Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » 4 Ide Bisnis Masa Pandemi, Minim Modal Tapi Selalu Cuan!

4 Ide Bisnis Masa Pandemi, Minim Modal Tapi Selalu Cuan!

·
3 menit
4 ide bisnis yang tetap cuan di masa pandemi

Pandemi Covid-19 merubah segalanya. Pola hidup, cara belajar, jam kerja, dan tidak kalah penting pola perilaku masyarakat dalam berbelanja.

Berubahnya berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat Indonesia membuat semua orang harus beradaptasi, tidak hanya masyarakat tetapi juga para penggiat bisnis.

Berbagai bisnis cuan di masa pandemi terbuka potensinya dengan berubahnya perilaku masyarakat saat pandemi Covid-19.

Inilah 4 ide bisnis cuan di amsa pandemi yang bisa kamu tiru untuk menjadi sumber penghasilan atau penghasilan tambahan.


4 Bisnis Cuan di Masa Pandemi

Ini berbagai bisnis cuan di masa pandemi yang bisa kamu coba:

1. Bisnis Aplikasi Premium Legal

Salah satu perilaku masyarakat yang berubah jauh setelah pandemi adalah perilaku menonton film.

Pada saat normal sebelum pandemi, seringkali kita menonton film di bioskop bersama teman-teman.

Jumlah pengunjung bioskop dibatasi dan bahkan saat PPKM Mikro bioskop adalah salah satu fasilitas publik yang ditutup. Bagi para pecinta film, pilihan sekarang adalah dengan berlangganan aplikasi streaming film seperti Netflix atau Disney Hotstar.

Survei dari Media Partner Asia menyatakan bahwa ada sekitar 7 juta orang pengguna aplikasi streaming film on demand seperti Disney Hotstar, Netflix, VIU, & Vidio.

Terus bertambahnya pengguna layanan nonton streaming dari waktu ke waktu membuat bisnis ini menarik untuk kamu coba.

Jika kamu belum memiliki modal atau belum siap untuk terjun dalam bisnis ini. Bisa mencoba terlebih dahulu menjadi reseller aplikasi premium legal.

Selain tidak butuh modal, menjadi reseller juga membantu kamu mendapatkan pelanggan setia. 

2. Bisnis Kuliner Online

Saat pandemi, salah satu bisnis yang paling sukses adalah penjualan makanan online.

Momentum Works, perusahaan venture asal singapura tersebut mengumpulkan data bahwa nilai transaksi bruto atau gross merchandise value (GMV) layanan pesan antar makanan online GrabFood adalah sebesar 83 triliun Rupiah dan GoFood sebesar 28 triliun Rupiah pada tahun 2020.

Bisnis kuliner online memang sangat menjanjikan di masa pandemi. Perilaku konsumsi makanan masyarakat berubah karena tidak bisa lagi dine-in atau makan ditempat saat PPKM darurat dilaksanakan.

Masyarakat juga banyak yang memilih membeli makanan matang dibanding memasak karena resiko pergi ke pasar tradisional maupun pasar swalayan yang masih ramai pembeli.

Jika belum siap untuk memulai usaha kuliner online dari nol, bisnis cuan di masa pandemi yang bisa kamu coba adalah dengan membeli/menyewa franchise.

Usaha kuliner dengan metode franchise lebih mudah karena kamu tidak perlu memulai semuanya dari awal.

Resep makanan, brand yang sudah dikenal, dan sudah terhubung dengan berbagai aplikasi online adalah beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan metode franchise.

Tidak hanya makanan dan jajanan cepat saji, berbagai franchise minuman dan kopi kekinian juga tersedia.

3. Toko Pakaian Bekas (Thrift Shop)

Pandemi membuat sebagian besar masyarakat berkurang pendapatannya. Masyarakat harus mencari alternatif untuk kebutuhan mereka, termasuk kebutuhan sandang yaitu pakaian.

Pakaian preloved (bekas namun kualitas tinggi) menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin tetap tampil fashionable tanpa mengeluarkan uang yang banyak. 

Banyak orang akrab menyebutnya dengan thrift shop.

Untuk memulai bisnis ini, yang kamu perlukan adalah supplier pakaian. Selain bisa membeli di berbagai toko/pasar offline yang menjual pakaian bekas layak pakai, ada juga distro/industri pakaian yang menjual pakaian sisa eksport dan reject. 

Setelah mendapatkan pakaian yang untuk produk toko kamu. Jangan lupa untuk membuka online shop di e-commerce dan membuat sosial media, terutama Instagram. 

Toko pakaian thrift memang menjamur akhir-akhir ini. Tetapi jangan khawatir, peluang pasar masih sangat terbuka dan sangat kompetitif.

Tren fashion yang terus berubah, dan kemampuan kamu dalam melihat perubahan dalam tren fashion menjadi kunci dalam usaha ini. 

Tidak hanya foto pakaian yang bagus, memilih model, mix and match, dan memasang OOTD (Outfit of the day) dengan konsep yang menarik juga menjadi daya tarik lebih bagi toko pakaian thrift.

Jangan lupa cantumkan bahwa pakaian yang kamu jual sudah bersih dan steril. Kesehatan pembeli tetap nomor satu, apalagi saat masa pandemi.

4. Tutor dan Guru Les 

Satu lagi pola perilaku masyarakat yang berubah pada masa pandemi adalah pola belajar di berbagai tingkat pendidikan (SD, SMP, SMA, dan universitas). 

Sistem pembelajaran yang berubah menjadi online membuat murid harus beradaptasi dengan sistem yang baru.

Jam belajar yang berkurang juga membuat murid dan orangtua kewalahan, apalagi jika memiliki tujuan untuk masuk ke sekolah maupun universitas unggulan.

Menjadi tutor atau guru les bisa menjadi pilihan bisnis cuan pada masa pandemi. Dengan penawaran harga lebih terjangkau dari bimbel online, kamu dapat berbagi ilmu dengan adik kelas. 

Tidak hanya sebatas pelajaran sekolah, berbagai ilmu juga bisa kamu tawarkan sebagai guru/tutor seperti menjadi Bahasa Korea, pemrograman, software desain grafis, dan lain-lain sebagainya.


Apa Bisnis Cuan di Masa Pandemi Pilihan Kamu?

Berbagai bisnis cuan di masa pandemi memiliki potensi yang tinggi.

Kebiasaan masyarakat yang sudah berubah di masa pandemi akan sulit untuk diubah kembali seperti semula meskipun pandemi berakhir. Ayo mulai bisnis dari sekarang!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​