5 Solusi Untuk Atasi Sifat Impulsif dalam Berbelanja

5 Manfaat Terbebas dari Utang - 5 Cara Menghentikan Kebiasaan Berbelanja Secara Impulsif

5 Solusi Untuk Atasi Sifat Impulsif dalam Berbelanja – Berbelanja memang sudah menjadi sebuah kebiasaan yang menyenangkan. Namun, apakah memiliki sifat impulsive dalam berbelanja itu baik?

Impulsive dalam berbelanja adalah seseorang yang tidak dapat menahan diri untuk berbelanja secara tiba-tiba tanpa berpikir panjang dan dapat berbelanja dalam jumlah banyak.

Mungkin Anda juga pernah melakukan hal tersebut, datang kesebuah toko atau bahkan warung. Tanpa rencana dan berpikir panjang langsung membeli yang seharusnya tidak dibeli.

Baca Juga: 5 Sikap Buruk yang Membuat Anda Gagal dalam Finansial

Namun, apa jadinya kalau barang yang dibeli adalah barang yang berharga selangit seperti tas-tas bermerek bahkan mobil?

Memiliki sifat impulsif dalam berbelanja ini sangat berdampak buruk terhadap keuangan hingga memiliki perasaan bersalah karena membeli barang yang tidak terlalu berguna dan lain-lain.

Nah, untuk menghindarinya berikut ini adalah 5 solusi untuk atasi sifat impulsif dalam berbelanja.


5 Solusi Untuk Atasi Sifat Impulsif dalam Berbelanja

Membuat Anggaran Berbelanja

sifat impulsif dalam berbelanja - catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan - mitos anggaran keuangan

Secara senderhana Anda telah merencanakan apa saja pengeluaran yang harus dilakukan beserta estimasi jumlahnya. Ketika telah membuat pos-pos pengeluaran, hal tersebut akan memudahkan Anda ketika telah mendapatkan uang pendapatan.

Anda bisa membaginya di beberapa rekening yang dimiliki sesuai dengan pos pengeluaran yang telah direncakan.

Baca Juga: 5 Cara Menolak Ajakan Teman Menghabiskan Uang Pada Hal yang Tidak Penting

Atau ada cara sederhana yang dapat dilakukan, Anda hanya membutuhkan beberapa buah amplop. Kemudian, di amplop tersebut sudah tertulis sesuai dengan pos-posnya.

Misalkan, tedapat 3 buah amplop, amplop pertama bertuliskan Listrik, amplop ke 2 bertuliskan Belanja Bulanan, amplop ke 3 bertuliskan Transportasi.

Nah, masukan uang kedalam amplop tersebut sesuai dengan pos-posnya dengan nomilnal yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Usahakan uang tersebut cukup dan tidak lebih dari nominal yang telah direncanakan sebelumnya.


Membeli dengan Uang Cash

sifat impulsif dalam berbelanja - trik sederhana investasi uang Rp20 ribu - 3 Cara Sederhana agar Lebih Cerdas Mengatur Keuangan - 5 Pola Pikir Tentang Uang yang Harus Dimiliki Semua Orang, Sudah Memilikinya?

Dengan menggunakan uang cash Anda lebih dapat mengontrol pengeluaran. Misalkan dalam seminggu Anda menyiapkan uang 500ribu didalam dompet.

Nah, usahakan memang hanya 500ribu itu saja yang benar-benar digunakan dan tidak mengutak-atik kartu debit atau kredit Anda.

Baca Juga: 5 Trik Keuangan yang Bisa Membuat Kehidupan Anda Lebih Bahagia

Banyangkan ketika Anda sedang berbelanja yang memang hanya membutuhkan uang cash dan kebetulan sekalu yang cash yang dimiliki tidak cukup, maka Anda harus mencari mesin ATM.

Hal tersebut dapat membuat Anda mengurungkan niat untuk berbelanja bukan?


Hapus Aplikasi Belanja Online

sifat impulsif dalam berbelanja - platform ecommerce - bisnis online - toko online - tips berjualan - marketplace lokal

Sebenarnya tidak ada salahnya berbelanja secara online, namun berbelanja secara online dapat memacu sifat impulsif dalam berbelanja. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya Anda menghapus aplikasi berbelanja online.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Oleh Semua Tim Sukses

Karena tanpa disadari, ketika sedang melihat-lihat situs belanja online kerap kali berakhir dengan membeli barang-barang yang sesungguhnya tidak dibutuhkan.


Berpegang Teguh Terhadap Komitmen

Anda harus memiliki komitmen yang kuat dengan diri sendiri untuk mengurangi sifat impulsif dalam berbelanja. Karena,  memiliki kebiasaan belanja secara impulsif bukanlah hal yang mudah untuk diatasi.

Jika yakin bahwa Anda mampu untuk mengatasinya dan mau mengubah kebiasaan ini, hal tersebut akan menjadi lebih mudah untuk dijalani.


Mencari Kesibukan Lain

olahraga - menyikapi kegagalan

Cobalah Anda mencari kesibukan lain yang lebih positif. Contohnya jika Anda menyukai olahraga cobalah mengikuti kelas yoga. Selain menyehatkan yoga juga mampu untuk menenangkan pikiran.

Baca Juga: 5 Langkah Efektif Untuk Mengajarkan Anak Sekolah Tentang Uang Saku

Ataupun bisa juga mengikuti komunitas yang sesuai dengan hobi Anda, sampai mengikuti kelas yang dapat memberikan hal baru yang positif untuk Anda.

Dengan demikian keninginan Anda untuk berbelanja  juga akan berkurang karena kesibukan lain yang dijalani.

Karena, memiliki sifat impulsif dalam berbelanja sangat mempengaruhi kondisi keuangan yang dapat berakhir buruk untuk masa depan finansial Anda.

Dari pada uang Anda habis begitu saja, ada baiknya mencoba untuk menginvestasikan uang tersebut. Dengan menginvestasikan sebagian dari pemasukan Anda, uang tersebut akan berputar dan akan menghasilkan bunga yang akan menguntungkan kedepannya.

Anda dapat mencoba menginvestasikan uang Anda dengan sistem peer-to-peer lending seperti di KoinWorks. Pendanaan dapat dimulai dari Rp100.000 saja dengan keuntungan hingga 23,32%.

KoinWorks juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, maka untuk kemanan sudah terjamin.

Yuk, mulai untuk mengurangi sifat impulsif dalam berbelanja dan tanamkan kebiasaan baik untuk masadepan finansial yang lebih baik lagi!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Devayanti Pardi

Devayanti Pardi

Content Creator at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.