Home Daily Seberapa Penting Credit Score Bagi Kelancaran Finansial Anda?

Seberapa Penting Credit Score Bagi Kelancaran Finansial Anda?

Seberapa Penting Credit Score Bagi Kelancaran Finansial Anda? – Mungkin Anda seringkali mendengar tentang istilah credit score dalam dunia finansial.

Namun, apakah Anda sudah mencari tahu tentang istilah itu, termasuk alasan dan cara meningkatkannya?

Jika belum, yuk ketahui sekarang! Sebab, walaupun keberadaannya tidak terlalu dianggap, ternyata credit score cukup mempengaruhi perjalanan finansial Anda lho!

Anda wajib memahaminya terlebih dahulu sebelum Anda mulai mengajukan pinjaman dana atau kredit. Pasalnya, semakin baik credit score-nya, maka semakin mudah peminjaman dana Anda diproses.

Nah, pada artikel ini, Anda akan mengetahui lebih banyak mengenai credit score dan juga beberapa tips meningkatkannya.

Simak ya!


Seberapa Penting Credit Score Bagi Kelancaran Finansial Anda?

1
Apa Itu Credit Score?

Apa Itu Credit Score?

Untuk mengawalinya, Anda perlu mengetahui dulu definisinya.

Credit score adalah sebuah sistem penilaian sebagai penentuan layak atau tidaknya Anda mendapatkan pinjaman dana atau kredit.

Sebagai informasi tambahan, skor kredit ini berada di rentang angka 000-999.

Penilaian ini dilihat dari berbagai faktor, seperti data pinjaman, riwayat akun kredit, siklus pembayaran kredit, aktivitas permohonan kredit, dan faktor kualitatif lainnya.

Laporan penilaian kredit ini sangat membantu pendana (lender) atau pihak bank dalam memeriksa pengajuan kredit Anda, baru setelahnya memutuskan apakah permohonan kredit Anda ditolak atau diterima.

Tidak ada kreditur yang ingin dirugikan oleh debitur karena alasan tidak bisa membayar kembali uang yang dipinjamkan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya; semakin tinggi skor kredit, maka semakin besar kemungkinan seseorang tersebut untuk membayar utangnya pada kreditur. Sebaliknya, semakin rendah skor kredit, maka semakin dianggap berisiko.

Lalu, apa untungnya dan seberapa pentingnya memiliki skor kredit yang tinggi bagi Anda (selaku debitur)?

Memiliki skor kredit yang tinggi tentu akan sangat menguntungkan Anda. Selain bisa meminimalisir bunga pinjaman, Anda juga akan merasakan kemudahan dalam proses ketika Anda mengajukan pinjaman otomatis atau jenis pinjaman lainnya.

Itu terjadi karena Anda dianggap memenuhi syarat dan dipercaya memiliki sejarah kredit yang baik oleh pihak bank atau lender bersangkutan.

Jika ditanya seberapa penting, credit score sangat penting karena cukup mempengaruhi banyak hal dalam aktivitas kredit Anda di masa mendatang. Mulai dari besarnya pinjaman yang akan diperoleh, jangka waktu yang didapat, hingga pengenaan suku bunga pinjaman.

Namun, ini akan sedikit menyulitkan bagi Anda yang memiliki skor kredit yang rendah. Anda masih mendapatkan pinjaman tapi dengan bunga yang lebih besar atau Anda diharuskan memberi jaminan tertentu.

Coba perhatikan contoh berikut ini!

Anda tengah membutuhkan dana darurat, mau tidak mau, Anda harus meminjam ke salah satu perusahaan fintech sejumlah Rp 12 juta dengan tenor 12 bulan.

Kabar buruknya, credit score Anda cukup rendah yaitu 510. Sedangkan teman Anda yang berada dalam kondisi sama seperti Anda, memiliki skor lebih tinggi yaitu 750.

Dari skor tersebut terlihat bahwa Anda memiliki risiko yang cukup besar, sehingga Anda dikenakan bunga yang lebih tinggi yaitu 1,5% per bulan. Berbeda dengan teman Anda yang hanya dikenakan bunga sebesar 0,7% per bulan.

Pada akhirnya, total pengembalian dana pinjamannya pun berbeda. Anda harus mengembalikan pinjaman sejumlah:

= Rp12.000.000 + bunga 18% (1,5% x 12 bulan)

= Rp12.000.000 + Rp2.160.000

= Rp14.160.000 / 12 bulan

Jika dihitung kembali, Anda harus mengembalikan dana sebesar Rp1.180.000 flat per bulannya.

Sementara teman Anda:

= Rp12.000.000 + bunga 8,4% (0,7% x 12 bulan)

= Rp12.000.000 + Rp1.008.000

= Rp13.008.000 / 12 bulan

Itu berarti teman Anda hanya perlu membayar Rp1.084.000 flat setiap bulan.

Selisihnya lumayan besar yaitu Rp96.000 / bulan atau Rp1.152.000 / 12 bulan.

Sama halnya dengan pembelian kredit, perhitungannya kurang lebih persis seperti contoh di atas. Jadi, yuk mulai tingkatkan credit score Anda!


2
Bagaimana Cara Meningkatkan Credit Score?

Bagaimana Cara Meningkatkan Credit Score?

Setelah mengetahui apa itu credit score, pastinya Anda tidak akan berdiam diri dan mencari cara untuk menaikkan reputasi skor kredit Anda.

Masing-masing bank atau perusahaan fintech mempunyai metode perhitungan dan analisis yang berbeda. Selain melihat kuantitasnya, mereka juga akan melihat dari segi kualitasnya.

Nah, cara-cara berikut ini akan membantu Anda dalam meningkatkan skor kredit Anda menjadi lebih baik.

  • Sering Menggunakan Kartu Kredit

Siapa yang menyangka bahwa intensitas penggunaan kartu kredit ternyata dapat mempengaruhi reputasi credit score Anda. Jika Anda tidak pernah memanfaatkannya, maka tidak akan ada data yang terekam di sana.

Oleh karena itu, bagi Anda yang belum menggunakan atau bahkan belum memiliki kartu kredit, segeralah membuatnya lalu menggunakannya secara rutin. Ketidakpunyaan kartu kredit bisa menjadi kesalahan paling fatal yang dapat memperburuk skor kredit Anda.

Riwayat aktivitas yang terekam pada kartu kredit Anda akan mempengaruhi pinjaman dan cicilan Anda di masa mendatang.

  • Hindari Kebiasaan Menunggak Cicilan

Gunakan kartu kredit Anda sebaik mungkin. Jangan sampai Anda lalai dalam memanfaatkannya.

Jika Anda bisa memulainya dengan baik, maka akhirilah dengan baik pula. Kebiasaan menunggak bukan hanya bisa merugikan pihak kreditur, tapi juga Anda sendiri.

Oleh karena itu, berapapun jumlah utang Anda, biasakan bayar tepat pada waktunya. Dengan membayarnya sebelum atau saat jatuh tempo, maka skor kredit Anda bisa meningkat lebih tinggi. Sehingga Anda tidak perlu merasa kesulitan bila ingin mengambil pinjaman/cicilan baru setelahnya.

Rekaman data siklus pembayaran kredit menjadi salah satu pertimbangan kreditur dalam menilai kualitas Anda, yang tentunya akan mempengaruhi skor kredit Anda.

  • Memberi Jeda Setelah Kredit Ditolak

Sudah pasti Anda merasa kebingungan apabila permohonan pinjaman atau cicilan Anda ditolak oleh pihak kreditur. Solusinya, Anda bisa memberi jeda sesaat dan memeriksa kembali mengapa permohonan Anda ditolak.

Sambil memeriksa, gunakan waktu Anda semaksimal mungkin untuk melunasi cicilan utang Anda yang lainnya.

Jangan langsung mengajukan permohonan kembali tanpa memeriksa kesalahannya, itu hanya akan membuang-buang waktu Anda karena Anda akan ditolak untuk yang kedua kalinya.

Intinya, tingkatkan skor kredit Anda sebelum mengajukan pinjaman dana dan cicilan pembayaran produk. Karena semakin tinggi skor kredit Anda, maka semakin cepat proses persetujuannya.


3
Credit Score yang Bagus, Bukan Berarti Keuangan Anda Juga Bagus

4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda

Kesimpulannya, skor kredit merupakan sebuah penilaian dan pengukuran mengenai seberapa baik prospek pinjaman Anda.

Skor kredit tidak mencerminkan seberapa baiknya keuangan Anda. Bagi Anda yang memiliki skor kredit 700, mungkin saja keadaan finansialnya tidak sebaik orang-orang yang memiliki skor kredit 300.

Mengapa?

Karena kemungkinan besar, orang-orang dengan skor kredit tinggi mempunyai riwayat utang atau kredit yang besar dengan berbagai alasan tertentu. Sebaliknya, orang-orang dengan skor kredit rendah, kemungkinan terbebas dari utang untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Tentu saja, jika disuruh memilih, lebih baik Anda memiliki skor kredit yang rendah dan tanpa utang daripada skor kredit yang tinggi dan banyak utang.

Sebisa mungkin, jangan terobsesi dengan skor kredit Anda kecuali Anda memang membutuhkan nilai dari skor kredit untuk memperbesar peluang Anda mendapat pinjaman dana.

Cukup pertahankan dan fokus pada rencana anggaran biaya Anda untuk mencapai kondisi finansial yang bagus dan memuaskan.

Demikianlah, pentingnya credit score dalam memenuhi kebutuhan finansial Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat!



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app