5 Cara Membeli Mobil Sendiri Meski Gaji Hanya 4 Jutaan!

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil - 5 Manfaat Mengejutkan yang Bisa Didapatkan Saat Anda Menyewa Mobil - 5 Manfaat Menyewa Mobil Dibanding Membelinya - 4 Kebiasaan yang Bikin Anda Boros Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil - cara membeli mobil

5 Cara Membeli Mobil Sendiri Meski Gaji Hanya 4 Jutaan! – Memiliki mobil seringkali menjadi sebuah impian setiap orang saat masa kecil. Semakin besar dan dewasa, tentu saja kamu tersadar bahwa untuk bisa memiliki hal tersebut, tidaklah  mudah.

Gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya, sangat pas-pasan. Bila dipikir-pikir, rasanya mustahil dengan gaji yang berkecukupan tersebut untuk memiliki sebuah mobil.

Memang, jika kamu setiap bulannya menerima gaji hanya 4 juta, maka paling tidak butuh waktu 5 tahun untuk bisa membeli mobil, tapi itu juga kalau kamu bisa menyisakan gaji 1-2 juta per bulan.

Tetapi, hal tersebut sulit, bukan? Karena kamu juga harus memenuhi kebutuhan hidup yang juga tidak murah.

Nah tetapi jangan khawatir, jika dilihat banyak juga kok mereka yang bisa memiliki mobil walaupun gaji hanya 4 jutaan. Yuk simak cara membeli mobil berikut ini dan terapkan!


Menabung dari Penghasilan Bulanan

menabung - tips hemat ala perencana keuangan - Ingin Mewujudkan Kebebasan Finansial? Ini 4 Kiat Mengelola Keuangan dengan Bijak - cara membeli mobil

Kunci dan cara membeli mobil paling ampuh yang bisa kamu lakukan adalah menabung. Ya, jika kamu berencana untuk memiliki mobil sendiri, sebaiknya kamu menabung terlebih dahulu.

Nah, tujuan dari menabung ini sebenarnya bukan untuk mengumpulkan uang tunai agar bisa membayar mobil secara tunai tetapi untuk mengumpulkan uang muka.

Dengan begitu, beban angsuran kamu nantinya tidak terlalu memberatkan karena membayar uang muka dengan jumlah besar.

Banyak yang berpendapat bahwa uang tabungan berasal dari gaji sisa di akhir bulan, tentu saja ini hal yang tak sepenuhnya benar.

Menabung di akhir bulan, membuat nilai tabungan menjadi tidak menentu bahkan bisa saja kamu tidak menabung dengan konsisten.

Baca Juga: 5 Tips Menabung Secara Cermat di Era Digital

Maka dari itu, usahakan setiap kali habis gajian alokasikan langsung sejumlah dana dari awal bulan.

kamu bisa memulai untuk memisahkan 25 persen dari penghasilan kamu di hari pertama gajian.

Rp 4.000.000 x 25% = 1.000.000

Selama setahun saja, kamu sudah mendapatkan Rp12 juta jika konsisten. Lumayan, bukan?


Sesuaikan Mobil Dengan Budget

Membeli Mobil Baru Atau Bekas 4 - cara membeli mobil

Jika memiliki mobil memang merupakan kebutuhan kamu, daripada membeli yang baru kamu bisa lho memilih mobil bekas.

Saat ini banyak juga kok, para dealer offline atau pun online yang menawarkan mobil bekas.

Tak harus baru, yang penting layak untuk dipakai dan kualitasnya tidak terlalu buruk.

Baca Juga: Pertimbangkan, Apakah Lebih Baik Membeli Mobil Baru Atau Bekas?

Cara membeli mobil lainnya, kamu bisa mencari mobil lewat saudara, atau pun teman dekat, tentu saja harganya akan jauh lebih bersahabat. Mudah, bukan?

Nah, kalau kamu masih ingin membeli mobil yang baru, sebelum memulai risetlah terlebih dahulu dealer mobil yang sesuai dengan kemampuan.

Pilih dealer yang menawarkan harga terbaik, cicilan dan uang muka sesuai dengan dana milikmu.

Bahkan sering lho, dealer yang memberikan promo seperti cashback. Tentu saja ini bisa memberikan keuntungan lebih untuk kamu.


Cari Pekerjaan Sampingan

Yuk, Tambah Penghasilan dengan 5 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini- 7 bisnis di hari kemerdekaan - cara membeli mobil

Cara membeli mobil selanjutnya kamu bisa mencari pekerjaan tambahan sebagai suntikkan dana setiap bulannya.

Tidak harus bekerja berat, misalnya saja kamu suka memasak kue, cobalah untuk menjualnya secara online.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi pekerja lepas atau freelancer. Saat ini banyak sekali industri yang memerlukan tenaga ini, lho. Apalagi dari industri kreatif.

Jadi, bila kamu memang seseorang yang memiliki kemampuan menulis, desain, atau seorang fotografer, tak ada salahnya mencoba menjadi freelancer di waktu luang.

Tak hanya industri kreatif, beberapa industri seperti pendidikan juga memiliki peluang pekerjaan lepas. kamu bisa menjadi guru les private untuk anak sekolah.

Penghasilan setiap bulan yang kamu dapatkan dari freelance ini, bisa ditabung dengan catatan jangan diganggu gugat untuk kebutuhan dana lainnya.

Kalau sudah begini, memiliki mobil bukan lagi jadi impian.


Mulai Mendanai

investasi-uang-5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru - stratgei investasi untuk ibu rumah tangga - strategi bisnis hewan kurban - cara membeli mobil

kamu sudah menabung? Bagus, teruslah konsisten dalam menjalankan kebiasaan itu.

Setelah kamu konsisten, coba untuk mulai mendanai. Sekilas memang serupa, tapi kedua hal ini berbeda, lho.

Menabung adalah mengamankan uang kamu agar nilainya masih tetap terjaga, sedangkan berinvestasi berarti menambah nilai mata uang kamu dengan keuntungannya.

Bagi kamu yang ingin memiliki mobil di masa mendatang nanti, meski memiliki gaji hanya 4 jutaan, cobalah berinvestasi.

Baca Juga: Menabung dan Investasi Hanya Dengan Gaji UMR, Mungkinkah?

Tak harus banyak, kamu bisa memulainya dengan jumlah yang kecil. Lagipula, saat ini sudah banyak alternatif investasi yang tidak hanya modalnya terjangkau, tetapi risikonya juga cenderung tidak besar.

Mulai dari reksa dana pasar uang, emas, tabungan berjangka hingga KoinP2P atau KoinRobo di KoinWorks, Super Financial App.

Di sini kamu bisa mulai mengembangkan aset dengan mendanai di Peer-to-Peer Lending, hanya dengan Rp100.000 atau kelipatan selanjutnya dengan imbal hasil efektif 18% per tahun.

 

 

KoinWorks sendiri adalah sebuah solusi yang memungkinkan kamu untuk mengembangkan aset, sekaligus meminjam dana dalam satu aplikasi.

KoinWorks juga sudah berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bersertifikasi ISO:27001 sehingga lebih terpercaya.

Coba tonton dulu yuk, pengalaman para Pendana di KoinWorks ini!


Jangan Lupa Dana Darurat

dana-darurat-emergency-fund-5 Tanda Gaji Bulanan kamu Ternyata Belum Cukup - cara membeli mobil

Walaupun kamu setiap bulannya melakukan investasi untuk ditabung atau berinvestasi, jangan pernah lupa juga untuk selalu siapkan dana darurat.

Dana darurat ini penting adanya, karena hal ini bisa membantu kamu jika nantinya mengalami hal-hal tak terduga yang sifatnya emergency.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menabung Dana Darurat, Jangan Sampai kamu Berhutang!

Dengan memiliki dana darurat, kamu tidak akan mengganggu dana tabungan atau investasi yang sebelumnya dialokasikan untuk membeli mobil. Selain itu, kamu juga terhindari dari berhutang.

Tentu saja, saat sedang berusaha untuk mengumpulkan uang agar bisa membeli mobil, kamu harus meminimalisir adanya pengeluaran untuk hutang, cicilan dan perilaku konsumtif agar bisa berjalan maksimal.


Jadi, setelah mengetahui cara membeli mobil di atas, bukan sesuatu yang tidak mungkin, bukan untuk memiliki mobil walaupun gaji kamu hanya 4 jutaan.

Tidak ada hal yang tak mungkin jika kamu yakin dan terus berusaha untuk mewujudkannya secara konsisten. Semoga berhasil!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.