Ikuti Tips Ini Supaya Kamu Bisa Pergi Liburan Setiap Tahun!

Ikuti Tips Ini Supaya Kamu Bisa Pergi Liburan Setiap Tahun!

Ikuti Tips Ini Supaya Kamu Bisa Pergi Liburan Setiap Tahun! – Banyaknya kegiatan pasti membuat kamu ingin ‘kabur’ dan segera menikmati liburan panjang, entah seorang diri atau bersama pasangan. Iya ‘kan?

Tapi, padatnya jadwal harian tentunya menjadikan kamu tidak leluasa untuk berlibur. Apalagi jika kesempatan cuti sudah habis terpakai dan simpanan uang sudah habis digunakan untuk memenuhi keperluan lain.

Kamu bisa memanfaatkan akhir pekan, tanggal merah, bahkan momen pergantian tahun untuk liburan. Maunya sih setiap tahun ada jadwal khusus untuk bersantai jauh dari kesibukan harian, tapi apa kabar dengan budget?

Tenang saja, KoinWorks punya beberapa tips supaya kamu bisa merasakan liburan setiap tahun! Simak yuk!


Ikuti Tips Ini Supaya Kamu Bisa Pergi Liburan Setiap Tahun!

Menyusun Rencana Perjalanan (Itinerary)

Cobalah untuk membuat rencana perjalanan yang lebih rinci dan terarah, mulai dari waktu hingga kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama liburan.

1. Tentukan Waktu Liburan

tips traveling setiap tahun

Pertama, cek kalender kamu. Lihat, tanggal berapa kamu bisa bebas dari kegiatan dan berapa lama. Tentukan tanggal yang tepat agar kamu tidak diburu deadline aktivitas lainnya.

Dengan mengetahui jumlah tanggal liburan, kamu akan bisa menentukan kembali hal-hal berikut ini:

  • Waktu keberangkatan dan waktu pulang
  • Destinasi wisata
  • Persiapan liburan
  • Budget liburan

Dengan adanya tanggal pasti kapan kamu liburan, persiapan kamu akan lebih maksimal dan liburanmu juga akan terarah dengan baik.

Selain itu, tiket transportasinya pun bisa kamu persiapkan dari jauh-jauh hari sehingga tidak perlu kehabisan tiket karena jadwalnya tidak tepat. Kalau hal itu terjadi, kamu masih bisa mencari alternatif moda lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menuju ke lokasi liburan.

2. Tentukan Destinasi Liburandestinasi wisata traveling

Selanjutnya adalah menentukan destinasi liburan.

Jika kamu memiliki hari libur sekitar satu minggu lebih, kamu bisa berlibur ke luar kota, ke luar pulau atau bahkan ke luar negeri. Tidak ada yang melarang kamu untuk pergi jauh dari tempat asal kamu, kok.

Namun, jika waktu yang kamu miliki hanya sebentar dalam hitungan hari (1-3 hari), kamu tetap bisa liburan meskipun hanya mengunjungi destinasi yang tidak jauh dari tempat tinggal kamu. Kamu bisa staycation, ke pantai, atau mengunjungi destinasi wisata yang menyenangkan di wilayah kamu.

Seru kok! Apalagi perginya bersama pasangan dan teman-teman dekat kamu, yang penting bisa melepas penat!

3. Rangkum Itinerary Kamuproses verifikasi data KoinWorks

Setelah mengetahui waktu liburan dan destinasi liburan, ini saatnya kamu merangkum itinerary kamu!

  • Cari tahu lebih dulu mengenai informasi destinasi wisata yang ingin kamu datangi, kemudian catat.
  • Buatlah timeline liburan kamu beserta biaya yang dibutuhkan. Jabarkan dengan lengkap dan jelas untuk setiap kegiatan kamu selama liburan.
  • Rencanakan budget kamu, mulai dari transportasi, konsumsi, dan biaya-biaya tidak terduga lainnya.

Dengan menyusun beberapa hal di atas, liburan kamu akan lebih terstruktur dan kamu akan lebih merasa nyaman menjalaninya.

Tips: Kamu bisa gunakan jasa tour travel atau open trip yang biasanya seluruh kegiatan sudah diatur oleh pihak manajemen/panitia yang terlibat.


Mempersiapkan Dana (Budgeting)

Ikuti Tips Ini Supaya Kamu Bisa Pergi Liburan Setiap Tahun!

Setelah menyusun rencana perjalanan (itinerary) dengan baik, selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu mempersiapkan dana untuk merealisasikan itinerary tersebut.

Salah satunya termasuk menyiapkan dana darurat apabila terjadi sesuatu di luar dugaan sehingga membutuhkan dana untuk menyelesaikannya.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan supaya bisa pergi liburan setiap tahunnya.

1. Hemat

Rencana kamu mungkin sudah sangat matang dan nominal biaya untuk perjalanan liburan juga sudah kamu tentukan. Sekarang, bagaimana caranya agar nominal tersebut bisa terpenuhi?

Berhemat adalah salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mencapai target budget kamu. Supaya bisa berhemat, usahakan untuk selalu membedakan: biaya untuk keperluan sehari-hari, dengan biaya lain yang dikhususkan untuk keperluan lainnya yang tidak terlalu mendesak.

2. Menabung

Lain halnya dengan berhemat, kamu juga harus menabung. Ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mengumpulkan dana dengan cepat. Sederhananya, mulailah menabung dengan uang yang berhasil kamu hemat.

Misalnya, sesuai dengan 50-30-20 Rule, kamu menyisihkan 20% uang dari pendapatan kamu untuk ditabung. Jika pendapatan rutin kamu adalah Rp6.000.000/bulan, maka kamu akan menabung sebesar Rp1.200.000/bulan.

Apabila budget yang kamu butuhkan untuk liburan sebesar Rp5 juta, maka berapa bulan kamu harus menabung agar terkumpul Rp5 juta?

Rp5.000.000 : Rp1.200.000 = 4,16

Itu artinya, kamu membutuhkan waktu sekitar 4-5 bulan untuk mengumpulkan biaya liburan sebesar Rp5 juta.

Mudah kan? Dengan begitu, rencana liburan kamu setiap tahun akan terlaksana!

3. Berinvestasi

Demi mencapai suatu target keuangan, termasuk biaya liburan, menabung tetap perlu dilakukan. Namun, nilai uang yang ditabung bisa saja tergerus secara perlahan, apalagi jika kamu menggunakan jasa perbankan (terdapat biaya administrasi tambahan setiap bulan).

Oleh karena itu, coba berinvestasi yuk! Mengapa demikian? Supaya nilai uang kamu bisa konsisten dari waktu ke waktu, bahkan nominalnya kemungkinan besar akan terus bertambah.

Di KoinWorks, dalam satu tahun, kamu bisa mendapatkan imbal hasil mencapai 21,32% dari jumlah pendanaan kamu. Cukup dengan nominal minimal Rp100.000, kamu sudah berkesempatan mendapatkan untung.

Misalnya, hari ini kamu mendanai di KoinWorks sebesar Rp5.000.000, tepat satu tahun ke depan kamu akan mendapatkan pengembalian total sebesar Ro 5.900.000 (imbal hasil 18%). Tentu sangat menguntungkan untuk budget liburan kamu, bukan?

Nah, daripada kamu membiarkan uang diam di dalam tabungan yang justru membuat nominalnya semakin berkurang seiring waktu, lebih baik kamu mendanai di KoinWorks yang memiliki tenor waktu dari 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, hingga 24 bulan.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan keamanannya, KoinWorks secara resmi sudah berizin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lho.

Tertarik untuk memulai?


Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.