5 Cara Membeli Mobil Sendiri Meski Gaji Hanya 4 Jutaan! – Memiliki mobil seringkali menjadi sebuah impian setiap orang saat masa kecil. Semakin besar dan dewasa, tentu saja Anda tersadar bahwa untuk bisa memiliki hal tersebut, tidaklahΒ  mudah.

Gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya, sangat pas-pasan. Bila dipikir-pikir, rasanya mustahil dengan gaji yang berkecukupan tersebut untuk memiliki sebuah mobil.

Memang, jika Anda setiap bulannya menerima gaji hanya 4 juta, maka paling tidak butuh waktu 5 tahun untuk bisa membeli mobil, tapi itu juga kalau Anda bisa menyisakan gaji 1-2 juta per bulan.

Tetapi, hal tersebut sulit, bukan? Karena Anda juga harus memenuhi kebutuhan hidup yang juga tidak murah.

Nah tetapi jangan khawatir, jika dilihat banyak juga kok mereka yang bisa memiliki mobil walaupun gaji hanya 4 jutaan. Yuk simak cara membeli mobil berikut ini dan terapkan!


5 Cara Membeli Mobil Sendiri Meski Gaji Hanya 4 Jutaan!

1Menabung dari Penghasilan Bulanan

menabung - tips hemat ala perencana keuangan - Ingin Mewujudkan Kebebasan Finansial? Ini 4 Kiat Mengelola Keuangan dengan Bijak - cara membeli mobil

Kunci dan cara membeli mobil paling ampuh yang bisa Anda lakukan adalah menabung. Ya, jika Anda berencana untuk memiliki mobil sendiri, sebaiknya Anda menabung terlebih dahulu.

Nah, tujuan dari menabung ini sebenarnya bukan untuk mengumpulkan uang tunai agar bisa membayar mobil secara tunai tetapi untuk mengumpulkan uang muka.

Dengan begitu, beban angsuran Anda nantinya tidak terlalu memberatkan karena membayar uang muka dengan jumlah besar.

Banyak yang berpendapat bahwa uang tabungan berasal dari gaji sisa di akhir bulan, tentu saja ini hal yang tak sepenuhnya benar.

Menabung di akhir bulan, membuat nilai tabungan menjadi tidak menentu bahkan bisa saja Anda tidak menabung dengan konsisten.

Baca Juga: 5 Tips Menabung Secara Cermat di Era Digital

Maka dari itu, usahakan setiap kali habis gajian alokasikan langsung sejumlah dana dari awal bulan.

Anda bisa memulai untuk memisahkan 25 persen dari penghasilan Anda di hari pertama gajian.

Rp 4.000.000 x 25% = 1.000.000

Selama setahun saja, Anda sudah mendapatkan Rp12 juta jika konsisten. Lumayan, bukan?


2Sesuaikan Mobil Dengan Budget

Membeli Mobil Baru Atau Bekas 4 - cara membeli mobil

Jika memiliki mobil memang merupakan kebutuhan Anda, daripada membeli yang baru Anda bisa lho memilih mobil bekas.

Saat ini banyak juga kok, para dealer offline atau pun online yang menawarkan mobil bekas.

Tak harus baru, yang penting layak untuk dipakai dan kualitasnya tidak terlalu buruk.

Baca Juga: Pertimbangkan, Apakah Lebih Baik Membeli Mobil Baru Atau Bekas?

Cara membeli mobil lainnya, Anda bisa mencari mobil lewat saudara, atau pun teman dekat, tentu saja harganya akan jauh lebih bersahabat. Mudah, bukan?

Nah, kalau Anda masih ingin membeli mobil yang baru, sebelum memulai risetlah terlebih dahulu dealer mobil yang sesuai dengan kemampuan.

Pilih dealer yang menawarkan harga terbaik, cicilan dan uang muka sesuai dengan dana milikmu.

Bahkan sering lho, dealer yang memberikan promo seperti cashback. Tentu saja ini bisa memberikan keuntungan lebih untuk Anda.


3Cari Pekerjaan Sampingan

Yuk, Tambah Penghasilan dengan 5 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini- 7 bisnis di hari kemerdekaan - cara membeli mobil

Cara membeli mobil selanjutnya Anda bisa mencari pekerjaan tambahan sebagai suntikkan dana setiap bulannya.

Tidak harus bekerja berat, misalnya saja Anda suka memasak kue, cobalah untuk menjualnya secara online.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi pekerja lepas atau freelancer. Saat ini banyak sekali industri yang memerlukan tenaga ini, lho. Apalagi dari industri kreatif.

Jadi, bila Anda memang seseorang yang memiliki kemampuan menulis, desain, atau seorang fotografer, tak ada salahnya mencoba menjadi freelancer di waktu luang.

Tak hanya industri kreatif, beberapa industri seperti pendidikan juga memiliki peluang pekerjaan lepas. Anda bisa menjadi guru les private untuk anak sekolah.

Penghasilan setiap bulan yang Anda dapatkan dari freelance ini, bisa ditabung dengan catatan jangan diganggu gugat untuk kebutuhan dana lainnya.

Kalau sudah begini, memiliki mobil bukan lagi jadi impian.


4Mulai Berinvestasi

investasi-uang-5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru - stratgei investasi untuk ibu rumah tangga - strategi bisnis hewan kurban - cara membeli mobil

Anda sudah menabung? Bagus, teruslah konsisten dalam menjalankan kebiasaan itu.

Setelah Anda konsisten, coba untuk mulai berinvestasi. Sekilas memang serupa, tapi kedua hal ini berbeda, lho.

Menabung adalah mengamankan uang Anda agar nilainya masih tetap terjaga, sedangkan berinvestasi berarti menambah nilai mata uang Anda dengan keuntungannya.

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil di masa mendatang nanti, meski memiliki gaji hanya 4 jutaan, cobalah berinvestasi.

Baca Juga: Menabung dan Investasi Hanya Dengan Gaji UMR, Mungkinkah?

Tak harus banyak, Anda bisa memulainya dengan jumlah yang kecil. Lagipula, saat ini sudah banyak alternatif investasi yang tidak hanya modalnya terjangkau, tetapi risikonya juga cenderung tidak besar.

Mulai dari reksa dana pasar uang, emas, tabungan berjangka hingga Peer-to-Peer Lending (P2P).

Peer-to-Peer Lending (P2P) sendiri adalah sebuah marketplace pada platform online yang menghubungkan antara Pendana dan Peminjam yang ingin mewujudkan tujuan finansial mereka. Tujuannya bisa macam-macam, entah itu untuk modal bisnis, dana pendidikan atau ingin menambah nilai mata uang.

Dengan berinvestasi di Peer-to-Peer Lending (P2P), Anda akan menjadi seorang investor yang meminjamkan uang kepada individu atau pelaku bisnis.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Peer-to-Peer Lending (P2P), KoinWorks bisa menjadi platform pilihan bagi Anda. Di KoinWorks Anda bisa langsung menjadi investor hanya dengan Rp100.000 atau kelipatan selanjutnya dengan tawaran hasil imbal mulai dari 18% hingga 21,32% per tahun.

KoinWorks juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bersertifikasi ISO:27001 sehingga lebih terpercaya.

Coba tonton dulu yuk, pengalaman para Pendana di KoinWorks ini!


5Jangan Lupa Dana Darurat

dana-darurat-emergency-fund-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup - cara membeli mobil

Walaupun Anda setiap bulannya melakukan pengalokasian dana untuk ditabung atau berinvestasi, jangan pernah lupa juga untuk selalu siapkan dana darurat.

Dana darurat ini penting adanya, karena hal ini bisa membantu Anda jika nantinya mengalami hal-hal tak terduga yang sifatnya emergency.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menabung Dana Darurat, Jangan Sampai Anda Berhutang!

Dengan memiliki dana darurat, Anda tidak akan mengganggu dana tabungan atau investasi yang sebelumnya dialokasikan untuk membeli mobil. Selain itu, Anda juga terhindari dari berhutang.

Tentu saja, saat sedang berusaha untuk mengumpulkan uang agar bisa membeli mobil, Anda harus meminimalisir adanya pengeluaran untuk hutang, cicilan dan perilaku konsumtif agar bisa berjalan maksimal.


Jadi, setelah mengetahui cara membeli mobil di atas, bukan sesuatu yang tidak mungkin, bukan untuk memiliki mobil walaupun gaji Anda hanya 4 jutaan.

Tidak ada hal yang tak mungkin jika Anda yakin dan terus berusaha untuk mewujudkannya secara konsisten. Semoga berhasil!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.