5 Cara Membangun Stabilitas Keuangan Setelah Proses Perceraian

5 Cara Membangun Stabilitas Keuangan Setelah Perceraian

5 Cara Membangun Stabilitas Keuangan Setelah Proses Perceraian – Salah satu penyebab terbesar dari masalah perceraian adalah faktor keuangan dan sekitar 75% orang yang bercerai akan merasa kurang aman secara finansial.

Tidak hanya itu saja, mereka juga merasa khawatir kehabisan uang saat memasuki masa pensiun.

Menyembuhkan luka setelah keputusan bercerai bukanlah hal yang mudah, tetapi membangun stabilitas keuangan kembali bisa Anda lakukan.

5 Cara Membangun Stabilitas Keuangan Setelah Proses Perceraian

Mulai Menilai Aset yang Dimiliki

6 Tanda Anda Belum Seharusnya Memiliki Rumah Baru, Jangan Dipaksakan - 5 Tips Menghemat Banyak Uang Saat Merenovasi Rumah, Tertarik Mencoba?

Setelah perceraian, Anda akan mengubah standar hidup. Hal ini sangat penting dilakukan untuk secara realistis mengakui apa yang bisa ditangani secara finansial.

Mungkin saja Anda perlu menjual beberapa aset yang dimiliki dan berhemat untuk mempertahankan anggaran yang ada.


Mencari Saran dari Profesional

5 Cara Membangun Stabilitas Keuangan Setelah Perceraian

Hal ini adalah langkah penting bagi siapa saja yang sedang menghadapi perubahan tak terduga dalam situasi keuangan.

Nasihat dari pihak ketiga yang objektif dapat membantu Anda menghindari pengambilan keputusan yang berdampak negatif dalam jangka panjang. Seorang profesional keuangan bisa membantu masalah yang sedang Anda hadapi saat ini.


Mulai Menyesuaikan Anggaran Anda

catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan - mitos anggaran keuangan

Perceraian kemungkinan akan mengurangi keseluruhan penghasilan yang bisa dinikmati. Anda bisa mulai menyesuaikan anggaran dengan pindah ke rumah yang lebih murah, mengurangi perjalanan liburan, dan memilih opsi penghematan yang lain.


Mengevaluasi Opsi Karier

Manfaat bahasa Inggris adalah meningkatkan potensi kerja

Mulai masuk ke pasar tenaga kerja dan berinvestasi pada pelatihan tambahan bisa mempertahankan stabilitas keuangan dalam jangka panjang.


Menabung dan Berinvestasi

7 Kebiasaan yang Menunjukkan Bahwa Anda Belum Matang Secara Finansial - 5 Cara Cerdas Untuk Mengelola Risiko di Dalam Kehidupan

Ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi setelah perceraian terjadi dan banyak orang yang berpikir bahwa menabung akan terasa seperti prioritas tingkat bawah yang perlu dilakukan.

Faktanya adalah Anda akan membutuhkan tabungan untuk mempersiapkan masa depan dengan baik. Sebuah studi dari TD Ameritrade menemukan bahwa setengah dari pasangan yang bercerai tidak menabung dan berinvestasi.

Mulailah mengubah kebiasaan ini dan menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk disimpan ke dalam tabungan. Jangan lupa untuk berinvestasi ke dalam instrumen investasi yang menguntungkan agar kebutuhan di masa depan dapat terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Investasi Jangka Pendek vs Investasi Jangka Panjang, Lebih Untung Mana?

Jika Anda masih takut dengan resiko yang bisa timbul saat berinvestasi, maka mulailah berinvestasi di KoinWorks. Platform ini sering dijadikan pilihan masyarakat yang baru pertama kali berinvestasi, sebab sangat mudah digunakan dan mampu memberikan keutnungan besar.

Untuk berinvestasi di KoinWorks, Anda bisa memulainya dengan nominal kecil, yaitu Rp100.000 saja dan potensi imbal hasil yang bisa didapatkan mencapai lebih dari 21,32% per tahun.

Dengan adanya investasi, Anda tidak perlu khawatir lagi saat ada kebutuhan di masa depan. Hasil investasi bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tertarik untuk berinvestasi demi masa depan keuangan Anda yang lebih baik?

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.