4 Kebiasaan yang Bikin Anda Boros Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil - 5 Manfaat Mengejutkan yang Bisa Didapatkan Saat Anda Menyewa Mobil - 5 Manfaat Menyewa Mobil Dibanding Membelinya - 4 Kebiasaan yang Bikin Anda Boros Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil - cara membeli mobil

4 Kebiasaan yang Bikin kamu Boros Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil – Jika dibandingkan dengan motor, menggunakan mobil jauh lebih banyak menggunakan bahan bakar dan bisa sangat memboroskan anggaran keuangan.

Apalagi jika kamu suka melakukan kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat bahan bakar kendaraan menjadi boros.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas atau Baru, Lebih Untung Mana Ya?

Jika kamu ingin menghemat pengeluaran, maka inilah saatnya untuk mengubah cara mengemudi. Berikut ini 4 kebiasaan yang perlu dihindari agar kamu tidak boros bahan bakar saat mengendarai mobil.


4 Kebiasaan yang Bikin kamu Boros Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil

Mengemudi Terlalu Lambat

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Mengemudi terlalu lambat agar berdampak sama saat kamu mengemudi kendaraan terlalu cepat. Berkendara di bawah kecepatan optimal artinya mesin perlu mengeluarkan banyak usaha karena tidak mencapai batas maksimal.


Terlalu Cepat Saat Berkendara

Kapan Saat yang Tepat Untuk Menyewa Mobil Ini 4 Waktu yang Disarankan

Mengemudikan mobil terlalu cepat menjadi salah satu faktor yang bisa menghabiskan bahan bakar saat kamu mengemudi. Lakukan akselerasi secara perlahan untuk menghemat bahan bakar yang ada di dalam kendaraan.

Baca Juga: Beli Rumah atau Mobil Dulu, ya? Ini Pertimbangannya!


Sering Melakukan Perjalanan Singkat

Kapan Saat yang Tepat Untuk Menyewa Mobil Ini 4 Waktu yang Disarankan

Mesin kendaraan paling tidak efisien bekerja saat dihangatkan, mengemudi dalam jarak pendek, berhenti, membiarkan mobil menjadi dingin, dan pergi lagi. 

Sebagai gantinya, kamu bisa menggabungkan perjalanan menjadi lebih lama dan mempertahankan agar setiap pemberhentian cukup singkat agar mesin tidak mendingin.


Menunda Perawatan Kendaraan

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Filter bahan bakar yang kotor atau filter udara yang tersumbat adalah salah satu masalah perawatan yang bisa menghambat efisiensi bahan bakar mobil.

Rutin melakukan perawatan mobil adalah salah satu langkah yang perlu kamu lakukan untuk menurunkan biaya dalam jangka panjang dan membuat bahan bakar menjadi lebih efisien.

Baca Juga: 5 Cara Membeli Mobil Sendiri Meski Gaji Hanya 4 Jutaan!

Menghemat bahan bakar kendaraan harus dimulai dari kesadaran pemilik mobil. Menerapkan teknik mengemudi yang tepat dan melakukan perawatan yang benar terhadap kendaraan akan membantu kamu menghemat banyak pengeluaran bahan bakar.

Penghematan bahan bakar tentu saja akan berdampak pada penghematan anggaran keuangan kamu secara keseluruhan. Lebih sedikit uang yang dihabiskan untuk membeli bahan bakar artinya ada tambahan uang yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

Penghematan uang dari membeli bahan bakar bisa kamu gunakan untuk menabung atau pun berinvestasi. Investasi yang kamu lakukan memungkinkan uang yang dimiliki saat ini bisa berkembang nilainya di masa depan.

Jika kamu pemula yang takut dengan risiko dan belum memiliki dana yang cukup untuk berinvestasi, mengapa tidak mencoba untuk mulai mendanai di KoinWorks terlebih dahulu?

Baca Juga: Mobil vs Rumah vs Pendanaan P2P Lending, Pilih yang Mana?

Mendanai di KoinWorks bisa dimulai dengan nominal Rp100.000 dan tingkat imbal hasil yang didapatkan mencapai lebih dari 21,32% per tahun.

Hanya dengan menghemat pengeluaran bahan bakar, ternyata kamu bisa mendapatkan manfaat lain yaitu membantu dan memberdayakan masyarakat pembuat perubahaan di KoinWorks sembari meningkatkan aset kamu. Hasil pendanaan yang optimal selanjutnya bisa kamu gunakan untuk memenuhi berbagai keperluan, misalnya dana pendidikan, dana liburan, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.