Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan untuk Skip Investasi, Ini 4 Investasi Terbaik!

·
3 menit
Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - Cara Menjadi Orang Kaya Dengan Gaji Kecil - 5 Langkah Menghentikan Kebiasaan Buruk Hidup Dari Gaji ke Gaji - 5 Jenis Pengeluaran yang Menjadi Silent Killers Anggaran Keuangan Anda - Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan untuk Skip Investasi, Ini 4 Investasi Terbaik!

Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan untuk Skip Investasi, Ini 4 Investasi Terbaik! – Punya cita-cita buat bisa meraih kebebesan finansial adalah hak setiap orang, berapapun jumlah gajinya.

Jadi, bukan hanya mereka yang bergaji besar saja yang bisa meraihnya, melainkan Anda yang masih menjadi karyawan bergaji kecil juga bisa kok. Nah, salah satu caranya adalah berinvestasi. 

Baca juga: 6 Jenis Investasi Unik yang Dilakukan Orang Kaya dan Terkenal di Dunia

Beda dengan zaman dahulu, sekarang ini investasi sudah banyak banget macamnya dan beberapa bahkan tak perlu modal besar untuk melakukannya. Namun, masih banyak orang yang mengurungkan niat untuk melakukan investasi karena takut diberatkan dengan gaji yang kecil. 

Karena itu, yuk simak lebih lengkap jenis investasi yang cocok buat Anda dengan gaji pas-pasan! Tenang… tidak bakal menguras kantong, kok.

Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan untuk Skip Investasi, Ini 4 Investasi Terbaik!

Tabungan Berjangka

Tips Mengoptimalkan Dana Pensiun Untuk Bisnis - apa itu deposito

Tabungan berjangka bisa jadi pilihan Anda yang memiliki gaji pas-pasan untuk berinvestasi.

Saat ini, sudah banyak lembaga keuangan yang mengeluarkan jenis tabungan ini. Tak hanya itu, modal untuk membuka sebuah tabungan berjangka juga dikenal tidak memerlukan dana yang bisa. 

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Helicopter Investor? Apakah Anda Termasuk?

Tabungan berjangka ini, bisa jadi cara Anda untuk mengamankan keuangan di masa depan nanti, agar kebebasan finansial bisa tercapai.

Biasanya nih, tabungan berjangkan punya fitur auto debet. Jadi, setiap bulan uang Anda akan langsung ditarik secara otomatis dari tabungan induk pada tanggal yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

Tabungan berjangka, juga punya beberapa macam tujuan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan di masa depan, lho. Jadi, timbal baliknya juga bisa Anda sesuaikan sendiri.

Baca Juga: Terapkan 8 Keterampilan Non-Finansial untuk Menjadi Money Master


Reksa Dana

Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan

Tak hanya tabungan berjangka, reksa dana juga termasuk investasi terbaik untuk pemilik gaji pas-pasan. Ini adalah salah satu instrumen investasi yang populer saat ini karena dinilai murah. 

Reksa dana sendiri adalah investasi di mana Anda akan dibantu oleh Manajer Investasi yang sudah ahli di bidangnya. Merekalah yang akan menyalurkan uang Anda di bursa efek untuk diinvestasikan. Tentu, hal ini sangat cocok untuk Anda yang baru terjun ke dunia investasi. 

Baca juga: 3 Konsep Dasar Investasi yang Perlu Diketahui Oleh Para Pemula

Sebelum memulai investasi, Anda akan dicek terlebih dahulu profil risikonya. Apakah Anda termasuk konservatif, yang tidak suka risiko tinggi serta suka investasi stabil, moderat yang cenderung suka risiko menengah, atau agresif yang tidak masalah dengan risiko tinggi asalkan hasil return-nya besar.

Baca Juga: 3 Konsep Dasar Investasi yang Perlu Diketahui Oleh Para Pemula


Saham

investasi saham - menjadi investor - full time investor - investor pemula - 3 Alasan yang Membuat Banyak Orang Tidak Berinvestasi di Pasar Saham - Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi? Berikut Penjelasannya...

Banyak orang yang apatis saat mendengar kata saham padahal ini juga menjadi salah satu investasi terbaik. Hal ini dikarenakan, saham populer dengan risiko tinggi yang selalu membayangi.

Tak hanya itu, saham juga dinilai memerlukan modal besar untuk memulainya. Akhirnya, hal ini membuat tak lebih dari 50% orang di Indonesia terjun di bursa efek secara langsung.

Baca Juga: Pilih Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Pertimbangannya

Memang, investasi sama dikenal sebagai high return, high risk yang mana keuntungan dan risikonya sama -sama tinggi. Tapi, kalau Anda ingin coba untuk masuk ke dalam investasi saham, sebenarnya ada lho produk dengan modal yang kecil. 

Bagi Anda yang ingin mulai investasi saham, sebagiknya belajar dulu cara main saham dan pastikan tidak menginvestasikan lebih dari 5 persen kekayaan Anda.


Peer-to-Peer Lending

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 9

Investasi terbaik untuk para pemilik gaji pas-pasan selanjutnya adalah Peer-to-Peer Lending (P2P). Namun, sebenarnya apa itu P2P? Ini merupakan sebuah platform yang menghubungkan antara Pendana dan Peminjam yang saling bahu-membahu mewujudkan tujuan finansial mereka.

Bila Anda menjadi seorang investor di sini, Anda akan memiliki kesempatan untuk meminjamkan uang kepada individu atau pelaku bisnis. 

Baca juga: Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Mulai melakukan investasi P2P juga tidak memakan modal yang besar, lho. Di KoinWorks Anda bisa langsung berinvestasi hanya dengan Rp100.000. Selain itu, imbal hasil yang ditawarkan juga besar, bisa sampai 21,32%. Wah, pas banget untuk karyawan bergaji pas-pasan!

Setelah melihat 4 investasi terbaik di atas, sekarang tak ada alasan lagi agar tidak melakukan investasi walaupun punya gaji pas-pasan setiap bulan. Tentunya, semua itu berawal dari niat.

Bila Anda ingin turut merasakan kebebasan finansial di masa deoab, jalannya harus dimulai dari sekarang dan jangan ditunda-tunda. Semangat terus, ya!

Firda
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih