[KoinPedia Bisnis] 6 Januari 2023 – Bedah Bisnis Sampingan Raja Sepak Bola Lionel Messi

KoinPedia edisi Bisnis kali ini akan membahas mengenai bisnis sampingan pemain sepak bola terbaik di tahun 2022, mengulik informasi mengenai alternatif pendanaan untuk UMKM dan juga alternatif metode pembayaran untuk kamu yang sering belanja dari luar negeri.

Ayo kita bahas satu per satu!


Bedah Bisnis Raja Sepak Bola, Lionel Messi

Bagi kamu yang juga penggemar olahraga, mungkin sudah enggak asing lagi sama pemain sepak bola yang namanya Lionel Messi.

Messi yang disebut-sebut sebagai pemain sepak bola terbaik tahun 2022 ini karena berhasil membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia di Qatar, ternyata punya beberapa bisnis sampingan yang ia jalani di waktu senggangnya.

Jadi, selain menjadi seorang pemain sepak bola profesional, dia juga berhasil mendatangkan cuan dari menjalankan bisnis-bisnis tersebut. Double cuan nih judulnya.

Nah, mari kita simak apa saja sih bisnis yang Messi punya.

Pertama, Messi punya bisnis hotel yang memiliki nama “MiM Hotels”.

Bisnis boutique hotel yang ia mulai di tahun 2017 ini dioperasikan oleh Majestic Hotel Group, dan saat ini sudah memiliki 5 cabang di Spanyol (Sitges, Ibiza, Mallorca, Baqueira, Sotogrande) dan 1 cabang lain di Andorra.

Kedua, Messi juga punya online shop yang diberi nama “The Messi Store”.

Sama seperti kebanyakan online shop dan e-commerce di sekitar kita, online shop punya Messi juga menyediakan beragam apparel, seperti jaket, baju, celana, aksesori, dan lain sebagainya.

Kemudian yang terakhir, Lionel Messi ternyata memiliki sebuah restoran di Barcelona, yang memiliki nama “Bellavista del Jardín del Norte” – yang mungkin artinya kurang lebih seperti “beautiful view of the north garden”. 

Kalau teman-teman penggemar Messi ada yang sempat berkunjung ke Barcelona, dan memang mencari kuliner khas Spanyol seperti churros dan paella, berarti restoran milik Messi ini adalah pilihan yang tepat.

Nah, itulah beberapa bisnis lain yang sedang Messi jalankan di luar kesibukannya bermain sepak bola.

Ada yang tertarik untuk memulai bisnis sampingan seperti Messi juga?

. . .

Bukan cuma Messi yang bisa punya penghasilan tambahan di luar profesi utamanya. Kamu juga bisa kok.

KoinWorks bahkan bisa bantu bisnis yang sedang kamu rintis, untuk mendapatkan pinjaman modal hingga total Rp2 miliar!

Penasaran? Yuk, langsung daftarkan bisnismu, dan gunakan fitur KoinBisnis dari KoinWorks!

Download KoinWorks sekarang!


Jangan Takut Bikin Usaha, Ada Alternatif Pinjaman untuk UMKM

Ngomongin tentang memulai bisnis sampingan seperti Messi, pasti akan terlintas di pikiran kamu mengenai masalah pendanaan.

Faktanya, kesulitan mendapatkan pinjaman modal ini cukup banyak dialami oleh pelaku bisnis UMKM di Indonesia, loh.

Hal ini biasanya karena para pemilik bisnis dan pedagang kecil belum terlalu paham mengenai pengetahuan, ketentuan, serta syarat-syarat mendapatkan bantuan maupun pinjaman, dari bank-bank konvensional dan institusi keuangan lainnya di Indonesia.

Nah, salah satu langkah alternatif yang bisa kamu ambil adalah melalui program pendanaan KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinBisnis memang hadir khusus untuk membantu para pemilik bisnis dalam mengembangkan bisnis mereka, dengan pinjaman modal hingga 2 miliar rupiah, tenor fleksibel hingga 24 bulan, dan tanpa agunan.

Sejauh ini, KoinBisnis telah berhasil menyalurkan pendanaan hingga total 14.5 triliun rupiah kepada 2 juta pengguna aktif, yang sedang mengembangkan bisnis mereka.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak informasinya di sini.

Mau langsung unduh aplikasinya, supaya kamu bisa lebih tahu apa saja fitur KoinWorks yang bisa bantu bisnis kamu selain KoinBisnis? Kamu bisa langsung klik di sini.


Bye, Kartu Kredit… Say Hi to NEO Card!

Pernah ada di posisi ketika kamu atau pasangan kamu kesulitan beli stok barang dagangan dari platform e-commerce luar negeri, karena enggak punya kartu kredit? 

Atau bahkan karena kartu kreditmu tidak bisa digunakan untuk international shopping?

Pastinya hal ini mengganggu banget, karena bisa memengaruhi aktivitas bisnis yang sedang kamu jalani.

Nah, kalau sudah seperti ini, tandanya sudah saatnya kamu punya alternatif kartu kredit yang bisa kamu pakai untuk beli barang dari luar negeri, tanpa ribet.

Contohnya seperti NEO Card dari KoinWorks. Layanan kartu virtual dari KoinWorks NEO ini bisa kamu jadikan alternatif kartu kredit; terutama untuk pembayaran dengan platform e-commerce atau marketplace dari luar negeri, seperti Amazon.

Jadi, kalau kamu sudah punya akun KoinWorks NEO, kamu tinggal aktifkan NEO Card dan top up saldo secukupnya. Setelah itu, NEO Card sudah bisa langsung kamu gunakan untuk berbelanja.

Belum punya akun KoinWorks? Yuk, unduh aplikasinya ke smartphone kamu, dan daftar sekarang!

Download KoinWorks sekarang!


RI 1 Support UMKM Bersama KoinWorks

Sebenarnya, apa yang membuat bisnis UMKM menarik untuk kamu jalankan?

Faktanya, dengan menjalankan & mengembangkan bisnis kecil, kamu enggak hanya dapat menambah penghasilan pribadi, tetapi juga secara tidak langsung menggerakkan perekonomian Indonesia.

Presiden Jokowi pun, dalam pidatonya di momen Penyerahan Kredit Usaha Rakyat di Istana Negara pada 19 Desember lalu, menyatakan bahwa sektor riil seperti UMKM masih terus bergerak dan berkembang cepat, membuatnya menjadi salah satu penopang andalan perekonomian Indonesia– terutama sejak sempat terguncang akibat gelombang awal pandemi 2 tahun lalu.

Maka dari itu, kedua peran sebagai pelaku bisnis dan investor tidak hanya menarik serta menguntungkan, namun nyatanya juga penting untuk perkembangan ekonomi secara keseluruhan di Indonesia.

Nah, khusus untuk kamu yang merupakan seorang pelaku bisnis, KoinWorks memiliki beragam layanan, yang setiap fiturnya memang didesain untuk membantu bisnismu mendapatkan kesempatan berkembang menjadi lebih besar.

Mulai dari layanan manajemen keuangan bisnis dengan layanan KoinWorks NEO, layanan pembayaran tagihan melalui KoinBill, hingga layanan pinjaman modal melalui fitur KoinBisnis.

Dengan KoinWorks, kamu tidak perlu lagi pusing mikirin pinjaman modal atau administrasi keuangan bisnismu; kamu tinggal fokus mengembangkan bisnis dengan melakukan beragam inovasi.

Bagi kamu yang ingin berinvestasi, KoinWorks juga memiliki layanan KoinP2P dan KoinRobo yang fokusnya adalah menyalurkan investasimu sebagai pendanaan bagi UMKM yang membutuhkan.

Dengan KoinP2P, kamu bisa berinvestasi dengan return rate hingga 18% per tahun, sementara KoinRobo menyediakan produk investasi yang risikonya lebih rendah, dengan return rate hingga 13% per tahun.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk KoinWorks lainnya, kamu bisa cek di sini.


Strategi Menjalankan Bisnis Restoran dari KoinWorks

Bagi kamu yang kebetulan sedang menjalankan sebuah bisnis restoran, berikut adalah beberapa strategi yang bisa kamu coba terapkan untuk mengembangkan bisnismu.

Silakan disimak!

5 Strategi Jitu dalam Membangun Bisnis Restoran

Apa saja strategi jitu yang bisa kamu gunakan untuk membangun sebuah bisnis restoran?

Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu mengetahui betul seperti apa strategi membangun bisnis ini, agar bisa berjalan lancar dan berkembang dengan pesat.

Beberapa di antaranya adalah strategi dalam memilih lokasi yang strategis, serta memanfaatkan media digital yang tepat untuk kegiatan pemasaran.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca di sini.

Baca selengkapnya di sini

Cara Menentukan Target Profit & Omzet Bisnis Restoran

Bagaimana cara yang tepat dalam menentukan target profit serta omzet pada sebuah bisnis restoran yang sedang kamu rintis?

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan target pendapatan dan keuntungan di bisnis restoran. 

Pertama, menentukan hari-hari yang berpotensi ramai dan harga rata-rata menu yang paling banyak terjual di momen tersebut.

Kedua, kamu bisa menentukan target profit dari perhitungan biaya langsung, tidak langsung, dan biaya operasional.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan lengkapnya di sini.

Baca selengkapnya di sini

6 Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis Restoran

Apa sebenarnya kunci sukses dalam menjalankan sebuah bisnis restoran?

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu kamu bisa mempelajari rahasia dan kiat dari bisnis serupa yang sudah cukup sukses.

Beberapa di antaranya adalah konsistensi dan fokus dalam menjalankan bisnis restoran.

Tanpa konsistensi dan fokus, kamu mungkin akan sulit mengembangkan bisnis restoran.

Beberapa kiat sukses lainnya bisa kamu simak di sini.

Baca selengkapnya di sini

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.