Sebagai pebisnis atau pengusaha, tentu Anda tahu betapa pentingnya seorang investor untuk mensukseskan bisnis Anda ke depan. Modal atau dana investasi yang diberikan tentu akan membuat bisnis Anda semakin lancar. Namun, tidak semudah itu. Mendapatkan investor itu tidak mudah. Anda harus benar-benar meyakinkan investor jika bisnis yang Anda tawarkan memiliki nilai lebih dan akan memberikan keuntungan yang berlipat kedepannya. Jadi, harus dipahami bagaiman seorang investor akan memberikan dana investasinya.

Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar proyek atau bisnis yang Anda gagas akan diterima oleh investor. Perhatikan beberapa tips berikut ini.

Konsep atau Ide

Konsep yang Anda tawarkan kepada investor akan menjadi penilaian bagi investor apakah bisnis atau proyek Anda layak atau tidak untuk didanai. Pastikan bahwa konsep yang Anda tawarkan unik, kreatif dan tentu bukan jiplakan atau tiruan dari yang sudah ada. Konsep ini bahkan yang akan menjadi point pertama penilaian bagi investor. Jika konsep tidak menarik bahkan cenderung membosankan, maka sudah bisa dipastikan investor akan menolak. Buatlah konsep dengan perencanaan yang matang.

Perencanaan

Konsep saja tidak cukup. Anda harus membuat perencanaan proyek tersebut secara jelas dan detail. Perencanaan disini bisa berarti dalam banyak hal dari mulai konsep di atas kertas hingga action nanti ketika dana investasi diberikan bahkan skema penghitungan untung rugi juga termasuk dalam perencanaan. Dengan ini, seorang investor akan mudah menilai bagaimana perencanaan dari proyek yang bisa dilihat akan berhasil atau tidak. Investor bisa berpekulasi disini.

Sistem Manajemen

Suatu proyek dikatakan layak atau tidak untuk diberi dana investasi jika memiliki sistem manajemen yang bagus. Sistem manajamen ini bisa dalam banyak hal dari mulai manajemen keuangan, manajemen SDM atau pegawai, manajemen resiko, manajemen pemasaran, manajemen produksi, manejemen pengembangan dan manajemen pemulihan jika ada suatu masalah. Manajemen disini perlu ditekankan untuk meyakinkan investor yang akan memberikan dananya kepada proyek bisnis Anda.

Memahami Metode Penilaian

Ini sangat penting. Seorang investor akan menilai perusahaan atau proyek bisnis dari berbagai aspek. Aspek keuangan adalah hal uang paling penting karena berkaitan dengan modal yang diberikan serta keuntungan yang akan didapatkan. Mengetahui metode penilaian yang akan digunakan oleh investor bisa memberikan gambaran bagaimana proyek bisnis Anda akan dinilai layak atau tidak bagi mereka. Ada beberapa metode kelayakan yang biasanya digunakan, seperti;

  • Average Rate of Return (ARR)
  • Payback Periode (PP)
  • Net Present Value (NPV)
  • Profitability Index (PI)
  • Internal Rate of Return (IRR)
  • Return On Equity (ROE)
  • Return On Investment (ROI)
  • Return On Assets (ROA), dan
  • Rasio-Rasio Keuangan (rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas dan rasio profibilitas)

Tentu, setiap metode penilaian diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa mencari referensi lebih lanjut terkait metode-metode penilaian diatas. Memang tidak mudah, tapi jika Anda memahaminya, maka Anda bisa menilai bagaimana usaha atau proyek yang akan Anda jalankan dapat diterima oleh investor atau tidak. Dengan kata lain, dengan mengetahui metode ini, Anda juga bisa menilai apakah proyek yang Anda jalankan menguntungkan atau tidak.

Jenis Produk atau Proyek

Tentu, tidak ada proyek atau bisnis yang tidak memiliki produk. Produk disini bisa berupa wujud dari bisnis atau proyek. Produk juga bisa berupa barang atau jasa. Produk ini tentunya harus memenuhi kriteria calon investor seperti produk yang dibutuhkan banyak orang, produk yang tidak akan mati, produk yang menjawab masalah banyak orang dan lain sebagainya.

Gambaran Pasar

Tentu, hal yang paling urgen selain produk adalah gambaran pasar. Segmen pasar juga akan dinilai oleh investor apakah proyek akan berhasil sesuai dengan rencana dan memberikan keuntungan atau tidak. Jika pasarnya banyak, maka bisnis akan terus hidup dan bisa berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ditargetkan. Inilah pentingnya sebuah gambaran pasar untuk investasi bagi investor.

Dengan mengetahui beberapa hal yang akan dijadikan penilaian oleh investor, tentunya Anda akan dengan mudah menilai proyek tersebut secara pribadi sebelum dinilai oleh investor. Jika Anda lihat akan memberikan keuntungan, maka investor juga bisa miliki pandangan yang sama.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di: ย 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.