11 Ide Usaha Jasa di Industri Pemasaran Digital

Ide Usaha Jasa

Membangun sebuah bisnis adalah impian banyak orang dan hal pertama yang sering terpikirkan adalah mencari ide usaha jasa atau ide usaha produk.

Ya, berdasarkan jenisnya usaha terbagi menjadi dua, yang pertama adalah usaha produk yang merupakan kegiatan usaha dengan menjajakan beragam jenis produk seperti produk kebutuhan sehari-hari sampai dengan kebutuhan elektronik

Yang kedua adalah usaha jasa yang merupakan sebuah usaha yang menawarkan jasa di berbagai sektor seperti sektor perbaikan barang-barang yang rusak, ataupun jasa menghasilkan sesuatu seperti jasa membuat desain website dan sebagainya.

Salah satu kelebihan dari mengembangkan ide usaha jasa adalah terkadang kamu bisa memulainya tanpa modal.

Berikut ini adalah ide usaha jasa yang bisa kamu jadikan pilihan:


1. Ide Usaha Jasa penulisan artikel

Ide usaha jasa yang pertama adalah usaha penulisan artikel.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa kamu bisa memulai bisnis jasa tanpa modal, dan menjadi penulis artikel adalah salah satu contohnya.

Untuk bisa menjadi penulis artikel lepas, hal utama yang harus kamu miliki adalah skill atau kemampuan menulis artikel yang baik.

Apabila kamu cukup percaya diri dengan kemampuan menulismu, maka usaha jasa ini bisa kamu coba.


2. Jasa Desain Grafis

Perkembangan teknologi membuat industri online maju dengan cepat.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap kebiasaan masyarakat sehari-hari, salah satunya adalah dalam berbelanja.

Beberapa tahun terakhir kebiasaan berbelanja masyarakat Indonesia perlahan-lahan telah berubah.

Hampir 70% masyarakat Indonesia telah merasa nyaman berbelanja secara online.

Meningkatnya jumlah toko online menyebabkan jasa desain grafis semakin banyak dicari, hal ini tentunya untuk mendukung strategi promosi melalui penampilan visual yang menarik.

Ide usaha jasa desain grafis merupakan ide yang sangat cocok untuk kalian yang memiliki kemampuan mumpuni dalam pengoprasian adobe illustrator ataupun adobe photoshop, karena biasanya para desainer grafis setidaknya menggunakan software tersebut dalam mengerjakan sebuah projek.


3. Jasa fotografi

Masih berkaitan dengan kebutuhan promosi online, sekarang ini jasa fotografi sangat dibutuhkan untuk menghasilkan foto-foto menarik.

Bukan hanya untuk sesi foto pribadi, tapi juga foto-foto produk.

Modal utama untuk merealisasikan ide usaha jasa ini adalah dengan memiliki peralatan seperti kamera.

Namun, kamu tidak perlu terlalu khawatir apabila kamu belum memiliki kamera karena saat ini banyak sekali jasa penyewaan kamera yang bisa kamu manfaatkan.

Yang harus diingat adalah pastikan harga yang kamu berikan kepada klien mampu menutupi biaya sewa dan juga mendatangkan profit untukmu.


4. Jasa konten media sosial

Belakangan ini media sosial sudah mengambil bagian penting di kehidupan masyarakat dunia.

Oleh karena itu tidak heran jika saat ini banyak usaha atau bisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran mereka.

Untuk bisa menarik perhatian para pengguna media sosial, setiap bisnis harus mampu menyajikan konten yang menarik dan interaktif di akun media sosial miliknya.

Nah, dari sinilah peluang ide usaha jasa konten media sosial berasal.

Usaha jasa konten media sosial sangat cocok bagi kamu yang selalu memiliki ide kreatif dan selalu update dengan tren yang ada di internet.

Apakah kamu salah satunya?


5. Ide Usaha Jasa pembuatan website

Setiap usaha online setidaknya harus mempunya 3 channel untuk dapat berhasil memasarkan produknya.

3 Channel tersebut adalah akun ecommerce. Akun media sosial dan juga website.

Mengapa website menjadi kebutuhan penting bagi pengusaha online?

Hal ini dikarenakan para konsumen akan merasa lebih nyaman berbelanja melalui website ketika mereka menggunakan laptop atau komputer mereka.

Selain itu, keberadaan sebuah website juga bisa meningkatkan kredibilitas sebuah brand di mata para konsumen.

Oleh karena itu, jasa pembuatan website merupakan bisnis yang paling dibutuhkan di era digital marketing seperti sekarang.


6. Jasa SEO

Mungkin masih sedikit yang memahami bahwa peran Search Engine Optimization (SEO) pada bisnis online sangatlah penting.

Secara sederhana jasa SEO sangat dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung di website.

Semakin banyak jumlah pengunjung yang ada di website maka akan semakin tinggi peluang produk atau jasa yang ditawarkan ramai pembeli


7. Jasa SEM

Berada sejajar dengan jasa SEO, jasa Search Engine Marketing (SEM) juga sangat penting.

Apabila kamu masih bingung membedakan keduanya, hal paling dasar yang bisa kamu ingat adalah SEO merupakan sebuah upaya optimasi tanpa menggunakan biaya, sedangkan SEM membutuhkan biaya.

Conton dari penerapan SEM adalah pemasangan iklan di Instagram, facebook ataupun YouTube.

Meskipun terdengar sederhana seperti hanya memasang iklan saja, tapi pengerjaan SEM hanya bisa dikerjakan oleh seorang ahli agar bisa menghasilkan hasil yang maksimal.


8. Jasa Videografi

Ide usaha jasa yang berikutnya adalah jasa videografi.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setidaknya ada 2 bentuk dalam penyajian konten yaitu melalui sebuah foto dan video.

Menyajikan konten dalam format audio visual seperti video memang akan memakan waktu lebih lama dalam proses pembuatannya, tapi bagaimanapun konten dalam bentuk video akan lebih menarik di mata konsumen.

Oleh karena itu, apabila kamu memiliki kemampuan videografi yang handal, jangan segan-segan untuk menerapkan ide usaha jasa yang satu ini, ya!


9. Jasa Influencer

Apakah kamu memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosialmu?

Jika iya, kamu memiliki peluang besar untuk menjadikan ide usaha jasa influencer sebagai bisnis menjanjikan untukmu.

Jasa influencer merupakan jasa mempromosikan sebuah produk di akun media sosial agar para pengikut dari seorang influencer tersebut bisa mengetahui keberadaan produk yang di promosikan dan juga tertaik untuk membelinya.

Menjadi seorang influencer sangatlah menjanjikan karena para pemilik produk terkadang berani membayar upah sangat tinggi hanya untuk satu postingan di media sosial saja.


10. Jasa pembuatan Aplikasi Mobile

Ide usaha jasa selanjutnya adalah jasa pembuatan aplikasi mobile.

Aplikasi mobile sangat dibutuhkan untuk mempermudah para konsumen ketika ingin membeli sebuah produk.

Saat ini, handphone bukan lagi hanya menjadi teknologi yang mampu menyambungkan telepon antara satu orang dan orang lainnya.

Melalui smartphone, kamu bisa berbelanja semua kebutuhan yang kamu inginkan.

Itulah mengapa jasa pembuatan aplikasi mobile sangat menjanjikan akhir-akhir ini.

Meskipun begitu, membuat aplikasi mobile sangatlah tidak mudah tapi sebagai imbalan akan kesulitannya, pihak usaha jasa yang mengerjakan pembuatannya akan mendapat upah yang sangat tinggi.


11. Ide Usaha Jasa admin e-commerce

Menjadi admin e-commerce merupakan ide usaha jasa yang cukup menjanjikan.

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia memiliki beragam jenis e-commerce dan biasanya para pebisnis online akan membuat akun di masing-masing e-commerce tersebut.

Terkadang, mengurus satu akun berjualan di e-commerce saja sudah sangat rumit, karena harus mengatur pesanan sampai dengan pengiriman.

Oleh karena itu biasanya para pebisnis akan menyewa jasa admin untuk mengoperasikan beberapa akun e-commercenya.

Menyewa jasa admin lepas seperti ini dinilai lebih efisien dibandingkan memperkerjakan karyawan secara tetap, terutama bagi usaha online yang belum begitu besar.


Itulah 11 ide usaha jasa di industri pemasaran digital yang bisa kamu pilih.

Satu hal yang perlu diingat adalah industri digital mengalami perkembangan yang begitu pesat, sehingga merealisasikan usaha jasa di industri ini akan sangat menjanjikan.

Apabila kamu ingin memulai suatu bisnis jasa yang memerlukan modal usaha tapi kamu belum memiliki modal yang cukup, maka kamu bisa memanfaatkan produk KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinBisnis merupakan produk pinjaman modal usaha yang memberikan kesempatan untuk kamu untuk mendapatkan modal usaha sampai dengan Rp. 2 Miliar rupiah.

Kamu juga tidak akan dikenakan bunga yang mencekik karena bunga pinjaman di KoinBisnis hanya mulai dari 0.75% saja per bulannya.

Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot datang ke kantor KoinWorks untuk mengajukan pinjaman ini, karena semua pengajuan sampai dengan pencairan bisa kamu akses melalui Super Financial Apps KoinWorks.

Tunggu apa lagi? Yuk, realisasikan ide usaha jasamu bersama KoinBisnis dari KoinWorks!


Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.