Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan untuk Skip Investasi, Ini 4 Rekomendasi Investasinya!

Punya cita-cita buat bisa meraih kebebesan finansial adalah hak setiap orang, berapapun jumlah gajinya.

Jadi, bukan hanya mereka yang bergaji besar saja yang bisa meraihnya, melainkan Anda yang masih menjadi karyawan bergaji kecil juga bisa kok. Nah, salah satu caranya adalah berinvestasi. 

https://koinworks.com/jenis-investasi-unik/

Beda dengan zaman dahulu, sekarang ini investasi sudah banyak banget macamnya dan beberapa bahkan tak perlu modal besar untuk melakukannya.

Namun, masih banyak orang yang mengurungkan niat untuk melakukan investasi karena takut diberatkan dengan gaji yang kecil. 

Karena itu, yuk simak lebih lengkap jenis investasi yang cocok buat Anda dengan gaji pas-pasan! Tenang… tidak bakal menguras kantong, kok.


Tabungan  Berjangka

Tabungan berjangka bisa jadi pilihan kamu yang memiliki gaji pas-pasan untuk berinvestasi.

Saat ini, sudah banyak lembaga keuangan yang mengeluarkan jenis tabungan ini.

Tak hanya itu, modal untuk membuka sebuah tabungan berjangka juga dikenal tidak memerlukan dana yang bisa. 

https://koinworks.com/helicopter-investor/

Tabungan berjangka ini, bisa jadi cara kamu untuk mengamankan keuangan di masa depan nanti, agar kebebasan finansial bisa tercapai.

Biasanya nih, tabungan berjangkan punya fitur auto debet. Jadi, setiap bulan uang kamu akan langsung ditarik secara otomatis dari tabungan induk pada tanggal yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

Tabungan berjangka, juga punya beberapa macam tujuan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan di masa depan, lho.

Jadi, timbal baliknya juga bisa kamu sesuaikan sendiri.


Reksa Dana

Tak hanya tabungan berjangka, reksa dana juga termasuk investasi terbaik untuk pemilik gaji pas-pasan. Ini adalah salah satu instrumen investasi yang populer saat ini karena dinilai murah. 

Reksa dana sendiri adalah investasi di mana kamu akan dibantu oleh Manajer Investasi yang sudah ahli di bidangnya.

Merekalah yang akan menyalurkan uang kamu di bursa efek untuk diinvestasikan.

Tentu, hal ini sangat cocok untuk kamu yang baru terjun ke dunia investasi. 

Sebelum memulai investasi, kamu akan dicek terlebih dahulu profil risikonya. Apakah Anda termasuk konservatif, yang tidak suka risiko tinggi serta suka investasi stabil, moderat yang cenderung suka risiko menengah, atau agresif yang tidak masalah dengan risiko tinggi asalkan hasil return-nya besar.

3 Konsep Dasar Investasi yang Perlu Diketahui Oleh Para Pemula


Saham

Banyak orang yang apatis saat mendengar kata saham padahal ini juga menjadi salah satu investasi terbaik. Hal ini dikarenakan, saham populer dengan risiko tinggi yang selalu membayangi.

Tak hanya itu, saham juga dinilai memerlukan modal besar untuk memulainya. Akhirnya, hal ini membuat tak lebih dari 50% orang di Indonesia terjun di bursa efek secara langsung.

Memang, investasi sama dikenal sebagai high return, high risk yang mana keuntungan dan risikonya sama -sama tinggi. Tapi, kalau Anda ingin coba untuk masuk ke dalam investasi saham, sebenarnya ada lho produk dengan modal yang kecil. 

Bagi Anda yang ingin mulai investasi saham, sebagiknya belajar dulu cara main saham dan pastikan tidak menginvestasikan lebih dari 5 persen kekayaan Anda.


Peer-to-Peer Lending

Investasi terbaik untuk para pemilik gaji pas-pasan selanjutnya adalah Peer-to-Peer Lending (P2P). Namun, sebenarnya apa itu P2P?

Ini merupakan sebuah platform yang menghubungkan antara Pendana dan Peminjam yang saling bahu-membahu mewujudkan tujuan finansial mereka.

Bila kamu menjadi seorang investor di sini, kamu akan memiliki kesempatan untuk meminjamkan uang kepada individu atau pelaku bisnis. 

Mulai melakukan investasi P2P juga tidak memakan modal yang besar, lho.

Di KoinWorks, kamu bisa langsung berinvestasi hanya dengan Rp100.000.

Selain itu, imbal hasil yang ditawarkan juga besar, bisa sampai 18% per tahun.

Setelah melihat 4 investasi terbaik di atas, sekarang tak ada alasan lagi agar tidak melakukan investasi walaupun punya gaji pas-pasan setiap bulan.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.