Musim mudik terjadi ketika libur panjang puasa jelang lebaran. Masyarakat dari daerah perkotaan bertransmigrasi secara bersama-sama menuju kampung halaman mereka masing-masing untuk bisa berkumpul bersama keluarga di hari raya Idul Fitri. Tak sedikit yang mencoba menggunakan kredit tanpa agunan saat hendak mudik. Lainnnya, terlebih dahulu merencanakan pengeluaran mudiknya dari jauh-jauh hari. Namun, ketika yang lain sibuk dengan mudik, ternyata ada beberapa bisnis yang bisa dimanfaatkan ketika musim mudik datang. Apa saja? Yuk simak.

Bisnis Sewa Mobil

Bisnis ini menjadi daya tarik nomer wahid lantaran keuntungan yang bisa diraih berlipat-lipat. Ada banyak alasan pemudik memilih menyewa mobil dari pada menggunakan angkutan umum seperti bis dan kereta. Memang salah satu kendala dari menyewa mobil adalah macet. Namun, itu tidak menjadi masalah lantaran masih banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari mulai untuk gaya ketika sampai di kampung sampai untuk mengangkut semua keluarga dan barang-barang dengan aman dan nyaman tanpa panas dan kehujanan.

Keuntungan yang didapat jika per hari biaya sewa antara 1 hingga 5 juta, tergantung dari jenis mobil yang disewakan, maka tinggal dikalikan saja jumlah hari sewa yang ditentukan. Jika 7 hari, maka pendapatan minimal 7 juta untuk satu mobil.

Bisnis Sewa Sopir

Bisnis ini sebenarnya masih berkaitan erat dengan bisnis sebelumnya, yakni jasa sewa mobil. Ada perusahaan travel atau sewa mobil yang menawarkan jasa sewa sopir dalam satu paket ada juga yang terpisah. Jika Anda memiliki kemampuan mengendarai mobil dengan baik, maka Anda bisa membuka jasa ini. Anda juga bisa mengkordinir beberapa sopir yang sudah dipersiapkan untuk momen mudik lebaran ini. Jadi, tidak perlu Anda sendiri yang turun langsung. Bisnis ini masih sangat diminati lantaran banyak pemudik yang tidak mau capai dikarenakan perjalanan yang panjang.

 Bisnis Rest Area atau Tempat Istirahat

Jika Anda jeli melihat peluang, lahan kosong pinggir jalan yang dilalui pemudik bisa dijadikan sumber penghasilan dengan membangun rest area atau tempat istirahat. Pastikan tempat istirahat tersebut bersih dan luas sehingga banyak pemudik yang akan mampir. Sediakan toilet, tempat sholat serta aneka makanan dan minuman ringan. Bisa juga menyediakan tempat untuk isi angin atau bahkan menyediakan tempat pulsa sampai sewa jasa pijit. Tentunya berbagai fasilitas yang ada akan diminati oleh para pemudik.

Bisnis Penitipan Hewan Peliharaan

Musim mudik berarti meninggalkan apa yang ada dirumah termasuk juga hewan peliharaan. Bagi pecinta binatang, tentu tidak bisa begitu saja meninggalkan hewan peliharaan mereka di rumah tanpa perawatan. Disinilah potensi bisnis ini sangat besar. Para pecinta binatang rela menggelontorkan banyak uang agar hewan kecintaan mereka dirawat dengan baik. Belum lagi jika mereka memiliki lebih dari satu hewan, tentu sangat banyak keuntungannya.

Pastikan saja Anda atau staff Anda benar-benar mampu merawat binatang sesuai dengan karakternya dari mulai memandikan, kasih makan, obat dan menyediakan tempat yang nyaman bagi binatang tersebut. Jika Anda berhasil memberikan servis yang sempurna, maka si pemilik hewan akan menjadi langganan setia walau bukan musim mudik.

Bisnis Penitipan Kendaraan

Tidak jauh berbeda dengan bisnis sebelumnya dimana konsumen menitipkan binatang untuk dirawat, bisnis yang satu ini menyediakan lahan dan jasa untuk penitipan kendaraan baik motor maupun mobil. Banyak pemudik yang tidak bisa membawa kendaraan pribadi mereka lantaran jarak tempuh mudik yang jauh dan tidak memungkinkan untuk berkendara. Pastikan Anda menjaga kepercayaan mereka agar kendaraan mereka aman, bersih dan tetap terjaga.

Bisnis Kuliner dan Jajanan Khas

Bisnis ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Banyak pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman dengan membawa makanan atau oleh-oleh khas daerah tertentu yang dilewatinya saat mudik. Bisnis kuliner dan jajanan khas pastinya akan laris manis.

Itulah beberapa bisnis yang bisa Anda jalankan ketika musim mudik. Tentunya, Anda membutuhkan modal yang cukup tergantung jenis bisnis yang akan Anda jalani. Bagi mereka yang membutuhkan modal besar, kredit tanpa agunan memang menjadi solusi sesaat. Namun, ada juga yang mengadalkan dengan kemampuan dananya sendiri yang sudah dikumpulkan jauh-jauh hari sebelumnya.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.