Mau Membuat Feedback Negatif Menjadi Profit? Baca Tips Berikut! – Mendapatkan ulasan negatif adalah mimpi buruk bagi sebuah bisnis. Mengapa demikian?

Tentunya melalui ulasan negatif ini dapat membuat calon pelanggan tidak ingin membeli produk atau jasa Anda karena terpengaruh denan kritik negatif yang diberikan konsumen lain.

Baca Juga: Bisnis Semakin Laris, Begini 4 Cara Membuat Konsumen Terus Mengingat Bisnis Anda

Hal ini tentunya dapat secara drastis menciptakan penurunan pada bisnis Anda. Sebuah survei yang dilakukan oleh BrightLocal menemukan bahwa dua dari tiga calon pelanggan membentuk opininya setelah membaca hanya empat ulasan.

Dalam kasus yang ekstrim, perusahaan bahkan dapat menuntut pelanggan yang melakukan penghinaan. Klaim dari pelanggan yang berlebihan tersebut secara signifikan mempengaruhi bisnis Anda.

Baca Juga: Menjajal Bisnis Franchise? Berikut 7 Strategi dan 10 Peluang Bisnis Franchise yang Wajib Anda Coba

Namun, hal ini pastinya akan terjadi pada semua orang. Sebagai pengusaha pemula atau yang berpengalaman, Anda mungkin akan mendapatkannya cepat atau lambat.

Jangan biarkan ulasan negatif itu menjadi akhir dunia; sebagai gantinya, belajarlah dari kesalahan dan menggunakannya untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih baik lagi.
Berikut adalah cara mengubah ulasan negatif menjadi tindakan positif bagi bisnis Anda:

3 Cara Membuat Feedback Negatif Menjadi Profit

1. Carilah Kesamaan

mencari kesamaan

Pertama, jangan terlalu keras pada diri sendiri untuk mendapatkan review negatif jika itu adalah pengalaman yang langka. Anda tidak bisa menyenangkan semua orang, dan tidak semua orang akan menyukai setiap aspek dari bisnis Anda.

Baca Juga: Ingin Bisnis Semakin Menguntungkan? Lakukan 5 Tips Ini Agar Penjualan Bisnis Online Meningkat

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua umpan balik yang diberikan pelanggan akan bermanfaat. Mengambil setiap review menjadi pertimbangan mendalam akan membahayakan produk atau layanan Anda.

Saat Anda membaca ulasan, mulailah dengan mencari tema atau keluhan yang berulang. Kata yang paling umum dalam ulasan online negatif adalah “kecewa”, menyiratkan bahwa pelanggan memiliki harapan yang lebih tinggi daripada yang ditawarkan.

Setelah mengidentifikasi pola, cari tahu produk atau layanan apa yang menyebabkan masalah pada pelanggan Anda.

Baca Juga: Agar Strategi Marketing Anda Terpenuhi, Coba 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik Ini

Setelah menentukan aspek bisnis Anda yang perlu diperbaiki, Anda perlu melakukan brainstorming solusi dan mempertimbangkan hasilnya.

Misalnya, jika Anda mengalami masalah layanan pelanggan, pertimbangkan langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki staf Anda.

Apakah mereka membutuhkan pelatihan ekstra? Tindakan disiplin jika kinerjanya buruk, atau bahkan penghentian bekerja?

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Maka Konsumen Akan Selalu Melakukan Pembelian Dengan Anda!

Hal paling penting adalah belajar dari umpan balik negatif. Jangan menganggapnya terlalu pribadi. Pada akhirnya, kritik keras (publik) semacam ini hanya bertindak sebagai kerangka kerja agar perusahaan Anda dapat terus berkembang.

2. Tanggapi Dengan Cepat

hukum mendengarkan - mendengarkan keluhan pelanggan - mendengarkan feedback

Langkah selanjutnya untuk membuat feedback negatif menjadi profit adalah menanggapi keluhan secara profesional. Ketika pelanggan mengalami masalah dalam mengirimkan ulasan atau mencoba melakukan kontak melalui media sosial, mereka mengharapkan jawaban Anda secara cepat. Lebih dari 40 persen menginginkan jawaban dalam waktu satu jam!

Baca Juga: Pelajari Tips Ini Sebelum Menggunakan Jasa Endorsement dari Influencer

Pastikan Anda membaca semua ulasan orang secara online. Saat merespons, cobalah untuk memberikan jawaban yang bijak.

Mohon maaf, jika memang diperlukan dengan mengatakan bahwa Anda menyesal atas pengalaman mereka, dan jelaskan bagaimana hal ini tidak biasa terjadi dalam bisnis Anda. Pertimbangkan untuk menawarkan penawaran khusus atau diskon untuk pembelian, jika berlaku.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Bisnis Online Anda dapat Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat

Menanggapi ulasan negatif tidak hanya akan membantu pelanggan yang tidak puas, hal itu dapat membantu mengembangkan bisnis Anda dan mempresentasikannya dalam cahaya baru.

Brand JetBlue adalah contoh fantastis tentang bagaimana menanggapi pelanggan. Mereka menjadi terkenal karena ketepatan waktu mereka dalam menangani pertanyaan dan keluhan di media sosial.

Alih-alih hanya menjawab pertanyaan, mereka menggunakan tanggapan ini sebagai sarana untuk mempromosikan citra perusahaan mereka dan juga merek mereka yang unik.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Orang suka melihat bisnis yang peduli dengan pendapat mereka. Cara terbaik untuk memadamkan api negatif adalah dengan menangani pelanggan (dan situasinya) secara berkelas dan profesional.

3. Mengambil Tindakan

Mengambil Tindakan - take action

Untuk membuat feedback negatif menjadi profit, saatnya Anda mengambil tindakan. Dalam hal ini, cobalah untuk menyesuaikan model bisnis Anda dengan pengalaman pelanggan. Setiap bisnis tentunya ingin dikenal sebagai orang yang mendengarkan pelanggan mereka.

Baca Juga: Biar ‘Lapak’ Anda Ramai Pembeli, Ikuti 7 Tips Ini Agar Bisnis Anda Diserbu Konsumen

Jika Anda memperhatikan pola umpan balik pelanggan maka Anda perlu mengambil langkah yang tepat untuk membuat perubahan positif.

Gagal mengambil tindakan dapat menyebabkan sejumlah konsekuensi jangka panjang dalam hal pembentukan opini pelanggan akan bisnis Anda.

Contoh bagus dari perusahaan yang mendengarkan dan belajar dari pelanggan mereka adalah mobile app Dragon Rivals.

Baca Juga: Memutuskan Untuk Resign? Lakukan Ini Agar Tetap Mendapatkan Penghasilan

Setelah awal rilis, banyak pelanggan menyatakan bahwa game itu terlalu sulit dan rumit. 1 Touch Studios, pembuat aplikasi, menerima saran rinci pelanggan mereka dan menyederhanakan permainan untuk pembaruan berikutnya.

Kemudian, mereka memastikan pelanggan mereka sebelumnya tahu. 1 Touch Studios menanggapi hampir setiap ulasan negatif yang meminta maaf atas pengalaman yang tidak diinginkan tersebut, dan menjelaskan perubahan yang telah dibuat untuk memperbaiki permainan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Versi terbaru dari Dragon Rivals segera mendapat peringkat lebih tinggi dan lebih banyak pelanggan yang puas karena mereka mendengarkan audiens mereka dan bereaksi dengan tepat.

Tinjauan negatif dapat memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap calon pelanggan. Namun, itu tidak berarti akhir untuk bisnis Anda.

Ciptakan reaksi yang tepat terhadap setiap ulasan negatif yang diberikan oleh pelanggan. Anggaplah ulasan negatif sebagai alat pengembangan bisnis.

Baca Juga: Terapkan 5 Strategi Ini Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Akan Bisnis Anda

Seperti Denis Waitley, penulis The Winner’s Edge, ia mengatakan bahwa, “Kegagalan seharusnya menjadi guru kita, bukan menjadi sesuatu yang menjatuhkan.”

Dalam bisnis, sangat tidak mungkin Anda bisa selalu memberikan pengalaman bintang lima kepada setiap pelanggan. Beberapa pengalaman buruk pastinya akan terjadi tak terduga. Ambillah masing-masing pengalaman sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Disaat Anda telah berhasil mengubah kritik negatif menjadi profit yang lebih banyak karena pelanggan telah menyukai produk atau layanan yang ditawarkan, maka tentunya bisnis Anda akan mengalami perkembangan yang jauh lebih besar.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Saat ini, Anda mungkin akan melakukan beberapa peningkatan kualitas, stok barang, jumlah karyawan, atau bahkan sekedar peningkatan peralatan untuk membuat hasil kerja lebih cepat. Itulah tiga cara membuat feedback negatif menjadi profit. mearik, bukan?

Apabila Anda kemudian membutuhkan bantuan pinjaman modal untuk meningkatkan semua hal tersebut lebih lagi, maka KoinWorks dapat menjadi solusi yang tepat untuk ini.

KoinWorks saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis Anda bukan? Ajukan pinjaman Anda sekarang juga!


Ajukan Pinjaman



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?