yang sangat ampuh dalam membantu kita mempersiapkan anggaran untuk beragam kebutuhan keuangan di masa depan.

Baca Juga: Investasi Sebagai Penggerak Roda Perekonomian Indonesia: Apa dan Bagaimana?

Memang tidak seperti menabung yang bisa ditarik kapan saja, investasi Anda lakukan sekarang untuk kebutuhan mendatang.

Manfaat investasi terhadap keuangan begitu besar, dan bila dibandingkan dengan menabung, satu hal yang membuatnya begitu efektif sebagai langkah pembuatan anggaran adalah kemampuannya untuk menghindari tekanan inflasi.

Selain itu, berinvestasi bisa membuat nilai uang Anda terus tumbuh, terutama bila Anda berinvestasi sedini mungkin dan memanfaatkan efek compounding.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

Dan bila Anda rutin berinvestasi paling tidak setiap bulan, efek compounding akan sangat bermanfaat terhadap pertumbuhan uang Anda. Coba hitung sendiri menggunakan kalkulator efek compounding di bawah ini:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Future Value:
Bunga Keuntungan:

6. Biaya Tak Terduga

mempersiapkan dana darurat

Meskipun kita membuat anggaran untuk beragam kebutuhan keuangan yang telah kita rencanakan, terkadang ada saja pengeluaran mendadak yang tidak kita rencanakan.

Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat

Kita tahu pengeluaran seperti itu akan terjadi sewaktu-waktu, namun belum tentu kita membuat anggaran khusus untuknya.

Untuk itu, persiapkan anggaran untuk kebutuhan-kebutuhan yang tak terduga, atau dengan kata lain, persiapkanlah dana darurat agar secara finansial Anda siap ketika sesuatu yang tak terduga harus dihadapi.

7. Otomatiskan

investasi perkembangan perekonomian indonesia

Teknologi digital membuat hampir seluruh hal menjadi lebih mudah dewasa ini. Bila memungkinkan, otomatiskan seluruh proses yang menyangkut keuangan Anda seperti membayar tagihan atau pun menabung dengan sistem auto-debet hingga mengotomatiskan investasi di KoinWorks.

Baca Juga: Pahami Caranya Bagaimana Mengembangkan Strategi Investasi Anda Sekarang Juga

Mengotomatiskan sesuatu yang menyangkut kewajiban keuangan merupakan sesuatu yang perlu Anda lakukan bila tidak bisa menahan diri dari godaan jangka pendek untuk kebutuhan jangka panjang. Dan pastinya bukan hanya Anda saja yang sering kali kesulitan menahan diri.

Ada kalanya gadget terbaru jauh lebih menarik dibandingkan melunasi hutang atau pun menabung untuk membeli rumah sendiri. Hal ini pastinya berlaku pula bagi anak muda.

Riset terbaru menunjukkan bahwa tekad atau kemauan keras kita bisa terkuras bila kita membuat lebih banyak keputusan dari yang seharusnya.

Baca Juga: Bermimpi Untuk Menjadi Miliarder? Ini 5 Kebiasaan yang Dilakukan Miliarder Supaya Cepat Kaya

Dan bila Anda sudah membuat anggaran untuk membeli sebuah laptop  tetapi malah membeli laptop terbaru dengan harga yang lebih mahal, atau bila Anda sudah membuat anggaran untuk menyicil KPR tapi malah menggunakannya untuk membeli iPhone terbaru, itu tandanya Anda tidak memiliki tekad yang cukup kuat untuk menahan diri dan mewujudkan tujuan keuangan Anda yang telah direncanakan sebelumnya.

Untuk itu, mengotomatiskan semuanya bisa mengurangi keputusan yang harus Anda buat sekaligus menghindarkan Anda dari keputusan-keputusan yang tidak bijak. Anggaran untuk tujuan keuangan Anda pun bisa dengan mudah tercapai.


Demi Membuat Anggaran dengan Baik dan Memenuhi Tujuan Keuangan Anda, Berikut Layanan Pilihan yang Bisa Anda Gunakan

Finansialku: Aplikasi Pengelola dan Perencanaan Keuangan Individu & Keluarga

Dengan aplikasi Finansialku, Anda dapat mengelola keuangan dan merencanakan keuangan dengan mudah dan pastinya lebih terarah.

Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda mencatat keuangan, membuat anggaran untuk beragam kebutuhan keuangan, merencanakan keuangan, mengelola investasi dan membuat laporan keuangan.

Aplikasi ini bisa digunakan dan terintegrasi dengan platform PC melalui web, tablet, dan smartphone. Jadi, Anda bisa mengelola keuangan pribadi maupun keluarga on-the-go, di mana pun dan kapan pun.

Dengan aplikasi Finansialku juga, Anda bisa mewujudkan tujuan keuangan sesuai dengan rencana yang telah Anda buat. Jadi jangan hanya direncanakan saja, wujudkan dengan aplikasi Finansialku!

Gunakan Finansialku


KoinWorks: Berinvestasi Dengan Keuntungan yang Tinggi

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - investasi di koinworks - investasi melalui koinworks

Berinvestasi menjadi salah satu solusi yang tentu harus diambil guna mewujudkan tujuan keuangan Anda.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

KoinWorks menawarkan investasi peer to peer lending di mana Anda bisa mendanai setiap kebutuhan peminjam, kemudahan dalam menyusun dan mengatur portofolio investasi, hingga mendapatkan keuntungan dengan bunga efektif mulai dari 18% per tahun.

KoinWorks memungkinkan Anda untuk mulai berinvestasi dengan nominal yang relatif kecil, mulai dari Rp 100.000, dan pastinya memudahkan Anda untuk berdiversifikasi demi meminimalisir risiko investasi.

Investasi Sekarang


Nah, itulah langkah-langkah penting yang bisa Anda terapkan dalam membuat anggaran untuk beragam kebutuhan keuangan. Maksimalkan upaya Anda dengan rekomendasi layanan di atas.

Dengan begitu, merealisasikan pembuatan anggaran dalam memenuhi kebutuhan hingga mewujudkan tujuan keuangan dapat dilakukan dengan mudah.



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?