Tips Memilih Media Sosial yang Tepat Untuk Bisnis – Media sosial telah menjadi alat pemasaran utama di dunia bisnis saat ini.

Bahkan jika bisnis Anda terbilang kecil sekalipun, Anda tetap harus menggunakan strategi pemasaran melalui media sosial.

Cobalah untuk membuat khalayak menyadari kehadiran bisnis Anda dengan berperan aktif dalam akun media sosial dari bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Ilmu Tentang Sosial Media Marketing yang Perlu Anda Tahu

Melalui media sosial, pelanggan akan mendapatkan informasi dan respond yang lebih cepat dibandingkan dengan alat komunikasi lainnya.

Media sosial juga dapat menjadi media untuk penyampaian kritik dan saran dari konsumen kepada bisnis Anda. Melalui platform yang dimiliki, Anda berkesempatan untuk membangun kedekatan dengan target pasar dengan lebih mudah.

Lalu apakah Anda harus menggunakan semua jenis media sosial yang tersedia? Jika memang Anda mampu melakukannya, maka hal itu akan menjadi suatu hal yang bagus.

Baca Juga: Budget Terbatas? Coba 4 Teknik Marketing Ini Untuk Membuat Bisnis Anda Terus Berkembang

Namun, untuk menjadi konsisten dalam urusan konten tentunya akan menjadi sesuatu yang menyulitkan. Maka dari itu, jika Anda harus memilih salah satu media sosial dan Anda bingung yang manakah akan Anda pilih, maka panduan berikut dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih:

 Tips Memilih Media Sosial yang Tepat Untuk Bisnis Anda

1. Tentukan Target Audiens Anda

nonton konser

Setiap platform media sosial populer yang ada saat ini, tentunya memiliki demografisnya tersendiri jadi pilihlah dengan bijak.

Baca Juga: Mau Memiliki Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda? Baca Tips Berikut!

Berikut adalah rincian akan mayoritas audiens media sosial yang popular saat ini berdasarkan target audiens.

  • Untuk target audiens remaja, Anda dapat memilih media sosial seperti Vine, Snapchat, YouTube, Tumblr, dan Instagram.
  • Jika Anda memiliki target audiens kaum professional, dan para pebisnis maka jaringan profesional yang Anda miliki di LinkedIn akan sangat membantu bagi perkembangan bisnis.
  • Jika Anda memiliki target audiens orang-orang yang tinggal di luar kota besar, mungkin Facebook akan menjadi sarana yang efektif.
  • Influencer dan blogger tertarik pada Instagram dan Blog.

2. Pilih platform media sosial yang sesuai dengan jenis bisnis Anda

promosikan konten di media sosial - content marketing distribution

Hal yang perlu Anda lakukan bukan hanya sekedar mengelompokkan target audiens guna pemasaran media sosial saja, akan tetapi Anda juga perlu memilih platform yang sesuai dengan jenis konten atau layanan yang ingin Anda tawarkan.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Sebagai contoh: Instagram dan Pinterest akan menjadi media sosial yang sangat bagus untuk perusahaan visual dengan akses yang menampilkan banyak fotografi cantik dan produk bermerek.

Sedangkan, Facebook dan Twitter adalah media sosial yang terbaik untuk bisnis yang menghasilkan banyak konten editorial. Konten-konten yang biasa dibagikan melalui tautan, akan sangat efektif apabila dibagikan melalui Facebook dan Twitter.

Baca Juga: Agar Strategi Marketing Anda Terpenuhi, Coba 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik Ini

Di sisi lain, Vine, Snapchat, dan YouTube adalah pilihan yang sangat baik untuk produk yang memiliki fasilitas akan peralatan produksi tingkat profesional (umumnya untuk video dan konten yang difilmkan).

Cobalah untuk berkomitmen pada satu atau dua pilihan media sosial yang sesuai dengan profil bisnis Anda. Jika Anda bisa bereksperimen dengan platform lain, silakan saja. Tapi pastikan akun yang Anda miliki sudah berjalan dengan baik, dengan melakukan regular update.

3. Buat Strategi pada Konten Anda

content marketing - membuat konten marketing - strategi content marketing - koinworks 1

Jika Anda telah menentukan media sosial mana yang akan digunakan, maka sekarang adalah saatnya Anda untuk menentukan strategi media sosial yang telah Anda pilih.

Baca Juga: 5 Langkah Paling Mudah Membuat Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal

Anda harus memikirkan apakah tujuan dari media sosial yang digunakan. Biasanya akan ada 2 tujuan utama dalam pembentukan strategi media sosial, yaitu:

  • Menciptakan kesadaran merk akan bisnis Anda

Untuk mencapai tujuan dalam tahapan ini, maka biasanya konten yang di bagikan akan berisikan informasi-informasi mendasar tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Dalam tahap ini Anda akan menginformasikan kepada konsumen siapa Anda, dan apa yang Anda tawarkan.

  • Mengajak audiens untuk membeli atau menggunakan produk Anda

Dalam tahap ini, biasanya konten yang dibagikan akan mencakup konten promosi seperti diskon, kelebihan produk, dan beberapa hal yang dapat mengajak audiens untuk melakukan pembelian.

Jika Anda tidak memiliki konten baru yang dapat dibagikan, Anda dapat mencoba untuk membagikan kembali konten yang sudah Anda miliki di masa lampau.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Dengan membagikan konten lama yang pernah dibuat, Anda mungkin akan mendapatkan audiens baru yang belum pernah melihat konten Anda sebelumnya.

Nah, sekarang Anda telah memiliki informasi mendalam tentang media sosial guna pengembangan bisnis- kan?

Penting untuk diingat bahwa sementara platform populer berubah seiring berjalannya waktu, mengelola akun media sosial juga merupakan pengalaman belajar akan platform baru berikutnya.

Baca Juga: Terapkan 5 Strategi Ini Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Akan Bisnis Anda

Misalnya, Facebook mengajari orang untuk berbagi konten melalui foto,  kemudian muncul Instagram dengan cara kerja yang sama. Satu platform yang ada mungkin akan mengajarkan Anda keterampilan untuk jaringan media sosial hyped-up berikutnya.

Pahami juga bahwa pemasaran melalui online saat ini membutuhkan biaya yang harus Anda investasikan di awal, contoh, Anda perlu berinvestasi untuk beriklan di Facebook, Instagram, atau bahkan dalam hal penggunaan SEO/SEM untuk metode yang lebih handal lagi.

Baca Juga: Agar Strategi Marketing Anda Terpenuhi, Coba 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik Ini

Dalam hal ini, biasanya dibutuhkan budget yang tidak sedikit. Namun, Anda harus tahu bahwa pemasaran online yang Anda lakukan dengan benar pastinya akan mendatangkan keuntungan yang luar biasa di masa mendatang.

Lalu bagaimana jika Anda mengalami kesulitan dalam segi budget di awal?

Untuk hal itu, apabila kemudian dibutuhkan modal maka Anda dapat mengajukan pinjaman dengan bunga kecil melalui KoinWorks.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

KoinWorks saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% – 1,67% flat per bulan.

Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam pembiayaan bisnis Anda bukan? Ajukan pinjaman Anda sekarang juga!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?