Home Gaya Hidup Membahas Keuangan Saat Pacaran Itu Penting, Lho!

Membahas Keuangan Saat Pacaran Itu Penting, Lho!

Membahas Keuangan Saat Pacaran Itu Penting, Lho! – Banyak pasangan kekasih yang menganggap bahwa membicarakan soal keuangan saat pacaran adalah hal yang tabu dan membuang-buang waktu.

Ah, nanti saja ngobrol keuangannya setelah menikah. Toh, belum tentu juga menikahnya sama dia, jadi ya nanti-nanti saja lah.

Pernyataan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, tapi juga bukan hal yang benar. Membahas keuangan saat pacaran termasuk hal yang penting untuk dilakukan karena cukup berpengaruh untuk masa depan kamu bersama pasangan kamu.

Walaupun tidak dapat dipungkiri memang, kalau kamu dan pacar kamu sekarang akan lanjut ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Tapi, tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan dan membicarakan hal-hal sederhana tentang keuangan.

Baca juga: Percakapan Tentang “Uang” yang Tidak Dapat Anda Hindari

Seperti contohnya, ketika kalian makan bersama di suatu restoran. Harus ada kesepakatan sebelumnya, metode pembayaran apa yang kalian gunakan. Bayar sendiri-sendiri? Atau, patungan?

Nah, hal semacam ini terkadang bisa menimbulkan benih-benih pertengkaran dalam sebuah hubungan. Oleh karena itu, mulailah membahas soal keuangan saat pacaran, ini alasannya:

Pertama, mengobrol tentang keuangan membuat setiap permasalahan tidak berubah menjadi besar. Selesaikan secara perlahan, sedikit demi sedikit.

Kedua, terbukalah perihal keuangan di antara kalian berdua. Dengan saling terbuka, kalian akan mudah mengungkapkan keinginan masing-masing dalam mengelola finansial termasuk dukungan untuk berinvestasi.

Namun, meskipun adanya keterbukaan mengenai hal finansial bukan berarti privasi kamu hilang. Tidak perlu juga kamu bertukar PIN ATM dan PIN lainnya, kecuali dalam keadaan terdesak dan darurat.

Hmm, bicara tentang investasi, sudah saatnya kamu mengenal yang namanya investasi Peer-to-Peer Lending.

Kamu bisa belajar mendanai di KoinP2P atau KoinRobo persembahan KoinWorks mulai dari Rp100.000 dengan imbal hasil hingga 18% p.a. per tahunnya.

Yuk, belajar fundamental investasi di KoinWorks!

Eh tapi sebelumnya, mari lihat dulu beberapa tips membahas keuangan saat pacaran berikut ini. Mungkin, setelah selesai membaca artikel ini, kamu langsung bisa memutuskan kapan akan memulai investasi.


Membahas Keuangan Saat Pacaran Itu Penting, Lho!

1
Berani Memulai, Jangan Tunggu-tungguan

nasihat keuangan - pasangan - ngobrol

Inisiatif itu perlu demi kelancaran sebuah hubungan. Baik dari kamu atau pacar kamu, sebaiknya segera memikirkan untuk ‘memulai’ terutama dalam hal finansial.

Bukan masalah pria atau wanita, tapi seberapa seriusnya kamu dalam menjalani sebuah hubungan yang berhasil.

Salah satu yang bisa kamu lakukan yaitu memulai untuk membicarakan tentang masalah keuangan di masa depan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Tidak perlu gengsi, memulai percakapan tentang uang dengan pacar tidak seburuk yang kamu pikirkan. Semuanya akan berjalan dengan lancar bila ada rasa saling mengerti dan menghargai, apalagi keterbukaan untuk berdiskusi.

Satu hal lagi, kamu tidak perlu menunggu siapa yang lebih dulu berucap dan mulai mengajak berdiskusi. Kalau terus menerus begitu, tidak akan ada yang berani memulainya.


2
Tunjukkan Komitmen dengan Tindakan

Alokasikan Sejumlah Dana untuk Kebutuhan yang Lebih Spesifik

Jika masing-masing dari kalian sudah mengetahui jumlah biaya yang dikeluarkan setiap bulannya, maka inilah saatnya kamu dan pacar kamu mulai berkomitmen untuk merencanakan keuangan dan mengakumulasikan biaya pengeluaran bersama-sama.

Di samping itu, kamu dan pacar kamu juga harus mulai memikirkan rencana tabungan masa depan demi kebebasan finansial di dalam rumah tangga yang nantinya dijalani berdua.

Percuma, jika komitmen yang dibuat tersebut tidak menghasilkan tindakan yang menjanjikan. Oleh karena itu, jangan sampai membuat pacar kamu kesal dengan ‘tidak menepati’ segala rencana yang sudah kalian persiapkan dengan matang.

Kamu hanya akan dianggap tidak bertanggung jawab terhadap hubungan yang kamu jalani selama ini. Tentu saja, setiap pasangan pasti memiliki mimpi untuk melangkah ke jenjang hubungan yang lebih maju lagi bukan?

Mulailah dari hal kecil, seperti mencatat setiap biaya yang dikeluarkan saat pacaran, dan juga konsisten menabung sesuai dengan biaya yang telah direncanakan di awal.


3
Atur Keuangan Bersama-sama

Menggabungkan Keuangan Sebelum Menikah

Bagi kamu yang sedang berada di tahap menuju serius dalam menjalani hubungan, kamu tentu harus belajar mengatur keuangan bersama-sama. Karena pacaran dan menikah itu bukan hanya tentang aku dan kamu, tapi tentang ‘kita berdua’.

Kamu memang bisa ikut mengatur keuangan pasangan kamu, tapi bukan berarti kamu bisa egois dalam memutuskan segala sesuatunya.

Perhatikan beberapa tips berikut ini agar kamu memahami bagaimana caranya mengatur keuangan bersama-sama dengan baik dan benar.

Saling mengingatkan satu sama lain – Ingatkan pacar kamu pada tujuan awal kalian berdua saat ia sudah kewalahan mengatur keuangan. Berikan motivasi dan dukungan penuh, serta yakini pacar kamu bahwa kalian akan melakukannya bersama-sama.

Tegur bila pengeluaran mulai tidak terkontrol – Kewajiban kamu lainnya adalah menegur secara baik-baik ketika biaya pengeluaran mulai melewati batas. Jangan terkesan memerintah dan melarang, cukup tegur dan ingatkan saja.

Jangan memaksa atau mengekang – Pemaksaan atas suatu keputusan yang hanya disepakati oleh satu pihak sangat riskan memicu perkelahian dalam sebuah hubungan. Apalagi jika status hubungannya masih sebagai pacar, belum suami atau istri.

Terbuka soal rencana pengeluaran setiap bulan – Alangkah lebih baiknya, bila memang sudah memutuskan untuk menjalani hidup bersama-sama di masa mendatang, kamu dan pacar kamu harus lebih terbuka tentang rencana pengeluaran personal. Dengan begitu, kamu bisa saling memahami kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Keuangan yang di atur di sini bukan hanya keuangan kamu dan pacar kamu dalam memenuhi kebutuhan pribadi, tapi juga kebutuhan di luar rumah tangga seperti kebutuhan orangtua dan mertua, serta saudara dekat.

Contoh, memberi uang rutin setiap bulan kepada orangtua dan mertua kamu nantinya. Tentu, kamu harus membicarakan hal ini kepada pacar kamu. Berapa kira-kira jumlah yang akan diberikan agar lebih adil antara keduanya.

Walaupun perjalanan untuk menikah terbilang cukup panjang, ini perlu didiskusikan dari jauh-jauh hari. Tujuannya supaya setelah menikah nanti, kamu tidak lagi mengalami debat pertengkaran hanya karena masalah ‘uang’.

Intinya, cobalah untuk selalu berkompromi kepada pasangan (dengan kepala dingin) untuk setiap masalah finansial yang terjadi.


4
Rencanakan dan Bicarakan Situasi yang Belum Terjadi

Tidak Memiliki Rencana Keuangan Jangka Panjang

Sama seperti merencanakan hari pernikahan, kamu dan pacar kamu juga perlu membuat perencanaan keuangan setelah menikah. Mulai dari:

  • Di mana kamu akan tinggal?
  • Pekerjaan apa yang akan kamu jalani?
  • Bagaimana cara mendidik anak dengan baik?
  • dan pertanyaan-pertanyaan lain yang bisa didiskusikan bersama.

Contoh sederhananya begini. Untuk bisa mengontrol keuangan keluarga, kamu bersama pacar kamu merencanakan bahwa setelah menikah akan membuka akun rekening baru.

Rekening tersebut akan diisi dengan persentase pendapatan yang memang sengaja disisihkan untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama. Selain itu, kamu dan pacar kamu sudah sepakat untuk mengatur masing-masing keuangan sisanya di luar dari rekening.

Itulah yang dinamakan ‘rencana’. Sebuah keputusan tentang suatu hal yang belum terjadi (namun akan terjadi di masa mendatang), tapi sudah didiskusikan saat ini.


Membahas keuangan saat pacaran sama pentingnya dengan membahas resepsi pernikahan yang kamu inginkan. Tapi, perlu diingat, kamu juga harus selalu sabar dan tetap menghargai keputusan pacar kamu.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik, serta risikonya untuk kehidupan kalian berdua di masa depan.

Happy money talks!


 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X