5 Alasan yang Menunjukkan Bahwa e-Learning Bukan Pilihan Untuk Anda

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (16) - 5 Mitos Tentang Belajar Bahasa Asing yang Tidak Perlu Dipercaya - Cara Menggunakan Umpan Balik Demi Meningkatkan Kemampuan Belajar

5 Alasan yang Menunjukkan Bahwa e-Learning Bukan Pilihan Untuk Anda – Cukup banyak orang yang meyakini bahwa keberadaan e-learning bisa memberikan dampak positif, seperti biaya rendah, pelatihan yang bisa dilakukan dimana saja, dan nilai atau skor bisa yang diotomatisasi.

Baca Juga: 7 Cara Menginvestasikan Uang yang Bisa Saat Anda Memiliki Pekerjaan Penuh Waktu

Disamping beberapa manfaat yang akan di dapatkan dari e-learning, ternyata ada alasan lain yang patut Anda pertimbangkan.

Pada penjelasan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan tentang 5 alasan yang menunjukkan bahwa e-learning bukan pilihan untuk Anda gunakan.

Simak penjelasannya di bawah ini.


5 Alasan yang Menunjukkan Bahwa e-Learning Bukan Pilihan Untuk Anda

Membutuhkan Infrastruktur yang Memadai

5 Alasan yang Menunjukkan Bahwa e-Learning Bukan Pilihan Untuk Anda - belajar - internet

Meskipun saat ini banyak rumah tangga yang menggunakan smartphone, media sosial, dan laptop. Pada kenyataannya masih cukup banyak orang yang tidak memiliki akses internet, PC, dan smartphone.

Walaupun memiliki komputer di rumah, mereka belum tentu memiliki kemampuan untuk memulai kursus e-learning.

Baca Juga: Melihat Kekayaan 7 Selebriti Dunia, Jangan Iri Ya!

Dengan adanya fakta seperti di atas, itu artinya e-learning belum bisa diakses dan digunakan oleh semua rumah tangga.

Mereka juga harus menyediakan infrastruktur seperti akses internet yang lancar, komputer, atau laptop untuk mendukung proses pembelajaran tersebut.


Hasil Pembelajaran yang Akan Didapatkan

Lakukan 4 Hal Ini Ketika Menempuh Perguruan Tinggi

Banyak e-learning yang mengharuskan siswa untuk berada di depan layar untuk menonton video, membaca materi pembelajaran, dan selanjutnya langsung mengikuti tes.

Hal yang tidak disadari adalah proses pembelajaran seperti ini terlalu cepat dan siswa belum banyak mempelajari materi yang bermanfaat.

Baca Juga: Apakah Investasi di Bisnis Waralaba Menguntungkan? Pertimbangkan Beberapa Faktor Berikut Ini

E-learning masih terbatas untuk bisa mengajarkan keterampilan praktis, tidak memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan siswa secara langsung, dan interaksi yang terbatas.


Hasil Belajar Tergantung dari Siswa yang Mengikuti

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (25) - 5 Alasan Mengapa Produktivitas Menurun, Ubah Kebiasaan dan Jadi Lebih Baik! - 4 Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan dalam Proses Belajar

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh e-learning adalah seorang guru tidak bisa sepenuhnya mengawasi siswa yang mengikuti proses pembelajaran.

Dengan demikian keberhasilan proses pembelajaran akan sangat tergantung pada siswa yang mengikuti.

Baca Juga: 9 Kebohongan yang Harus Diabaikan Jika Ingin Menjadi Kaya Raya

Siswa harus mau mengikuti program e-learning sesuai jadwal yang ditentukan, memiliki motivasi untuk terlibat dalam proses pembelajaran, dan tidak melakukan kecurangan dalam tes yang diadakan.

Jika seorang siswa yang belajar dengan menggunakan metode e-learning memiliki motivasi tinggi untuk mencapai tujuan, maka cara pembelajaran seperti ini bisa berfungsi sangat baik.

Tetapi bagi Anda yang tidak termotivasi untuk meningkatkan pengetahuan atau keterampilan, maka e-learning tidak akan bisa diselesaikan dengan benar.


e-Learning Tidak Bisa Menyesuaikan Gaya Belajar Setiap Orang

belajar hal yang disukai di perguruan tinggi - Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini - Tidak Minat Membaca Buku yang Bermanfaat? Ini 3 Solusinya

Dalam proses pembelajaran, setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Ada orang yang yang bisa fokus dengan belajar sendiri, ada juga orang yang belajar dengan membaca teori, belajar dengan melihat gambar dan menonton video, dan yang lain lebih baik belajar dengan bersuara atau mendengarkan.

Baca Juga: 5 Hambatan Mengapa Anda Tidak Bisa Mendengarkan Dengan Efektif

E-Learning tidak bisa menyesuaikan gaya belajar dengan kepribadian setiap siswa yang mengikuti aktivitas pembelajaran.

Semua siswa akan mengikuti program pembelajaran yang sudah dibuat sama dan hanya mendukung satu atau dua gaya belajar saja.

Hal di atas tentu saja tidak akan Anda dapatkan dengan mengikuti pelatihan atau kursus yang bisa bertatap muka dengan guru atau mentor secara langsung.

Seorang guru pasti dapat merespon secara dinamis berbagai gaya pembelajaran yang dimiliki oleh siswanya.

Hal yang menjadi kekurangan dari pendidikan atau kursus konvensional adalah biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan e-learning.

Faktor ini jugalah yang menjadi kendala dan membuat banyak orang lebih memilih untuk mengikuti kursus dan pelatihan dengan menggunakan metode e-learning.

Jika Anda menghadapi kendala di atas, saat ini sudah ada solusi yang bisa meringankan Anda untuk membayar biaya pendidikan.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Tidak Ada Program Pelatihan Kerja di Perusahaan Adalah Kesalahan Besar

KoinPintar merupakan salah satu platform yang menyediakan pinjaman dana pendidikan yang bisa Anda gunakan untuk mengikuti pendidikan formal atau non-formal.

Tujuan utama dari KoinPintar adalah memudahkan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Hal ini jugalah yang membuat suku bunga yang ditawarkan KoinPintar sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Hal yang tidak kalah penting adalah pinjaman yang Anda ambil bisa diangsur atau dicicil dengan jumlah tetap dalam waktu 12 bulan.

Hal ini tentu saja lebih meringankan daripada harus membayar biaya pendidikan langsung di muka.


Anda Membutuhkan Guru yang Nyata Untuk Belajar

pendidikan - guru mengajar

Beberapa pengetahuan dan keterampilan tidak bisa dilakukan hanya dengan membaca dan menonton video yang ditawarkan dalam proses pembelajaran e-learning saja.

Anda membutuhkna ruang kelas untuk berdiskusi, bekerja secara kelompok, latihan secara langsung, melakukan presentasi, dan bertanya dengan guru.

Baca Juga: 5 Manfaat dan Perbedaan Antara Pendidikan dan Sekolah

5 alasan di atas merupakan beberapa faktor yang patut Anda pertimbangkan saat akan memilih metode pembelajaran e-learning.

Jangan sampai aktivitas belajar yang Anda lakukan tidak berjalan dengan maksimal hanya karena metode belajar yang salah dan tidak efektif.

Semoga penjelasan di atas bisa memberikan banyak manfaat dan inspirasi kepada Anda semua.

Devayanti Pardi
Content Creator at KoinWorks

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih