Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » 6 Cara Ampuh untuk Memahami dan Memperluas Pasar dalam Bisnis Sepatu

6 Cara Ampuh untuk Memahami dan Memperluas Pasar dalam Bisnis Sepatu

·
5 menit
cara memahami dan memperluas market bisnis sepatu

Permasalahan yang seringkali dialami UMKM bisnis sepatu di Indonesia terjadi karena hambatan pemasaran dan modal.

Salah satu solusinya adalah memperluas pasar yang termasuk dalam strategi peningkatan penjualan. Kamu perlu memahami cara memperluas market bisnis sepatu dengan penuh pertimbangan.

Berbicara tentang strategi, tentu kegiatan ini bukanlah sesuatu yang mudah.

Kamu perlu merancang berbagai elemen kemajuan bisnis agar penjualanmu semakin laris terjual. Untuk memahami caranya, simak artikel berikut dengan seksama.


Cara Memahami dan Memperluas Market Bisnis Sepatu

Inilah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memahami dan memperluas market bisnis sepatu:

Evaluasi Segmen Pasar Bisnis dan Buat Lebih Spesifik

Cara memperluas market bisnis sepatu yang pertama adalah mengevaluasi segmen pasar terlebih dahulu.

Dengan memahami target konsumen produk sepatumu sejak awal penjualan, maka akan terlihat pola atau spesifikasi target yang signifikan membeli produk sepatumu.

Dengan hasil evaluasi tersebut, kamu bisa membuat proses memperluas pasar menjadi lebih fokus dan terarah.

Sehingga untuk menentukan nilai keunggulannya jadi lebih efektif.

Pastinya semua tahu bahwa nilai keunggulan bagi setiap segmen pasar relatif berbeda. Oleh karena itu, evaluasi ini penting untuk membuat kategori pasar.

Rancang Nilai Keunggulan Produk Sepatumu

Setelah kamu memahami segmen pasar secara detail, kamu akan memahami nilai keunggulan apa yang akan mereka terima dan membuat mereka tertarik melakukan pembelian sepatu.

Kamu bisa menyesuaikan nilai keunggulan yang sudah ada dan menambahkan atau mengurangi sesuai dengan segmen pasar kamu.

Misalnya, bila kamu memiliki segmen pasar generasi milenial yang sangat menyukai seni lukis, maka kamu bisa menawarkan produk sepatu sneakers yang terdapat lukisannya.

Bisa juga kamu menyediakan jasa kustomisasi sepatu dengan mengukir nama konsumen karena tak ada lagi bisnis sepatu yang menyediakan layanan tersebut.

Hal lain yang bisa kamu pertimbangkan sebagai nilai keunggulan untuk produk sepatu adalah:

  • Harga yang bersaing
  • Kualitas bahan
  • Desain sepatu
  • Ketahanan dan elastisitas sepatu
  • Layanan kostumisasi
  • Kemasan yang menarik
  • Retur dan garansi

Pahami Ragam Sumber Pendapatan Bisnis Sepatumu

Cara memperluas market bisnis sepatu kamu lainnya adalah memahami terlebih dahulu macam-macam sumber pendapatan usahamu selama ini.

Pendapatan dari usaha bisnis sepatu bisa berasal dari penjualan, jasa reparasi sepatu, jasa tambahan seperti kustomisasi, dan lain sebagainya. 

Dengan memahami semua sumber pendapatan bisnis, kamu bisa membuat strategi pendapatan lebih baik.

Misalnya, kamu bisa menentukan harga jual produk sepatu lebih murah, namun kamu akan menambahkan biaya yang dikurangi tersebut pada jasa pengemasan atau bahkan kustomisasi. 

Strategi pendapatan yang tertata dengan baik, bisa mendatangkan konsumen menjadi jauh lebih banyak.

Dengan memahami sepenuhnya, kamu bisa memperluas pasar bisnis sepatu melalui cara menarik minat konsumen, baik secara promosi atau word of mouth dari pelanggan yang menyukai produk sepatumu.

Perhatikan Semua Jalur Distribusi Bisnis Sepatumu

Secara garis besar dalam pemasaran, terdapat dua jalur channel distribusi yaitu langsung dan tidak langsung.

Bentuk pemasaran konvensional yang banyak kita lakukan biasanya langsung. Produsen langsung menjual produknya kepada konsumen tanpa perantara.

Contoh jalur tidak langsung adalah reseller.

Selain itu kita juga dapat melihatnya dari segi online, offline, atau kombinasi keduanya. Distribusinya sendiri bisa kamu lakukan sebagai distributor, reseller, maupun dropshipper.

Dari jalur tersebut, kamu akan menemukan peluang jalur distribusi yang bisa kamu pakai untuk memperluas market bisnis sepatu.

Manfaatkan Digital Marketing Secara Maksimal

Bila kamu belum memiliki profil bisnis dalam sosial media, mulai sekarang buatlah. Media sosial merupakan bagian dari digital marketing bisa menjangkau market lebih luas.

Mengingat saat ini, pengguna internet cukup banyak, maka digital marketing adalah solusi memperluas market bisnis sepatu kamu. 

Memanfaatkan digital marketing secara maksimal tetap harus mempertimbangkan hal-hal yang sudah kamu lakukan di atas.

Pilihlah media yang sesuai dengan karakteristik segmen pasar. Misal, target konsumen kamu adalah orang berumur 40 tahun ke atas.

Maka, media yang kamu gunakan adalah Facebook.

Digital marketing cukup kompleks sehingga pastikan kamu memahaminya terlebih dahulu secara mendalam. Membuat konten harian dan konten promosi termasuk salah satu strategi menarik calon pelanggan.

Perluasan pasar secara digital dianggap lebih efektif karena bisa menjangkau lebih banyak namun tetap pada batasan bahwa segmen pasar harus spesifik.

Gunakan Strategi Manajemen Pemasaran dengan Rumus 4P

Ketika kita membahas mengenai cara memperluas market bisnis sepatu, fokus utamanya adalah melihat manajemen pemasaran dalam menarik calon konsumen baru.

Hal tersebut bisa kita identifikasi melalui strategi manajemen pemasaran yang menentukan jalannya bisnis agar tetap unggul dalam persaingan pasar.

Dalam merancang strategi tersebut, kamu memerlukan pertimbangan elemen utama yaitu 4P. Berikut adalah penjelasan mengenai 4P:

Produk

‘P’ yang pertama adalah product atau produk. Hal utama yang perlu kamu perhatikan dalam produk adalah nilai keunggulannya.

Di bagian paling awal kita sudah membahas mengenai nilai keunggulan produk. Penyesuaian nilai keunggulan produk sepatu dengan target konsumen adalah kunci utama keberhasilan bisnis sepatu.

Tahap pertama dalam membuat strategi adalah melihat segmentasi pasar yang menjadi targetmu. Kemudian, pada tahap kedua kamu sudah memiliki target tersebut.

Tahap terakhir adalah positioning sebagai evaluasi bisnismu dengan kompetitor. Oleh sebab itu, kamu bisa menilai dan melakukan analisis SWOT produk kamu dengan melihat bisnis sepatu kompetitor sebagai acuan.

Price atau Harga

‘P’ yang kedua adalah price atau harga. Dalam menentukan harga jual pastinya cukup kompleks karena bisa mengikutsertakan berbagai macam hal seperti biaya produksi, bahan, biaya distribusi, biaya kemasan, dan lain sebagainya.

Sehingga dalam strategi pemasaran hal ini sangat menentukan target konsumen yang jadi segmen pasar.

Harga adalah sesuatu yang dapat membangun persepsi calon konsumen mengenai produk yang kamu jual. Nilai keunggulan produk dapat dilihat melalui harga.

Contohnya, target pasar bisnis kamu adalah generasi milenial yang tinggal di metropolitan. 

Standar harga sepatu sneakers di daerahnya adalah Rp600.000 ke atas, sedangkan kamu akan menjualnya dengan harga Rp120.000 saja.

Harga tersebut dapat menimbulkan persepsi yang kurang baik karena terasa “tidak eksklusif” atau “tidak premium” karena harganya terlalu terjangkau dan kurang relevan.

Place atau Tempat Penjualan

‘P’ yang ketiga adalah place atau tempat penjualan. Dalam memperluas market bisnis sepatu, kamu juga harus memperhatikan tempat penjualanmu baik itu online maupun offline.

Tempat penjualan juga mengacu pada bagaimana kamu menyalurkan sepatu hingga ruang penyimpanan sepatu.

Jika target pasar adalah kaum menengah ke bawah, manakah yang sebaiknya kamu pilih mal mewah atau toko biasa di pinggir jalan?

Tentu saja kamu akan lebih memilih toko biasa karena mereka terbiasa mengakses tempat yang lebih mudah mereka jangkau, bukan?

Begitu pula saat berjualan secara online. Pilihlah mana tempat yang sekiranya menjangkau target konsumenmu.

Apakah melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook, atau marketplace seperti Shopee? Semua hal tersebut menentukan perluasan pasarmu dalam jangka waktu panjang.

Promosi

‘P’ yang terakhir adalah promotion atau promosi. Tujuan promosi adalah meningkatkan kesadaran merek agar masyarakat tertarik membeli produk kamu.

Promosi menjadi bagian penting dalam strategi manajemen pemasaran terutama dalam memperluas market bisnis sepatu kamu. 

Dengan tujuan utama untuk menarik perhatian, maka dalam berpromosi semua pertimbangan harus cukup matang.

Alat promosi konvensional seperti plang, brosur, spanduk, dan sebagainya kerap digunakan. Seperti yang sudah kita baca di bagian digital marketing, kamu bisa menarik perhatian konsumen melalui pemanfaatannya secara maksimal.

Sebagai catatan, buatlah konten promosi yang membuat konsumen relate saat menerima informasi promosi.

Misalnya, kamu menyajikan konten promosi dalam media sosial mengenai sepatu sneakers yang dilukis dapat mengapresiasi para seniman.

Hal tersebut juga menarik minat seniman lainnya untuk mengajak lainnya secara persuasif karena konten promosi relate dengan mereka.


Siap Memperluas Market Bisnis Sepatu Kamu?

Setelah membaca artikel ini, kamu pasti menyadari bahwa dalam mendapatkan pasar yang luas perlu pemahaman yang mendalam mengenai bisnis sepatumu bukan?

Terlepas dari itu, strategi yang baik akan menghasilkan dampak yang baik untuk bisnis sepatu yang sedang kamu kelola saat ini.

Ingatlah selalu bahwa kamu selalu memiliki peluang dalam meningkatkan penjualanmu dengan berusaha seoptimal mungkin.

Untuk itu, jangan menyerah dan lanjutkan usahamu, ya!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​