Menjajal Kesempatan Berbisnis Franchise, Berikut 7 Strategi dan 10 Peluang Bisnis Franchise yang Bisa Anda Jalankan – Memulai dan menjalankan sebuah bisnis itu tidak mudah, termasuk bila Anda memutuskan untuk berbisnis franchise.

Popularitas bisnis franchise atau waralaba tidak pernah memudar dari waktu ke waktu, terutama di Indonesia.

Berbisnis franchise memungkinkan franchisee (penerima waralaba) untuk mendapatkan hak dalam menjual produk atau jasa dari bisnis milik franchisor (pemilik waralaba) yang sudah lebih dulu berjalan dan mendapatkan pelanggan.

Baca Juga: Mau Memiliki Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda? Baca Tips Berikut!

Bisnis franchise kerap dianggap sebagai bisnis yang mudah untuk dijalankan. Padahal, bisnis franchise memiliki tingkat kerumitan yang sama seperti bisnis-bisnis lain pada umumnya.

Bila Anda baru atau hendak terjun untuk menjajal kesempatan berbisnis franchise, atau bahkan terjun ke dunia bisnis, berikut strategi yang harus Anda terapkan agar bisnis franchise Anda bisa sukses dan menguntungkan.

7 Strategi dalam Membangun dan Menjalankan Bisnis Franchise

strategi dan peluang bisnis franchise

1. Selektif dalam Memilih Jenis Franchise dan Brand

Mengembangkan Bisnis Online

Dalam berbisnis, Anda tentu harus mempertimbangkan betul-betul jenis usaha apa yang hendak Anda jalankan.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Di balik pertimbangan tersebut pun masih harus ada lagi pertimbangan lainnya terkait apakah jenis usaha tersebut dibutuhkan masyarakat, besaran peluangnya, peralatan, tingkat kesulitan, strategi dan perencanaan matang, dan sebagainya. Berbisnis franchise pun demikian.

Anda harus betul-betul selektif dalam memilihnya, mulai dari jenis franchise itu sendiri dan brand yang menopang di baliknya.

Baca Juga: 5 Langkah Paling Mudah Membuat Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal

Apakah jenis franchise tersebut dibutuhkan oleh masyarakat? Seberapa besar peluang kesuksesannya bila dilihat dari apa yang sedang dan atau yang sudah terjadi belakangan?

Bagaimana reputasi brand franchisor tersebut? Sebelum benar-benar menjalankan bisnis franchise, pastikan Anda sudah mempersiapkan semuanya matang-matang.

Baca Juga: Terapkan 5 Strategi Ini Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Akan Bisnis Anda

Pastikan juga franchisor tersebut memiliki brand yang kuat dan sudah memiliki reputasi yang baik di tengah-tengah masyarakat.

2. Rencanakan Semuanya Dengan Matang, Dari A Sampai Z

investasi terhadap diri sendiri - self development

Tahap ini kelihatannya mudah untuk diterapkan, hanya saja ada banyak pemilik bisnis franchise yang akan terkejut akan betapa banyaknya hal yang harus dipersiapkan dengan matang.

Baca Juga: Agar Strategi Marketing Anda Terpenuhi, Coba 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik Ini

Setelah memilih jenis usaha dari sebuah brand, langkah selanjutnya adalah menyusun perencanaan mulai dari bagaimana Anda akan memasarkannya, memilih lokasi, merekrut tim, dan berbagai kegiatan pemasaran dan operasional lainnya.

Penting untuk merencanakan semuanya dengan matang dari A sampai Z. Namun jangan terlalu berpaku pada perencanaan yang matang dan sempurna, eksekusi tetap menjadi langkah berikutnya yang harus segera Anda lakukan.

3. Fokus Dengan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

instant delivery - pengiriman cepat

Memberi pelayanan yang buruk, selain akan mempengaruhi kepuasan pelanggan ke arah yang lebih negatif, Anda juga akan merusak citra brand franchisor dan tentu akan mempengaruhi relasi yang buruk dengan dua pihak utama tersebut.

Baca Juga: Demi Memajukan Bisnis Online Anda, Coba 5 Jenis Aplikasi dan Layanan Ini

Sebaliknya, upayakan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan Anda dan pastikan bahwa tingkat kepuasan pelanggan menjadi salah satu prioritas utama Anda dalam menjalankan bisnis franchise.

4. Manfaatkan Segala Sumber Daya dan Dukungan dari Franchisor

membantu - mendukung - dukungan - bantuan - support

Manfaatkan segala sumber daya yang disediakan oleh franchisor seperti pendanaan, pelatihan, operasional, pemasaran, teknologi, dan berbagai macam dukungan lainnya.

Baca Juga: Agar Lancar Mendapatkan Konsumen, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Kuatkan relasi yang baik dengan franchisor dan mereka pun akan setiap membantu Anda dalam menyukseskan bisnis franchise Anda.

Karena biar bagaimana pun, citra dan reputasi brand milik franchisor sedang dipertaruhkan ke dalam kuasa Anda sebagai pemegang hak jual. Jadi, mereka akan selalu senang dalam mendukung bisnis franchise Anda. Jangan ragu soal ini.

5. Bangun Reputasi di Tengah-Tengah Komunitas

membangun reputasi - menjaga reputasi - mengelola reputasi - reputation management

Sedari awal Anda menjalankan bisnis franchise, mulailah bangun reputasi di tengah-tengah masyarakat, terutama komunitas tertentu yang sejalan dengan jenis usaha yang Anda pilih.

Baca Juga: Budget Terbatas? Coba 4 Teknik Marketing Ini Untuk Membuat Bisnis Anda Terus Berkembang

Ikuti kegiatan-kegiatan mereka baik dalam bentuk bazaar maupun event lainnya. Jangan ragu menjadi sponsor atau donatur di acara-acara mereka.

6. PIlih Lokasi Berjualan yang Strategis

lokasi bisnis yang strategis

Dari sekian banyak yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis franchise, memilih lokasi berjualan menjadi salah satu hal yang terpenting. Pilihlah lokasi yang strategis dengan pasar yang sesuai dengan target pelanggan Anda.

Baca Juga: 5 Karakter Konsumen yang Wajib Anda Ketahui Agar Dapat Meningkatkan Penjualan

Perlu diketahui bahwa lokasi yang ramai bukanlah jaminan bahwa sebuah bisnis mampu menarik pelanggan untuk berbondong-bondong datang ke lapak Anda bak magnet menarik kumpulan paku kecil.

7. Manfaatkan Keikutsertaan Dalam Berbagai Event Bila Memungkinkan

event - acara - pesta - bazaar

Ini juga menjadi salah satu tahap terpenting. Manfaatkan pula keikutsertaan dalam berbagai event bila memungkinkan.

Baca Juga: Maksimalkan Penjualan Bisnis Anda Dengan Toko Online

Namun, selektiflah dalam memilih event apa yang cocok untuk jenis usaha Anda menurut target pasarnya.

Tidak cocok bila Anda membuka stan rokok di acara anak-anak. Sebaliknya, pilihlah event yang cocok untuk jenis Anda, semisal menawarkan jasa ekspedisi pengiriman barang di acara seminar pebisnis online.

Baca Juga: Pelajari Tips Ini Sebelum Menggunakan Jasa Endorsement dari Influencer

Dengan menerapkan 7 strategi di atas dengan baik, yakinlah bahwa bisnis franchise Anda akan sukses dan menguntungkan cepat atau lambat.

Bila Anda masih bingung hendak memilih jenis usaha seperti apa yang cocok, berikut 10 ide bisnis atau peluang bisnis franchise yang bisa Anda coba pelajari dan jalankan sekarang juga:


MULAI FRANCHISE


10  Peluang Bisnis Franchise yang Populer dan Menguntungkan

1. Makanan

ekspansi bisnis

Kebutuhan primer yang satu ini tentunya selalu dibutuhkan, apapun bentuknya, dan tak ada matinya. Bisnis franchise makanan pastinya bisa Anda coba sekarang juga.

2. Minuman

meminum kopi - ngopi -koinworks

Sama seperti makanan, bisnis franchise minuman juga selalu dibutuhkan dan selalu menguntungkan. Maka, jangan ragu memanfaatkannya dalam perjalanan bisnis Anda selanjutnya.

3. Minimarket

bisnis franchise super market - minimarket - toko grosir

Apabila Anda memiliki modal yang cukup, berbisnis franchise minimarket pun akan menguntungkan, lho.

4. Ekspedisi Pengiriman Barang

jasa pengiriman barang - jasa ekspedisi

Jumlah pengusaha di Indonesia dari waktu ke waktu semakin meningkat, apalagi karena peningkatan penetrasi teknologi internet di tengah-tengah masyarakat yang membuatnya semakin mudah untuk diakses.

Oleh karena itu, permintaan akan ekspedisi pengiriman barang pun ikut meningkat dan tentunya harus Anda manfaatkan.

5. Jasa Laundry

jasa laundry - bisnis laundry

Semakin banyaknya masyarakat urban yang jauh dari rumah, kebutuhan akan jasa laundry terus meningkat.

6. Pulsa

memanfaatkan teknologi - Mengembangkan Bisnis Online

Kebutuhan akan pulsa sudah menjadi salah satu kebutuhan sekunder yang perannya sangat penting dalam hal berkomunikasi maupun informasi, jadi manfaatkan peluang yang satu ini. Jangan sampai dilewatkan.

7. Agen Travel

traveling gratis - tour guide - jalan jalan

Membuka bisnis franchise agen travel menjadi salah satu peluang yang belakangan ini sangat populer.

Apalagi kampanye wisata semakin riuh di mana-mana sehingga membuat euforia turis lokal maupun internasional untuk berwisata terus meninggi.

8. Cenderamata/Oleh-Oleh

oleh-oleh cenderamata

Karena semangat berwisata sudah semakin marak, peluang bisnis franchise di bidang penjualan cenderamata atau oleh-oleh khas harus Anda manfaatkan.

9. Pendidikan

pendidikan

Masyarakat dewasa ini semakin sadar bawah mengenyam pendidikan tidak harus di institusi formal, melainkan bisa dari mana saja.

Oleh karena itu, manfaatkan teknologi informasi untuk menyediakan bisnis franchise di bidang pendidikan yang mudah dan murah untuk diakses.

10. Transportasi

Transportasi

Meski memang pilihan transportasi sudah semakin banyak, bisnis franchise transportasi akan sangat menguntungkan bila dimanfaatkan di daerah-daerah yang sulit atau tidak dijangkau oleh jenis-jenis transportasi umum yang tidak mencakupnya.

Baca Juga: Ini Pentingnya Mengelola Arus Kas Bisnis Anda Dari Sekarang

Nah, itulah peluang bisnis franchise yang bisa Anda jalankan sekarang juga. Barengi dengan strategi yang sebelumnya sudah tertulis dan bisnis Anda pun akan memiliki peluang yang semakin besar untuk bisa sukses dan menguntungkan. Bagaimana menurut Anda?

11. Kecantikan

peluang bisnis franchise - 1

Produk-produk kecantikan merupakan gem yang selalu menguntungkan. Mayoritas pangsa pasar biasanya diramaikan oleh kalangan wanita, sehingga Anda harus bisa memanfaatkan audiens dari kalangan wanita lewat bisnis franchise produk kecantikan.

Ada banyak vendor yang membuka peluang bisnis franchise khusus produk kecantikan yang pastinya harus segera Anda manfaatkan.


BELI FRANCHISE


Kembangkan Bisnis Franchise Anda Dengan Dukungan Modal Usaha

strategi dan peluang bisnis franchise


Tentang KoinWorks

KoinWorks adalah penyedia layanan Peer to Peer (P2P) Lending pertama di Indonesia yang menghubungkan investor dengan masyarakat yang membutuhkan permodalan dalam membangun bisnis franchise.

KoinWorks memungkinkan siapapun, terutama Anda, untuk melakukan Pembelian Lisensi Franchise Baru, Pembukaan Gerai Baru, Renovasi Gerai, Pembelian Aset atau Mesin, dan sebagainya yang bisa dicicil dengan proses cepat dan bunga rendah hanya 0,75% – 1,67% per bulan. Belasan ribu investor siap mendanai berbagai kebutuhan bisnis franchise Anda.


Keunggulan Pembiayaan Oleh KoinWorks

Proses pengajuan pinjaman bisa dilakukan sepenuhnya secara online
❃ Bunga pinjaman yang lebih rendah
❃ Plafond pinjaman hingga Rp 500 juta
Tanpa Jaminan
Pelunasan lebih awal tanpa biaya penalti
Prosesnya hanya 3 hari kerja
Tanpa survey


Contoh Pemanfaatan Pinjaman

  1. Pembelian Lisensi Franchise Baru
  2. Pembukaan Gerai Baru
  3. Renovasi Gerai
  4. Pembelian Aset atau Mesin Baru

Memulai dan mengembangkan bisnis franchise tidak akan lepas dari modal usaha. Demi mendukung perjalanan bisnis Anda kelak, KoinWorks, sebagai platform peer to peer lending, hadir untuk mendukung perkembangan bisnis Anda.

Ajukan pinjaman modal usaha di KoinWorks dengan platfond hingga Rp 500 juta dalam kurun waktu pinjaman maksimal 24 bulan. Bunga cicilan per bulan pun rendah dan tidak akan memberatkan Anda, hanya mulai dari 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Cicil segala keperluan bisnis franchise Anda dan dapatkan potongan 1% bunga dengan kode promo:

FRANCHISE2017

(*) Promo hanya berlaku hingga 30 September 2017, jadi jangan ketinggalan!

Jangan ragu untuk mengajukan pinjaman modal bisnis di KoinWorks demi menyukseskan bisnis franchise Anda. Semoga sukses!


CICIL FRANCHISE



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?