3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Pensiun Dini – Zaman sudah berubah. Dulu, banyak orang yang bekerja sampai menginjak usia pensiun dan baru berhenti bekerja. Namun, sejak tahun 2000-an, banyak sudah orang atau karyawan yang memutuskan untuk pensiun dini.

Ada banyak alasan kenapa mereka memutuskan untuk berhenti bekerja. Ada yang menginginkan investasi mudah atau justru mengambil investasi yang lebih menantang seperti menjadi seorang pengusaha. Ada juga yang ingin berkarya di bidang lain.

Baca Juga:

5 Kesalahan yang Dilakukan Oleh Karyawan yang Pensiun Dini

Apapun langkah atau alasan Anda untuk memutuskan pensiun dini, ada 3 hal yang harus Anda pahami sebelum benar-benar pensiun walau usia masih produktif. Berikut catatannya;

3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Pensiun Dini

1. Memiliki Simpanan Cukup

Menurut ahlinya, jika Anda memutuskan pensiun dini, maka paling tidak Anda harus memiliki simpanan uang dengan jumlah 3 sampai 6 kali lipat dari biaya hidup bulanan Anda saat ini.

Jika biaya hidup Anda per bulan adalah 1 juta, maka paling tidak Anda memiliki simpanan dari 3 juta sampai 5 juta rupiah.

Baca Juga:

Strategi Untuk Pensiun Dini di Bawah 40 Tahun

Jumlah ini jika Anda ingin berhenti bekerja dan kemudian beralih profesi. Sehingga, jika Anda memutuskan berhenti, ada uang simpanan sebagai persiapan dalam mencari profesi baru.

Lebih baik lagi jika profesi baru tersebut sudah Anda miliki sebelum memutuskan pensiun dini dari profesi sebelumnya. Sehingga uang simpanan tidak akan terpakai.

Selain itu, jika Anda memutuskan untuk menjadi pengusaha, maka uang simpanan yang harus dimiliki lebih besar lagi. Yakni hingga 12 kali lipat dari biaya hidup bulanan Anda saat ini. Ini belum termasuk modal. Modal usaha tidak termasuk di dalam angka 12 kali lipat tersebut.

Artinya, selain harus mempersiapkan uang sejumlah 12 kali lipat dari biaya bulanan, Anda juga harus memiliki uang untuk modal usaha Anda. Jumlah modal tergantung dari jenis usaha yang Anda jalankan.

2. Tentukan Strategi Jangka Panjang

Setelah Anda memiliki dana cadangan yang cukup baik untuk beralih profesi atau menjadi pengusaha, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan atau membuat strategi jangka panjang yang sudah seharusnya menjadi pertimbangan Anda ketika akan memutuskan pensiun dini.

Menurut ahlinya, Anda sudah seharusnya memiliki rancangan atau gambaran kehidupan Anda ke depan. Jika Anda tidak memiliki gambaran hidup di waktu yang akan datang, maka sebaiknya Anda mengurungkan niat dari pensiun dini.

Gambaran hidup di masa depan memang berkaitan erat dengan apa yang akan Anda lakukan nantinya jika sudah melepas pekerjaan sekarang. Ini bukan berarti tentang pekerjaan apa yang selanjutnya Anda cari karena hal itu adalah langkah untuk jangka pendek.

Sedangkan langkah jangka panjang lebih pada di masa depan apa yang Anda inginkan atau kehidupan yang bagaimana yang Anda mau.

3. Lakukan Perubahan Gaya Hidup

Jika Anda memutuskan untuk pensiun dini, maka Anda harus bisa membuat penyesuaian gaya hidup Anda. Anda memiliki kebutuhan primer yang harus diutamakan serta dipenuhi sedangkan kebutuhan yang dirasa kurang penting bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan.

Jika saat ini Anda memiliki kebiasaan menonton film sebanyak 4 kali dalam satu bulan, maka sudah sewajarnya ketika pensiun dini Anda akan mengurangi menjadi satu kali dalam satu bulan atau bahkan menghilangkan karena dirasa tidak perlu.

Anda harus mempertimbangkan banyak hal terkait dengan penggunaan uang Anda. Pensiun dini memang bagi beberapa orang menjadi solusi untuk meraih sukses di masa depan, tapi bagi sebagian yang lain bisa sebaliknya yang terjadi karena kurang persiapan dan pengelolaan keuangan juga tidak baik.

Baca Juga:

Tips Memulai Bisnis Sebelum Pensiun

Alhasil, penghasilan bulanan tidak diterima, masa depan juga tidak jelas. Maka pertimbangkan baik-baik ketika akan memutuskan untuk pensiun dini.

Jika keputusan Anda sudah bulat dan ingin menjadi pengusaha, Anda juga sudah sewajarnya mempersiapkan diri untuk menjadi pengusaha. Hal ini karena menjadi pengusaha adalah sesuatu yang berbeda dengan menjadi karyawan.

Ini juga bukan langkah sebagai investasi mudah, karena dunia usaha memiliki banyak resiko walau keuntungan yang didapat juga bisa banyak. Perbanyak informasi, wawasan serta mintalah saran kepada mereka yang sudah terlebih dahulu terjun ke dunia bisnis sehingga Anda akan tahu pahit manisnya menjadi pengusaha.

Untuk melengkapi proses ini, Anda juga bisa mencoba berinvestasi di sistem Peer to Peer Lending KoinWorks. Di KoinWorks, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang relatif tinggi sembari mendukung pendanaan atas beragam kebutuhan peminjam.

Tertarik untuk mulai berinvestasi di KoinWorks?

Daftar Sekarang



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?