3 Bukti Memulai Bisnis Sama Seperti Kencan Pertama┬á– Biasanya, tidak ada yang lebih canggung dibandingkan kencan pertama.

Anda bertanya-tanya apakah si dia menyukai Anda atau tidak, apakah waktu-waktu kebersamaan Anda benar-benar berarti, apakah yang Anda lakukan untuk si dia bernilai di matanya, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Guna Mempersiapkan Bisnis di Tahun 2018

Harus diakui, hal itu memang wajar karena memang tidak sedikit yang merasa demikian. Namun jika Anda sadari, ada banyak hal yang mungkin Anda dirasakan ketika memulai suatu bisnis, layaknya kencan pertama. Seperti 3 bukti di bawah ini. Apa saja?

3 Bukti Memulai Bisnis Sama Seperti Kencan Pertama

1. Anda merasa sangat cemas

memulai bisnis seperti kencan pertama

Seperti yang mungkin sudah Anda rasakan, berkencan bisa membuat Anda begitu khawatir, bahkan membuat Anda memikirkan banyak hal.

Hal itu dimulai ketika Anda menatap seseorang yang Anda suka. Lalu, Anda bertanya-tanya apa iya Anda harus mengajaknya kencan. Selanjutnya, ketika seseorang yang disukai mengiyakan ajakan Anda, Anda senang bukan main.

Baca juga: Bingung Menentukan Visi Bisnis Anda? Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini

Setelahnya, Anda bingung ke mana akan mengajak si dia pergi, pakaian apa yang harus Anda kenakan, apakah si dia menyukai apa yang Anda kenakan, film apa yang ingin si dia tonton, dan seterusnya.

Tak dimungkiri, ternyata kencan pertama memberikan Anda tekanan luar biasa. Sama halnya seperti memulai bisnis sendiri.

Baca juga: Untuk Bisnis Baru, Coba Ikuti 10 Tips Mengembangkan Bisnis Ini

Mulanya, Anda bertanya-tanya apakah ide yang Anda miliki menarik untuk dikerjakan atau tidak. Apakah penting dan bermanfaat bagi masyarakat?

Namun, atasilah kecemasan Anda dengan tiga hal di bawah ini.

1. Jangan berpikir Anda akan gagal. Sadarilah bahwa untuk menggapai semua mimpi, akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi supaya bisa menuju tangga kesuksesan. Jangan biarkan diri Anda sendiri menjadi bagian dari hambatan-hambatan tersebut.

2. Buat perencanaan yang matang. Caranya, lakukan riset soal target audiens Anda, ketahui produk atau jasa Anda luar dan dalam, pelajari soal kompetitor Anda dan bagaimana mereka menjadi sukses.

Baca juga: Siapa Sangka, Winnie the Pooh Membocorkan 5 Pelajaran Berharga Soal Bisnis untuk Anda

3. Jangan menunggu waktu yang tepat, sebab waktu tersebut tidak bakalan ada. Andalah yang harus menciptakan momen tepat nan sempurna tersebut.


2. Anda berdiri di depan cermin selama berjam-jam

memulai bisnis seperti kencan pertama

Akuilah, sebelum pergi kencan, Anda ingin memastikan bahwa Anda tampil menarik. Jadi, Anda berdiri di depan cermin selama berjam-jam, memastikan bahwa setiap sudut dalam diri Anda tampak sempurna.

Sama halnya ketika memulai bisnis, Anda melakukan berbagai rencana demi demi rencana supaya tujuan bisnis dapat terlaksana.

Baca juga: Mau Mendapatkan Inspirasi Soal Bisnis? Tonton 5 Film untuk Womanpreneur Ini

Namun, ada satu hal yang perlu dipahami, setiap orang memiliki ide bisnisnya masing-masing. Karenanya, jangan membandingkan bisnis Anda dengan yang lain karena hal itu hanya akan menambah beban di pundak Anda.

Lakukanlah apa yang Anda senangi dan Anda akan menemukan versi kesuksesan Anda sendiri.


3. Lupakan jaim, Anda menjadi diri sendiri apa adanya

memulai bisnis seperti kencan pertama

Kencan Anda berjalan dengan sukses dan Anda mengenal si dia lebih jauh, lebih akrab. Anda pun merasa lebih tenang, rileks, tanpa harus jaim atau jaga image. Anda bisa dengan mudahnya melakukan kebiasaan-kebiasaan aneh sehari-hari, tanpa perlu menutup-nutupi.

Mengapa hal ini penting dalam bisnis? Sebab, ketika membagikan kepribadian Anda kepada konsumen, Anda akan terlihat percaya diri, apa adanya, dan dengan demikian, Anda bisa membangun koneksi yang luar biasa.

Baca juga: 9 Bisnis Seleb Indonesia yang Bisa Anda Curi Idenya

Anda bisa mengembangkan kesetiaan terhadap brand, sebuah faktor kunci untuk menarik konsumen agar mau membeli produk atau jasa terus-menerus.

Yang lebih penting lagi, ketika para konsumen sudah memiliki rasa kesetiaan itu, Anda tak perlu khawatir karena mereka akan lebih memilih Anda dibanding kompetitor lain.

Baca juga: Gunakan 4 Kata Ajaib Ini untuk Meroketkan Penjualan Bisnis Anda

Baik melakukan kencan pertama maupun menjalani bisnis, terkadang masalah uang juga menjadi penghalang. Bukankah demikian?

Saat berkencan, Anda harus berkorban untuk menjemput si dia di rumahnya, Anda mentraktirnya nonton atau makan malam, dan sebagainya.

Baca Juga: Wow! Dengan Tidak Melakukan 4 Hal Ini, Anda Bisa Hemat Rp 1 Juta Lebih

Dalam berbisnis, nyatanya Anda juga butuh modal tambahan guna mengembangkan bisnis, pembelian inventori, pembelian aset modal, kegiatan promosi dan sebagainya. Terkadang, jumlah yang yang dibutuhkan pun tidaklah sedikit.

Jangan jadikan masalah modal sebagai penghalang Anda untuk mewujudkan bisnis impian Anda.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Bisnis Anda

Ajukan saja pinjaman modal usaha ke platform P2P Lending seperti KoinWorks yang mampu memberikan pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Bunga yang ditetapkan pun rendah, mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Nah, selamat berbisnis!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?


There are currently no comments.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.