Bisnis Semakin Laris, Begini 5 Cara Membuat Konsumen Terus Mengingat Bisnis Anda

instant delivery - pengiriman cepat - belanja - strategi harga toko online - membuat online shop - cara mengatasi kecanduan belanja online - 5 Kebiasaan Belanja yang Membuat Utang Semakin Menumpuk - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren

5 Cara Membuat Konsumen Terus Mengingat Produk Atau Jasa dari Bisnis Anda – Sebelum kita berbicara lebih jauh, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah selama ini bisnis Anda telah berhasil membuat pelanggan senang mengatakan ‘WOW’?”

Jika jawabannya tidak, maka jangan pernah berharap mereka akan kembali melakukan pembelian dengan Anda.

Baca Juga: Menjajal Bisnis Franchise? Berikut 7 Strategi dan 10 Peluang Bisnis Franchise yang Wajib Anda Coba

Menurut Chron, faktor “WOW” adalah istilah slang yang umum digunakan dalam bisnis yang paling sering menggambarkan bahwa apa yang dilakukan perusahaan telah berhasil melampaui harapan pelanggan dalam memberikan pengalaman produk atau layanan yang hebat.

Khususnya apabila usaha yang dibangun masih dalam skala kecil, factor WOW ini akan berguna untuk mendatangkan pelanggan baru dan setia bagi Anda.

Lebih dari itu, faktor WOW sangat penting bagi bisnis kecil yang perlu disertakan dalam strategi pemasaran Anda. Mengapa?

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Maka Konsumen Akan Selalu Melakukan Pembelian Dengan Anda!

Karena jika Anda benar-benar bisa memberikan kesan “WOW” kepada pelanggan Anda, mereka akan menjadi pelanggan setia seumur hidup.

Mereka juga bisa menjadi pendukung brand bisnis Anda, dan merujuk pelanggan baru melalui rekomendasi yang diberikannya.

Terlebih lagi, saat ini, bisnis-bisnis lama dan baru jumlahnya menjamur.

Anda punya banyak kompetitor yang sama-sama sedang berjuang meraih perhatian konsumen agar terus-menerus membeli produk dari bisnis mereka.

Jadi, apa yang diperlukan untuk membuat pelanggan Anda mengatakan “WOW!”? Langkah pertama adalah pikirkan ide-ide kreatif yang harus dilakukan.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Bisnis Online Anda dapat Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat

Ketahui dengan jelas pelanggan Anda, apa yang mereka sukai, apa yang mereka inginkan, dan faktor-faktor lainnya, lalu mulailah kembangkan ide yang ada. Jika Anda masih bingung, berikut adalah beberapa ide yang dapat Anda coba:

5 Cara Membuat Konsumen Terus Mengingat Produk Atau Jasa dari Bisnis Anda

1. Ucapkan Terima Kasih

ucapan terima kasih

Buatlah pelanggan mengetahui bahwa Anda telah bekerja sedikit ekstra dengan memberikan sedikit tulisan tangan.

Baca Juga: 7 Tips Promosi Jitu Khas Anak Muda, Supaya Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal!

Ingatkah kapan terakhir kali Anda menerima surat atau kartu pos dari teman terbaik Anda, dan betapa senangnya perasaan Anda saat menerimanya.

Saya merasakan hal yang sama ketika saya memesan barang di suatu online store yang menjual barang-barang buatan tangan, barang antik atau barang kerajinan.

Produk yang saya beli dikirim dengan tulisan tangan dan sebuah ucapan “Terima kasih, Stephanie, semoga anda menikmati pembelian Anda!”

Baca Juga: Tanpa Perlu Meminjam Ke Bank, 6 Cara Ini Dapat Membantu Anda Mendapatkan Modal Usaha

Reaksi pertama saya adalah “WOW!” Reaksi kedua saya adalah meraih telepon genggamku dan merekamnya ke dalam insta story.

Dalam hal ini, mungkin tidak semua orang akan melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan, akan tetapi kebanyakan orang pasti melakukan hal tersebut sehubungan dengan generasi saat ini yang memiliki hubungan erat dengan teknologi.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Bisnis Online Anda dapat Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat

Bagi pemilik bisnis, hal ini berarti menambahkan sedikit waktu tambahan untuk setiap pesanan, namun percayalah pengaruhnya akan sangat sepadan.

2. Pastikan Produk Dikemas dengan Baik

kemasan produk yang baik

Pada 2016, pembeli melakukan 51 persen pembelian mereka secara online. Dengan metode pembelian online ini, maka produk perlu dikirimkan ke konsumen dengan kemasan yang rapi.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Maka Konsumen Akan Selalu Melakukan Pembelian Dengan Anda!

Ciptakan perasaan gembira saat konsumen membuka paket untuk menciptakan momen yang tak terlupakan.

Sebagai contoh, ketika saya memesan sepotong perhiasan dari sebuah perusahaan lokal, saya menerimanya dengan tas kecil yang diletakkan di dalam kotak yang tampak ramping. Ini juga disertai brosur kecil tentang perusahaan dan beberapa stiker.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Melakukan Teknik Upselling & Downselling Untuk Meningkatkan Keuntungan

Segalanya dibungkus dengan hati-hati, membuat pengalaman membeli produk tidak bermerk sama menyenangkannya dengan produk bermerk. Pikirkanlah cara-cara kreatif yang membuat produk Anda menjadi lebih bernilai.

3. Percaya Pada Pelanggan Anda

Persiapan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Menjelang Ramadhan dan Lebaran

Terkadang hanya mempercayai pelanggan Anda bisa menjadi cara yang hebat untuk membuat mereka  mengatakan WOW.

Baca Juga: Mau Memiliki Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda? Baca Tips Berikut!

Salah satu WOW yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan layanan pelanggan yang maksimal. Contohnya: Saya pernah membeli sebuah lampu dari perusahaan yang menjual barang-barang kebutuhan rumah.

Setelah membukanya, saya melihat salah satu pemegangnya sedikit rusak. Saya menghubungi perusahaan tersebut dan memintanya untuk mengganti kembali.

Jika sesuai dengan prosedur, saya perlu mengemas kembali barang yang saya terima dan mengirimkannya ke toko, akan tetaapi yang mengejutkan mereka hanya mengirim sebuah lampu baru dan menyuruh saya untuk tetap menyimpan yang rusak.

Baca Juga: 5 Langkah Paling Mudah Membuat Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal

Nah, itulah yang dinamakan layanan pelanggan! Perusahaan bahkan tidak meminta bukti, mereka hanya membuatnya semudah mungkin bagi pelanggan mereka.

Siapa yang tidak akan merasa “WOW”? Dan yang lebih penting lagi, siapa yang tidak akan kembali lagi?

4. Sebuah Hadiah Mewakili Seribu Kata

hadiah kado

Orang menyukai barang gratis, tapi yang lebih berdampak lagi adalah menerima hadiah yang tak terduga dan berguna.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Salah satu teman saya memiliki gigi bungsu yang dicabut tahun lalu. Tentunya hal itu bukanlah pengalaman yang menyenangkan.

Namun, yang sungguh mengesankan adalah kartu yang dia terima melalui pos keesokan harinya.

Di dalam amplop ada vocher hadiah seharga Rp 50 ribu untuk membeli sebuah yogurt beku disertai catatan dari dokter gigi yang mengatakan bahwa yogurt beku akan membantu menenangkan gusi yang baru saja dicabut.

Baca Juga: Demi Memajukan Bisnis Online Anda, Coba 5 Jenis Aplikasi dan Layanan Ini

Anda bisa membayangkan reaksi dari konsumen(WOW!), karena ini adalah hadiah yang sempurna untuk kasus ini.

5. Perkuat Branding dengan Promosi di Platform Media Sosial Populer

Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat modern kini mengandalkan kebutuhan informasinya pada berbagai  platform media sosial.

Termasuk dalam berbelanja dan memilih produk-produk yang dirasa tepat berdasarkan kebutuhan dan keinginan mereka.

Nah, oleh karena itu, Anda harus mulai memperkuat branding bisnis Anda dengan merambah promosi bisnis maupun produk-produk yang Anda jual melalui platform media sosial populer.

Misalnya, saat ini, media sosial yang sedang ramai digunakan adalah TikTok, sebuah platform yang mendukung penggunanya untuk membagikan konten berupa video pendek yang disertai dengan berbagai fitur menarik.

Anda bisa mulai membuat konten promosi bisnis dan produk bisnismu di TikTok dengan kemasan yang unik.

Misalnya, membuat video yang memperkenalkan bahwa ada sebuah bisnis yang menjual produk-produk mewah original dengan harga miring.

Lalu, Anda bisa memasukkan link ke landing page, e-commerce, atau media sosial bisnismu, sehingga pengguna TikTok bisa langsung mengunjungi toko online-mu setelah melihat video promosinya.

Anda juga bisa mengajak influencer untuk bekerja sama promosi berbayar (endorse).

Itulah 5 ide kreatif yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda agar konsumen dapat terus mengingat produk atau jasa dari bisnis Anda.

Jangan pernah ragu untuk mempraktikan ide kreatif yang dimiliki jika hal itu akan menghasilkan perkembangan dan kemajuan bagi bisnis Anda.

Baca Juga: Agar Strategi Marketing Anda Terpenuhi, Coba 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik Ini

Semakin sering Anda memberikan faktor “WOW” kepada konsumen, maka semakin cepat bisnis menjadi berkembang karena tentunya semakin banyak pelanggan setia yang akan datang untuk kembali melakukan pembelian.

Apabila kemudian Anda membutuhkan modal usaha guna pengembangan bisnis, Anda juga dapat mengajukan pinjaman melalui KoinWorks yang saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang telah terdaftar di OJK.

Baca juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

KoinWorks dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha secara mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Jangan pernah batasi kemajuan bisnis Anda dengan alasan keterbatasan modal. Mari bersama membangun perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.