5 Usaha yang Cocok Untuk Pensiunan – Setiap orang tentunya ingin hidup di usia pensiun dengan keadaan sudah mapan. Artinya, saat usia pensiun itu tiba, maka Anda sudah memiliki segalanya dan tinggal menikmati indahnya hidup bersama keluarga, anak dan cucu.

Namun, bukan berarti usia pensiun itu berhenti total dari aktifitas produktif. Ada yang menggunakan pinjaman pribadi sebagai langkah untuk mencoba membuka usaha di usia pensiun.

Ada juga yang menggunakan dana atau tunjangan pensiunnya untuk memulai bisnis. Pertanyannya adalah, jenis bisnis apa yang cocok di usia pensiun?

5 Usaha Yang Cocok Untuk Pensiunan

1. Usaha Properti

Usaha properti bisa dikaitkan dengan banyak hal. Jika Anda memiliki tempat tinggal atau rumah kosong, maka rumah itu bisa dijadikan kontrakan atau kos-kosan.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Tentunya, masa pensiun akan semakin indah jika keadaan rumah tidak sepi. Biasanya, di usia pensiun, anak-anak sudah memiliki keluarga masing-masing dan rumah juga sepi karena anak-anak sudah tidak bersama lagi.

Manfaatkan rumah tersebut untuk dijadikan bisnis kos-kosan atau kontrakan. Selain suasana rumah hidup kembali, juga akan ada pemasukan tambahan secara rutin.

Jika Anda memiliki lahan kosong, maka bisa disewakan juga untuk dimanfaatkan oleh orang lain dari mulai lahan parkir, tempat membuka usaha dan lain sebagainya.

Bisnis properti di usia pensiun memang menguntungkan. Anda juga tidak akan terlalu dipusingkan dengan berbagai hal.

Tapi, Anda harus tetap memperhatikan plus minus bisnis properti karena investasi di bidang ini juga memiliki kekurangan dibalik kelebihan yang akan Anda dapatkan.

2. Usaha Rental

Bisnis rental atau persewaan juga bisa Anda lakukan untuk mengisi usia pensiun agar tetap produktif. Rental disini bisa bermacam-macam dimulai dari rental mobil, motor atau sepeda.

Di tempat atau daerah wisata, sepeda onthel atau motor bisa dijadikan alat untuk membuka bisnis rental ini. Ada juga rental jenis yang lain tapi yang paling sesuai adalah rental kendaraan.

Di usia pensiun, bisa saja kendaraan yang Anda gunakan sudah menganggur atau tidak terpakai atau jarang sekali dipakai.

Daripada nganggur dan bisa cenderung mudah rusak karena jarang dipakai, ada baiknya memang jika kendaraan disewakan saja.

Membuka bisnis rental ini juga tidak terlalu memusingkan karena Anda cukup memiliki kendaraan sedangkan tempat atau kantor persewaan bisa dirumah atau tempat lain. Anda juga bisa menjalankan bisnis ini sendiri atau dibantu orang lain.

3. Usaha menurut hobi

Melakukan aktifitas yang sesuai dengan hobi memang sangat menyenangkan. Anda bisa merasa senang karena hobi tersalurkan dan tentunya Anda akan semakin menikmati usia pensiun Anda.

Nah, menjalankan bisnis sesuai dengan hobi maka menjadi nilai plus karena Anda tidak hanya melakukan hobi yang Anda suka melainkan juga mendatangkan banyak peluang.

Ada banyak contoh yang bisa Anda lakukan. Jika Anda hobi memancing, maka Anda bisa membuka kolam pemancingan. Ini hanya salah satu contoh karena ada banyak contoh lain.

4. Usaha menurut keahlian

Selain menurut hobi, ada juga bisnis yang bisa dijalankan sesuai dengan keahlian Anda. Tentu ini menarik. Jika Anda memiliki keahlian mengajar, maka Anda bisa membuka tempat bimbingan belajar.

Anda tidak perlu terjun langsung karena Anda bisa membayar guru privat atau staff yang bisa menjalankan bisnis bimbel ini.

Dengan sistem manajemen yang baik, bukan mustahil jika kemudian bisnis ini bisa menjadi besar. Contoh lain, jika Anda memiliki keahlian bidang seni, maka jadikan seni tersebut sebagai ladang bisnis.

5. Usaha membuka toko

Usaha ini sangat diminati oleh mereka yang sudah ada di usia pensiun. Pasalnya, usaha ini bisa dilakukan dirumah dan tentu tidak memerlukan banyak pikiran yang bisa membuat stress. Anda hanya menunggu pelanggan datang.

Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

Sambil menunggu, Anda bisa melakukan aktifitas yang Anda sukai dari mulai membaca buku atau hanya santai-santai saja. Toko di sini bisa berupa toko kelontong, toko mebel atau furniture, toko mainan dan lain sebagainya.

Dari beberapa poin di atas, Anda tentunya sudah bisa melihat peluang dari bisnis yang akan Anda jalankan. Anda mungkin saja tidak perlu pinjaman pribadi karena uang pensiun juga ada.

Jika tidak, maka mulailah bisnis dari yang kecil dengan dana seadanya agar Anda bisa melihat perkembangannya dengan baik serta mengetahui bisnis berjalan baik atau tidak.

Nah itulah 5 usaha yang cocok untuk pensiunan. Sudah mencobanya?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?


There are currently no comments.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.