5 Hal yang Harus Dilakukan Guna Mempersiapkan Bisnis di Tahun 2018

mempersiapkan branding bisnis di tahun 2018

5 Hal yang Harus Dilakukan Guna Mempersiapkan Bisnis di Tahun 2018 – Berakhirnya tahun 2017 menandakan bahwa sudah saatnya Anda melakukan evaluasi terkait bisnis Anda.

Apa yang sudah Anda lakukan sepanjang 2017 silam? Apa yang tercapai dan apa yang belum? Bagaimana rencana Anda mempersiapkan bisnis di tahun 2018?

Baca Juga: 5 Tips untuk Anda yang Punya Resolusi Memulai Bisnis di Tahun Baru

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan demikian tentu perlu dipersiapkan agar Anda bisa lebih teliti dan tepat sasaran dalam mempersiapkan bisnis di tahun 2018 yang baru ini.

Demi mempersiapkannya, berikut 5 hal yang harus dilakukan guna mempersiapkan bisnis di tahun 2018 dengan baik:

5 Hal yang Harus Dilakukan Guna Mempersiapkan Bisnis di Tahun 2018

1. Perbaiki Catatan Keuangan

catatan keuangan - Mempersiapkan Keuangan di Masa Mendatang

Bila selama ini Anda kesulitan mengontrol arus keuangan, mungkin ada yang salah dengan catatan keuangan bisnis Anda. Anda harus memiliki catatan keuangan yang baik agar Anda bisa memonitor dan mengontrol keuangan bisnis Anda.

Baca Juga: Agar Arus Kas Bisnis Tidak Terganggu, Berikut 5 Tips Mengelola Arus Kas Bisnis Anda

Bila di tahun-tahun sebelumnya Anda masih kerepotan mengatur arus kas bisnis karena catatan yang masih amburadul, di tahun 2018 ini sudah saatnya Anda memperbaiki catatan keuangan bisnis Anda.

Cobalah gunakan aplikasi tambahan seperti Zoho Book, Freshbooks, dan Quick Books. Atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang lebih tradisional seperti Microsoft Excel atau Google Spreadsheet.


2. Refleksikan Kembali Pencapaian Sebelumnya dengan Tim Anda

berdiskusi tentang ide bisnis bersama teman

Berkaitan dengan poin nomor 1, coba refleksikan kembali pencapaian di tahun-tahun sebelumnya dengan tim Anda, dan minta masukan mereka terkait apa yang seharusnya dilakukan demi terus mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Perilaku Seorang Bos Sejati yang Patut Anda Miliki

Diskusikan semua hal yang berkaitan dengan apa yang belum terpenuhi dan bagaimana cara memenuhinya, dan apa yang harus dilakukan demi memperbaiki setiap kekurangan yang dialami oleh bisnis Anda sepanjang tahun 2017 silam.


3. Perbaharui Teknologi yang Anda Gunakan

memanfaatkan teknologi - Mengembangkan Bisnis Online

Perkembangan teknologi semakin hari tidak akan bertambah mundur. Oleh karena, hal-hal yang bersifat lebih konvensional perlahan sudah waktunya untuk digantikan.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Bisnis Online Menjadi Lebih Digital di Era Teknologi

Misalnya, bila selamat ini Anda lebih terpaku untuk menggunakan telepon, email, atau bahkan memo, sudah saatnya Anda beralih menggunakan metode berkomunikasi yang cepat dan mudah.

Coba gunakan Slack atau WhatsApp for Business. Untuk media penyimpanan data, ketimbang masih menggunakan flashdisk atau hard disk, gunakan media penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive atau Dropbox hingga OneDrive.

Dengannya, Anda bahkan bisa membagikan data secara cepat dengan tim tanpa harus takut kehilangan USB flashdisk.

Teknologi Google Calendar juga bisa digunakan untuk mengatur jadwal apapun dengan setiap orang di perusahaan Anda.


4. Persiapkan Bisnis Anda Untuk Terus Berkembang

tips mengembangkan bisnis - pinjaman modal usaha

Bila semua celah sudah ditemukan, sekarang waktunya untuk mempersiapkan bisnis Anda agar bisa terus berkembang. Dari semua hal yang Anda temukan di poin nomor 1 dan 2, cobalah susun rencana atau strategi dan coba terapkan semuanya dengan baik sepanjang tahun 2018 ini.

Baca Juga: 3 Tahapan yang Harus Anda Jalani Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

Jangan lupa untuk menetapkan patokan dan lakukan monitor terhadap progress-nya. Dengan demikian, apapun yang Anda lakukan terhadap bisnis Anda sepanjang tahun ini bisa dengan mudah dipantau atau diawasi.


5. Peka Terhadap Tren dan Setiap Perubahan di Pasar

tren terkini

Tren akan selalu berubah setiap tahunnya karena ada perubahan-perubahan tertentu yang mempengaruhi kondisi dan tuntutan pasar. Hal-hal tersebut akan terus terjadi terutama di tahun ini.

Baca Juga: 4 Tren Media Sosial yang Perlu Anda Ketahui di Tahun 2018

Perhatikan media sosial, tren di internet, dan ikuti informasi-informasi terbaru yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dari situ akan ada banyak sekali masukan yang bisa Anda dapat guna mempersiapkkan bisnis di tahun 2018 ini.


Penutup

Nah dengan demikian, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan demi mempersiapkan bisnis di tahun 2018 ini, bukan? Sekarang, sudah saatnya Anda memulai tahun yang baru ini dengan gebrakan baru yang tumbuh di dalam tubuh bisnis Anda sendiri. Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.