Mengenal Millenium Development Goals (MDGs) – Dalam dunia investasi, memang seorang investor tidak hanya memikirkan tentang bisnis apa yang akan ia tanami modal namun ia juga harus memiliki wawasan yang luas.

Tentunya, wawasan disini maksudnya adalah wawasan yang berhubungan dan bisnis, ekonomi dan perkembangan daya jual pasar terhadap produk yang menjadi fokus dirinya berinvestasi termasuk juga wawasan tentang MDGs atau Millennium Development Goals.

Baca Juga: Membangun Pendidikan di Indonesia dan Mencapai MDGs

Maka, bukanlah merupakan investasi mudah jika Anda juga ikut memikirkan dan mencari wawasan tentang beberapa hal tersebut di atas.

Definisi Millenium Development Goals (MDGs)

Ya, sudah selayaknya pengusaha atau investor juga mengetahui apa itu MDGs?Pembangunan Milenium atau Millennium Developments Goals (MDGs) merupakan sebuah Deklarasi Milenium yang merupakan hasil dari kesepakatan para kepala negara serta perwakilan 189 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). MDGs ini sudah mulai dijalankan dari bulan September tahun 2000.

Baca Juga: 7 Risiko Investasi Yang Perlu Diketahui

Dalam deklarasi tersebut ada 8 butir tujuan akan dicapai di tahun 2015. Adapun target globalnya adalah tercapainya kesejahteraan dan pembangunan masyarakat di tahun 2015.

Terget ini adalah sebuah tantangan utama bagi dunia. Oleh sebab itu, Deklarasi Milenium atau MDGs ini juga diadopsi oleh 189 negara, ditandatangani oleh 147 kepala pemerintahan serta kepala negara di waktu KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) Millenium yang berlangsung di New York pada September 2000. Pemerintah Indonesia juga turut hadir serta ikut ambil bagian dalam deklarasi ini.

Adapun 8 butir tujuan yang dimaksud adalah sebagai berikut;

1. Menanggulangi jumlah kemiskinan dan kelaparan;

  • Menurunkan jumlah kemiskinan
  • Meningkatkan pendapatan populasi dunia sebanyak $10000 dalam sehari

2. Pencapaian pendidikan dasar bagi semua

3. Mendukung kesetaraan gender serta pemberdayaan kaum perempuan

  • Target pada 2005 dan 2015 adalah mengurangi angka perbedaan serta diskriminasi jenis kelamin (gender) di tingkat pendidikan dasar juga menengah untuk tahun 2005 sedangkan di tahun 2015 adalah untuk semua tingkatan

4. Menurunkan jumlah kematian anak

  • Target di 2015 ialah untuk mengurangi 2/3 angka kematian pada anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun.

5. Meningkatkan kesehatan para ibu

  • Target di 2015 ialah mengurangi 2/3 rasio kematian ibu ketika proses melahirkan

6. Menanggulangi HIV/AIDS dan, malaria termasuk penyakit menular lainnya

  • Target di 2015 ialah menghentikan serta memulai tindakan pencegahan penyebaran virus HIV/AIDS dan malaria termasuk jenis penyakit berat lainnya

7. Menjaga kelestarian lingkungan hidup

  • Mengintegrasikan semua prinsip pembangunan yang bersifat terus menerus dalam setiap kebijakan dan program negara serta mengurangi jumlah hilang atau menurunnya sumber daya lingkungan.
  • Tahun 2015 diharapkan akan mengurangi setengah dari seluruh jumlah penduduk yang tidak memiliki air minum sehat.
  • Tahun 2020 diharapkan akan mencapai pengembangan signifikan untuk kehidupan paling tidak 100 juta orang yang masih tinggal di lingkungan kumuh.

8. Mengembangkan langkah kemitraan global dalam rangka pembangunan

  • Mengembangkan perdagangan terbuka lebih jauh lagi serta sistem keuangan dengan dasar aturan, bisa diterka juga tiada diskriminasi. Meningkatkan komitmen pemerintahan, pembangungan serta pengurangan jumlah kemiskinan baik nasional maupun internasional.
  • Membantu berbagai kebutuhan khusus negara yang kurang berkembang termasuk kebutuhan khusus berbagai negara terpencil serta berbagai kepulauan kecil.
  • Dengan cara komprehensif mengupayakan persetujuan terkait masalah utang negara berkembang.
  • Menghadapi dengan cara komprehensif bersama negara berkembang untuk masalah hutang dengan pertimbangan nasional serta internasional sehingga hutang dapat ditanggung dengan waktu lama.
  • Mengembangkan berbagai jenis usaha produktif yang bisa dijalankan oleh pemuda.
  • Bekerjasama dengan pihak “pharmaceutical“, untuk menyediakan akses obat yang penting dan terjangkau bagi negara berkembang
  • Bekerjasama dengan pihak swasta untuk membangun upaya agar ada penyerapan keuntungan dari berbagai teknologi baru, utamanya adalah teknologi informasi dan juga komunikasi.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa MDGs adalah salah satu cara atau deklarasi yang berisi tentang komitmen dunia bukan hanya tentang investasi mudah di masa sekarang tetapi juga untuk investasi jangka panjang bagi seluruh kehidupan manusia.

Oleh sebab itu, berbagai program serta kebijakan negara didasarkan kepada keputusan MDGs ini.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.