4 Tips Meeting Sukses ala Steve Jobs, Yuk Lakukan Kepemimpinan Efektif! – Steve Jobs adalah orang yang dikenal karena pertemuan yang dilakukannya sangat menginspirasi dan ia bertujuan untuk menyatukan semua orang agar bisa bekerja sama secara harmonis.

Sebagai seorang pemimpin sudah seharusnya Anda meniru cara Steve Jobs dalam menyelenggarakan rapat.

Berikut ini kami telah merangkum tentang 4 tips meeting sukses ala Steve Jobs yang bisa Anda terapkan, terutama saat sedang ingin membahas hal penting bersama rekan kerja Anda.

Simak pembahasannya di bawah ini.

4 Tips Meeting Sukses ala Steve Jobs, Yuk Lakukan Kepemimpinan Efektif!

1Mempunyai Tujuan Rapat yang Jelas

Tips meeting sukses ala Steve Jobs yang pertama adalah Anda harus mengetahui apa masalah yang terjadi dan tujuan yang akan dicapai.

Sangat penting untuk memiliki visi yang jelas tentang apa yang akan dicapai agar anggota tim yang lain mengetahui untuk apa mereka ada disana.

Baca juga: Kisah Steve Jobs Mendirikan Apple

Steve Jobs mengetahui dengan jelas apa yang diinginkannya dan mengapa anggota tim berada di sana.

Steve Jobs memiliki sikap antusias, bersemangat, dan percaya dengan apa yang akan dilakukannya. Sikap seperti ini akhirnya akan menular pada anggota tim untuk melakukan hal yang sama.


2Membuka Kesempatan untuk Berbeda Pendapat

teman-bisnis-visi-misi - membangun bisnis keluarga

Steve Jobs tidak takut untuk mendengarkan anggota tim yang lain dan mendorong mereka untuk mengungkapkannya.

Jika ada anggota tim yang mengatakan tidak setuju dengan ide yang disampaikan, mereka harus bisa memberikan alasan mengapa ide tersebut tidak baik dan alasannya harus diungkapkan.

Dengan cara seperti ini, ia menantang anggota tim yang lain untuk berpikir secara berbeda dan belajar menantang diri sendiri untuk mengungkapkan ide-ide yang hebat.


3Mengetahui Apa yang Harus Dilakukan Selanjutnya

meeting kerja kantor pemimpin manajer

Kunci keberhasilan rapat adalah setiap anggota tim mengetahui apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Mengetahui apa yang harus dilakukan memungkinkan anggota tim untuk melakukan yang terbaik.

Hal ini sangat penting dilakukan karena anggota tim tidak selalu bisa mengandalkan seorang pemimpin untuk memberi tahu mereka tentang cara melakukan sesuatu. Namun, mereka mengetahui dengan jelas seperti apa hasil akhir yang diharapkan.


4Jangan Berfokus Pada Kesalahan di Masa Lalu

Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan (3) - kerja - meeting

Kesalahan yang pernah dilakukan bisa dijadikan sebagai batu loncatan untuk meraih kemenangan.

Dalam setiap pertemuan yang dilakukannya, Steve Jobs tidak ingin terus mendengar tentang apa yang tidak berhasil sebelumnya dan masalah apa yang dialami. Sebaliknya, hal yang ingin didengarkannya adalah tentang peluang baru yang terbentang luas di hadapan mereka.

Baca juga: 7 Kualitas Pemimpin yang Membuat Mereka Disenangi Karyawan

Seseorang harus percaya bahwa kesuksesan hanya bisa diraih dengan terus berusaha dan berjuang untuk mendapatkannya.

Kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu bukan menjadi tujuan utama dalam pertemuan atau rapat yang diadakan. Anda harus terus bergerak maju dan jangan pernah membiarkan kesalahan di masa lalu menghalangi seseorang untuk berkembang.

Melakukan 4 tips meeting sukses ala Steve Jobs di atas memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan rapat atau pertemuan lebih efektif. Jangan sampai rapat yang dilakukan hanya sekedar pertemuan tanpa adanya tujuan jelas tentang apa yang akan dicapai.

Selain mengetahui cara mengadakan rapat yang efektif, seorang pemimpin juga perlu meningkatkan keterampilan dan kapasitas diri di berbagai bidang. Misalnya saja mengembangkan keterampilan komunikasi, interpersonal, atau leadership.

Baca juga: 5 Kesalahan Kepemimpinan yang Sering Dilakukan dan Cara Mengatasinya

Bukankah mengikuti pendidikan membutuhkan biaya yang mahal?

Benar, namun Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. KoinPintar akan membantu Anda dengan pinjaman dana khusus pendidikan yang menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan saja.

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Kemudahan di atas dapat terjadi karena KoinPintar memiliki tujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya yang mahal.

Hal yang lebih penting lagi adalah bagi Anda yang ingin mengikuti pendidikan formal, KoinPintar juga bisa menyediakan pinjaman dana yang bisa dimanfaatkan.

Pelatihan dan pendidikan yang diikuti memungkinkan seorang pemimpin untuk meningkatkan kapasitas diri. Sehingga pada akhirnya bisa menjadi seorang pemimpin yang jauh lebih baik dan efektif.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.