Banyak orang baru mulai memikirkan investasi ketika mereka telah memasuki usia yang kurang produktif. Padahal tujuan utama dari berinvestasi bukankah untuk mempersiapkan keuangan terutama saat kita sudah tua dan dalam usia yang tidak produktif lagi. Beberapa orang lainnya belum berani memikirkan investasi karena memikirkan dari mana mereka bida mendapatkan modal untuk berinvestasi karena menurut mereka investasi pastinya membutuhkan modal yang tidak sedikit padahal saat ini kebutuhan hidup mereka sudah cukup menyulitkan keuangan mereka. Anda sebaiknya menyisihkan pemikiran-pemikiran tersebut dan mulai memikirkan investasi untuk masa depan Anda mulai dari sekarang terutama saat Anda masih dalam usia produktif yang mana Anda masih memiliki kesempatan lebih luas untuk menggapai lebih banyak kesuksesan. Salah satu investasi yang bisa menjadi pilihan dan kini juga menjadi salah satu hal yang sangat populer adalah reksadana.

Reksadana adalah kumpulan dari dana-dana yang dikelola untuk membeli obligasi, saham, ataupun instrumen keuangan lainnya. Salah satu kemudahan yang yang ada pada reksadana adalah terdapat pada investasi ini tidak memerlukan modal sebagaimana ketika Anda berinvestasi saham. Sistem investasi ini juga terbilang sangat sederhana karena Anda hanya perlu untuk mempercayakan modal Anda kepada profesional yang akan dikelola untuk membeli saham. Adanya manajer investasi tersebut akan membuat investasi tersebut tidak akan memusingkan Anda. Dalam investasi tersebut, Anda hanya perlu menentukan reksadana apa yang Anda inginkan. Semua pengelolaan modal Anda adalah menjadi tanggung jawab dari manajer investasi.

Berinvestasi pada reksadana juga tidak membutuhkan dana yang besar karena ada banyak produk reksadana yang jumlah minimal pembeliannya pada kisaran lima puluh ribu hingga ratusan ribu. Nominal tersebut pastinya tidak akan memberatkan Anda. Dan, Anda sebaiknya juga memahami bahwa keuntungan dari investasi ini tidak terkait dengan besar ataupun kecilnya nilai pembelian awalnya. Hal ini lebih kepada bagaimana pengelolaan aset investasi tersebut oleh manajer investasi. Dengan melihat hal ini, Anda mungkin tertarik untuk berinvestasi reksadana.

Untuk memulai berinvestasi reksadana, Anda bisa mendatangi bank yang menyediakan jasa investasi reksadana ataupun mendatangi kantor manajer investasi. Ketika Anda sudah mengajukan aplikasi investasi reksadana, Anda akan menerima rekening investasi. Jumlah minimal investasi reksadana juga beragam hal ini sangat tergantung pada perusahaan manajer investasi. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda seperti apa. Selanjutnya, Anda sebaiknya memperhatikan biaya yang mungkin dikenakan pada tiap transaksi. Untuk cara yang lebih praktis, Anda bisa memilih layanan e-banking dalam bertransaksi reksadana.

Cara berinvestasi reksadana sangat mudah dan dengan kemajuan teknologi saat ini, Anda pastinya akan lebih mudah untuk mendapatkan beragam informasi yang Anda butuhkan terkait dengan investasi reksadana. Sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk berinvestasi reksadana, Anda sebaiknya menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang investasi tersebut termasuk berbagai jenis reksadana, tempat pembelian reksadana, ataupun hal-hal lainnya. Dan, Anda sebaiknya juga memiliki tujuan yang jelas mengapa Anda ingin berinvestasi reksadana tersebut sehingga Anda memiliki acuan target Anda seperti apa terkait investasi tersebut.

Meskipun investasi reksadana terbilang mudah untuk dilakukan bahkan juga menguntungkan, ketika pengelolaan aset investasi tersebut tidak tepat maka hal ini juga bisa menjadi sesuatu yang merugikan. Dalam memilih investasi reksadana sebaiknya tidak hanya berlandaskan karena tergiur dengan berbagai penawaran produk reksadana yang sepertinya menarik. Anda sebaiknya benar-benar menyelami bagaimana kinerjanya sehingga ini bisa menjadi investasi Anda untuk solusi keuangan Anda di masa mendatang.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.