Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Tips Jitu untuk Menarik Konsumen Baru dalam Bisnis Martabak

Tips Jitu untuk Menarik Konsumen Baru dalam Bisnis Martabak

·
4 menit
menarik konsumen baru bisnis martabak bisa dilakukan dengan promosi melalui media sosial

Kadangkala, memulai bisnis baru di bidang kuliner punya tantangan yang besar.

Termasuk bisnis martabak.

Terutama jika kamu belum punya pelanggan tetap dan belum terkenal di masyarakat.

Tentunya, kamu harus menyelesaikan masalah menarik konsumen bisnis martabakmu sesegera mungkin agar bisa tetap bertahan dan tidak gulung tikar di tengah persaingan yang ketat.

Pebisnis baru mulai melirik martabak sebagai lahan yang potensial.

Dengan begitu, kamu harus terus berinovasi demi menggaet konsumen yang sebanyak-banyaknya. 

Tips dan strategi di bawah ini sangat penting untuk membuat martabakmu laris manis dan keuntungan yang didapat kian meningkat.


Berinovasi Menambahkan Varian Rasa yang Beragam dan Unik

Menambahkan varian menu baru bisa kamu lakukan untuk membuat pelanggan semakin tertarik pada martabakmu.

Biasanya, pelanggan akan mencari warung martabak yang kaya rasa dan unik.

Kalau kamu menyediakan rasa martabak yang umum saja, pelanggan akan bosan. Alhasil, mereka akan mencari tempat baru yang menawarkan rasa yang unik dan berbeda dari martabakmu.

Untuk keperluan ini, kamu bisa melakukan sebuah riset-riset kecil. Salah satunya dengan mengetahui infromasi rasa-rasa yang pesaingmu tawarkan ke pelanggannya.

Dari riset ini kamu bsia membuat varian rasa yang lebih unik lagi dari pesaing yang lainnya.

Tujuan dari riset ini adalah untuk membuat pelanggan martabak semakin mudah mengingatmu. Jadi jangan takut untuk berinovasi dan memodifikasi resep dan varian rasa martabak yang sudah kamu punyai.

Kamu juga perlu melakukan riset secara berlaka agar mengetahui tren minat pelanggan yang biasanya berubah-ubah.

Menerapkan Konsep Warung yang Unik

Selain menu dan varian rasa martabak yang unik, tempat jualanmu juga harus unik. Salah satu hal yang membuat pelanggan terkesan terhadap bisnis martabakmu bisa jadi karena mereka merasa mendapatkan suasan baru ketika datang kesitu.

Pasalnya, sekarang konsumen bisa saja datang ke warung martabakmu bukan hanya untuk merasakan rasa martabak, tetapi juga berburu foto.

Kamu perlu mencobamembuat konsep warung martabak yang unik agar bisa membuat pelanggan semakin tertarik dan berdatangan.

Kalau bisa, buat warungmu seaneh mungkin karena ada kecenderungan konsumen suka sekali mencari tempat-tempat yang out of the box dan baru.

Selain itu, kamu perlu juga memikirkan konsep tersebut dengan lokasi warung martabak. Kamu bisa menyesuaikannya dengan keadaannya.

Misalnya, warungmu dekat dengan rumah sakit, kamu bisa merubahnya menjadi bergaya rumah sakit.

Pokoknya, membuat warung martabakmu menjadi tempat yang tidak pernah dipikirkan oleh konsumen sebelumnya.

Dengan ini, kamu bisa menarik konsumen bisnis martabakmu sebanyak-banyaknya. Jangan takut untuk mencoba dan selalu amati perkembangannya.

Menarik Konsumen Bisnis Martabakmu dengan Promosi Lewat Media Sosial

Setelah memikirkan soal menu martabak dan tempatnya, kamu harus mulai berpikir soal promosinya.

Di era serba digital sekarang ini, kamu tidak bisa bergantung pada promosi secara offline.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang tidak keluar dari rumahnya. Otomatis kamu harus memutar otak untuk menyiasatinya.

Kamu bisa memulai dari sekarang unutk memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk media promosi.

Banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk melakukan promosi ini, terutama lewat media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Dengan promosi lewat sosial, jangkauan audiensnya semakin luas. Hal ini karena hampir semua orang sekarang menggunakannya dengan aktif. Kamu juga bisa menggunakannya secara gratis alias cuma-cuma.

Aktivitas promosi martabak yang kamu lakukan menggunakan media sosial juga fleksibel. Artinya, kamu bisa melakukannnya dimana pun dan kapan pun.

Untuk membuat promosimu menjadi efektif, sangat disarankan untuk menggunakan sosial media yang familiar dan paling sering digunakan oleh pelanggan martabakmu.

Jangan lupa, kamu harus selalu meng-update segala daftar menu martabak yang dijual.

Selain itu juga kamu harus memberitahukan pada smeua orang lewat media sosial tentang cara pesan, harga, hingga tempat warung yang kamu miliki kalau ada.

Tampilkan juga foto-foto makanan kamu yang berkualitas tinggi dalam promosi di media sosial agar membuat pelanggan semakin tertarik.

Kamu perlu mencantumkan pula jargon warung yang gampang diingat agar nanti memberikan kesan yang baru bagi pelanggan.

Membangun Kerjasama dengan Layanan Pesan Antar

Promosi yang masif melalui sosial media harus dibarengi juga dengan kemudahan konsumen martabak untuk mendapatkannya.

Artinya, semakin mudah pelanggan mendapatkan martabakmu, bisa membuat pelanggan semakin tertarik kembali lagi memesannya di kemudian hari.

Begitulah cara yang bisa kamu gunakan untuk menarik konsumen bisnis martabakmu.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, orang biasanya membatasi diri untuk tidak pergi keluar rumah jika kurang mendesak.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan kerjasama dengan layanan pesan antar.

Hal ini bisa membuat konsumen merasa mudah dan praktis tanpa harus bersusah payah keluar dari rumah.

Kamu bisa memilih bermitra dengan GoFood dan GrabFood yang sudah terpercaya untuk urusan ini. Caranya pun mudah dan cukup memiliki gadget yang kompatibel.

Menjaga Kepuasan Bisa Menarik Konsumen Bisnis Martabak

Setelah menyimak semua tips yang disebutkan di atas, kamu perlu ingat satu hal lagi yaitu membangun kepercayaan pelanggan dan menjadikan kepuasaannya sebagai yang utama.

Jargon seperti, “Anda Puas, Kami Senang” atau “Kamu Kenyang, Kami Riang” bisa membuat pelanggan semakin tertarik dan menaruh kepercayaan kepadamu.

Orang mengatakan “pelanggan adalah raja” tentu saja bukan sekadar bualan. Kepuasan pelanggan selalu menjadi nomer wahid dan harus diusahakan setiap pebisnis.

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasa pelanggan adalah konsistensi rasa dan presentasi martabakmu.

Sebuah martabak yang dikemas secara menarik dan bersih akan membuat pelanggan semakin tertarik untuk membeli. Pilih juga kemasan yang aman bagi martabakmu sebagai bukti kepedulianmu kepada konsumen.

Tidak hanya jargon untuk menarik kepercayaan, nama brand martabak juga perlu dicantumkan di kemasan.

Dengan kamu menaruh nama brand martabak pada kemasan luar pelanggan bisa menilai dan mengenalimu dengan mudah.

Pokoknya, sebuah bisnis martabak yang mengedepankan kualitas nantinya lebih mudah memperoleh pelanggan.

Karena itu, kamu perlu menerapkan prinsip etika bisnis yang benar. Kamu harus tegas terhadap diri sendiri dan karyawan saat menerapkan prinsip etika bisnis ini. Ingat juga untuk selalu memberikan senyum kepada setiap pelanggan yang datang.

Tetap tunjukkan keramah-tamahan pelayanan saat menghidangkan martabak.


Selain semua tips yang ada di atas, kamu juga harus bersabar dalam usaha membuat pelanggan semakin tertarik.

Jika penjualan menurun angkanya, kamu harus lebih gencar lagi untuk melakukan promosi dan meningkatkan kualitas martabak.

Tidak ada yang mudah untuk menarik konsumen bisnis martabak. Oleh karena itu, kamu hrus tetap konsisten terhadap pilihan membangun bisnis kuliner yang satu ini.

Kamu bisa terus membangun hubungan yang baik dengan pelanggan yang telah datang dan meminta mereka untuk ikut membantumu menarik sebanyak-banyaknya pelanggan.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​