5 Kesalahan Kepemimpinan yang Sering Dilakukan dan Cara Mengatasinya – Kepemimpinan yang efektif adalah kemampuan untuk memiliki visi yang jelas di masa depan dan kemampuan Anda untuk memotivasi dan menginspirasi orang di setiap bagian.

Jangan pernah percaya dengan kalimat bahwa pemimpin itu dilahirkan, sebab kepemimpinan membutuhkan pembelajaran yang berkelanjutan dan latihan agar menjadi seorang pemimpin yang efektif.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif. Selain itu, Anda juga harus sadar dengan masalah dan kesalahan yang dihadapi seorang pemimpin.

5 Kesalahan Kepemimpinan yang Sering Dilakukan dan Cara Mengatasinya

1Tidak Memiliki Waktu untuk Anggota Tim

Manfaat bahasa Inggris adalah meningkatkan potensi kerja

Seorang pemimpin sudah seharusnya mampu untuk memberikan umpan balik atas setiap pekerjaan yang dilakukan oleh anggota tim mereka.

Saat Anda tidak memberikan umpan balik kepada mereka, maka anggota tim tidak akan mengetahui letak kesalahan dan tidak akan ada upaya untuk meningkatkan kinerja.

Solusi terbaik yang bisa Anda lakukan sebagai seorang pemimpin adalah teruslah memberikan umpan balik kepada anggota tim, baik itu positif atau negatif.

Atur waktu untuk bertemu dengan semua anggota tim lebih sering dan biarkan mereka mengetahui apa yang telah mereka lakukan dan bagaimana bisnis berjalan.

Cara seperti ini akan mendorong anggota tim untuk bekerja lebih keras dari sebelumnya.


2Tidak Membagikan Tujuan Anda

visi bisnis - hal yang paling disesali pebisnis saat menjalankan usaha - risiko yang dihadapi pebisnis - 5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Berpindah Karier dan Pekerjaan - gagal - takut - sedih - 5 Alasan yang Membuat Seseorang Ragu Terhadap Diri Sendiri dan Cara Mengatasinya

Sudah seharusnya seorang pemimpin berbagi tujuan dengan anggota tim agar mereka mengetahui apa yang sedang dikerjakan.

Jika Anda tidak berbagi, maka ada banyak kebingungan dalam pikiran mereka, sebab mereka tidak mengetahui apa yang harus dicapai pada akhirnya.

Selain itu, mereka juga tidak akan mampu untuk memprioritaskan pekerjaan yang dilakukan.

Baca juga: 7 Keterampilan yang Perlu Dimiliki Seorang Supervisor Hebat, Jadilah Pemimpin yang Lebih Baik!

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memiliki tujuan dan sasaran yang jelas serta membagikan tujuan tersebut dengan anggota tim yang lain.

Dengan demikian, anggota tim bisa menetapkan target yang harus mereka penuhi.


3Anda Tidak Menjadi Contoh

ahli statistik jurusan matematika

Setiap perusahaan dan organisasi pasti telah menetapkan aturan dan kebijakan yang harus diikuti.

Hal yang aneh adalah banyak pemimpin yang menetapkan kebijakan tentang berbagai hal dan harus diikuti oleh semua anggota, tetapi ia sendiri melanggar kebijakan tersebut. Saat Anda melakukan hal ini, maka akan sangat mengecewakan anggota tim.

Baca juga: 3 Langkah yang Akan Membantu Anda Menjadi Seorang Pemimpin Karismatik

Hal yang harus diingat di sini adalah anggota tim pasti akan memperhatikan. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjadi seorang pemimpin yang mampu memberikan teladan kepada mereka.

Jika Anda ingin menerapkan sesuatu hal, maka mulailah dengan diri Anda terlebih dahulu agar anggota tim yang lain berjalan mengikuti.


4Salah dalam Memimpin

orang kantor berkomunikasi di kantor - 4 Faktor Kepemimpinan yang Membuat Kinerja Tim Tidak Berkembang

Beberapa pemimpin banyak yang mengubah karakter dan sikap, saat mereka mendapatkan posisi sebagai seorang pemimpin.

Hal ini mereka lakukan karena ingin menunjukkan kepada banyak orang bahwa mereka bertanggung jawab atas peran yang didapatkan.

Jangan sampai karakter Anda berubah menjadi pemimpin yang suka memerintah dan banyak memperlihatkan hal yang negatif kepada anggota tim yang lain.

Terapkan pendekatan yang lain dan jangan bekerja dengan cara aroran sebagai seorang pemimpin.


5Tidak Memberikan Motivasi

7 Alasan Mengapa Banyak Orang Gagal, Jadilah Seorang Pemenang!

Motivasi harus selalu ada di dalam anggota tim agar mereka bisa bekerja dengan efektif dan mereka sadar bahwa pemimpin peduli dengan kesejahteraan mereka.

Motivasi tidak hanya tentang finansial saja, sebab ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Bisa dengan memberikan jam kerja yang fleksibel atau sekedar memberikan pujian untuk pencapaian yang telah didapatkan.

Teruslah menjaga motivasi bekerja para anggota tim dan menginspirasi mereka untuk bekerja melalui masa-masa sulit.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Pemimpin yang Dihormati, Bukan Ditakuti

Itulah 5 kesalahan kepemimpinan yang banyak dilakukan oleh para pemimpin saat ini. Pembahasan di atas bisa Anda gunakan untuk memperbaiki diri agar bisa menjadi sosok yang lebih baik dalam memimpin perusahaan dan organisasi.

Atau Anda juga bisa mengikuti pendidikan atau pelatihan kepemimpinan agar mendapatkan kompetensi yang jauh lebih baik sebagai seorang pemimpin.

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan dan pelatihan yang mahal, sebab Anda bisa menggunakan dana pinjaman pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar.

Pinjaman dana yang ditawarkan oleh KoinPintar memiliki suku bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Selain itu, pinjaman tersebut juga bisa Anda bayarkan dalam jangka waktu 12 bulan ke depan. Hal ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut? Klik halaman berikut ini, ya!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.