5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuka Bazaar Di Mall

mall - membuka bazaar di mall

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuka Bazaar Di Mall – Bazaar merupakan salah satu strategi marketing yang dilakukan oleh EO atau Event Organizer tertentu di lokasi tertentu untuk mempertemukan penjual dan pembeli.

Ada bazaar yang bertema tertentu sehingga tidak semua stand bisa dibuka bahkan stand yang ingin membuka di bazaar tersebut bisa membutuhkan modal pinjaman lantaran harga sewanya yang mahal. Ada juga bazaar dengan tema campur aduk sehingga stand apa saja bisa masuk serta harganya murah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin membuka stand di acara bazaar di mall sehingga target-target Anda akan terpenuhi. Berikut tipsnya:

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuka Bazaar Di Mall

1. Kunjungilah lokasi

Lokasi merupakan hal yang sangat krusial. Lokasi strategis, parkir luas, mudah dijangkau oleh siapapun dan kriteria lain yang memenuhi ekspektasi Anda bisa dijadikan tempat yang pas.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Miliarder? Ini 8 Hal yang Harus Anda Pikirkan!

Memang, pada umumnya Mall berdiri di tempat yang strategis. Tapi, kan tidak semua isi bangunan Mall akan dijadikan bazaar atau pameran.

Jika bazaar ada di area belakang atau samping atau ada di lantai atas, tentunya akan sedikit pelanggan yang tahu. Jadi, pastikan lokasinya pas seperti di depan pintu masuk lantai bawah.


2. Kenali Penyelenggaranya

Sama seperti mengidentifikasi bazaar di tempat lain dimana Anda harus tahu siapa EO-nya. Ingat, tidak semua EO memiliki strategi bazaar yang hebat.

Ada juga tim EO yang masih kelas amatir sehingga apa yang Anda harapkan bisa saja tidak Anda dapatkan bahkan cenderung rugi.

Hal ini bisa dilihat dari cara EO mempromosikan event bazaar dan harga yang ditawarkan untuk buka stand terjangkau. Hal ini dikarenakan ada banyak pengunjung yang mau datang ke bazaar dengan EO tertentu saja.


2. Mendekorasi stand Anda

Ini langkah penting bin krusial. Ingat, tujuan dari membuka stand yang paling utama adalah mengenalkan produk atau toko Anda kepada khalayak.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Guna Mempersiapkan Bisnis di Tahun 2018

Sehingga membuat dekorasi stand yang unik, warna cerah, mudah dilihat dan tentu eye catching yang akan menarik perhatian merupakan kewajiban.

Anda juga wajib menata produk sesuai dengan kelompoknya. Pastikan, stand selalu dalam keadaan bersih dan rapi. Dekorasi lampu, banner serta pernak-pernik lainnya merupakan kewajiban.

Ingat, setiap sentuhan apapun yang Anda berikan pada stand Anda tentunya akan menarik perhatian orang. Bahkan, tata letak produk, pemilihan warna dan pernak-pernik lainnya bisa membuat banyak pengunjung tertarik.

Terkadang musik atau suara speaker juga bisa mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang tapi tidak semua bazaar membolehkan setiap stand menggunakan pengeras suara.


3. Sebarkan Informasi Toko Anda

Ini yang terkadang sering dilupakan. Mengikuti bazaar bukan berarti harus mencapai target penjualan di angka tertentu melainkan lebih pada aktifitas promo, iklan dan memperkenalkan diri.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk sebarkan informasi identitas toko Anda termasuk bisa berupa kartu nama, brosur dan lain sebagainya. Ini penting karena tidak semua pengunjung memiliki cukup waktu untuk bertanya dan membeli produk di stand tersebut.

Ada yang menjadikan stand tersebut sebagai referensi untuk keperluan di hari-hari kedepan, ada juga yang sudah memiliki rencana untuk datang ke tokonya langsung.


4. Berikan Pelayanan Terbaik

Disinilah pentingnya memiliki komunikasi yang baik. Jaga stand dengan gaya professional tetapi hangat dan ramah kepada semua pelanggan.

Ucapkan selamat datang dan berikan informasi secukupnya tidak perlu berlebihan apalagi terkesan memaksa. Selain itu, pakaian atau penampilan penjaga stand juga sangat penting.

Penampilan tidak harus yang terlalu berlebihan sehingga mudah mendapat perhatian, tapi cukup menggunakan pakaian rapi, bersih, dan terlihat professional.

Jadi, ketika Anda ingin mengikuti bazaar di sebuah Mall, perhatikan tips-tips di atas agar apa yang Anda harapkan bisa Anda dapatkan.

Ingat, tujuan mengikuti bazaar ini adalah untuk memperkenalkan produk bukan mengejar target penjualan. Memang ada juga yang bertujuan meningkatkan target penjualan, tapi bukan penjualan di stand melainkan di toko utamanya.

Stand atau bazaar hanyalah salah satu strategi marketing yang efektif. Oleh sebab itu, pilihlah bazaar dengan tema yang tepat dan harga yang bisa Anda jangkau sehingga bisa mengalihkan modal pinjaman untuk kepentingan jangka panjang bisnis Anda, bukan untuk membayar sewa booth untuk bazaar.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.