Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank Untuk Buka Usaha – Modal merupakan syarat utama yang harus dipersiapkan saat hendak memulai sebuah usaha.

Tanpa modal yang cukup,  laju usaha Anda mungkin akan mengalami kendala di kemudian hari. Salah satu hal yang paling banyak dilakukan adalah dengan pinjaman uang di bank sebagai modal.

Memang tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar, bahkan ada usaha yang tidak membutuhkan modal sama sekali.

Baca Juga:

Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Akan tetapi di era globalisasi ini, banyak sekali usaha yang membutuhkan modal yang cukup besar. Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan penting bagi para calon pebisnis yang ingin membuka usahanya.

Banyak dari para calon pebisnis yang mengurungkan niatnya untuk membuka usahanya tersebut dikarenakan tidak memiliki modal yang cukup.

Namun jika Anda termasuk ke dalam calon pebisnis yang ingin membuka sebuah usaha baru, Anda tak perlu bingung lagi untuk mendapatkan modal usaha yang Anda butuhkan.

Karena ada banyak sekali alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha tersebut. Salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajukan pinjaman ke Bank.

Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank Untuk Buka Usaha

Mengajukan pinjaman uang ke bank memang memiliki persyaratan yang cukup rumit, akan tetapi jika Anda bersungguh-sungguh ingin membuka usaha maka sebaiknya Anda ikuti cara pinjam uang di Bank berikut ini.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan meyakinkan pihak Bank untuk memberikan pinjaman uang. Sebelum menyetujui pengajuan pinjaman dari nasabahnya pihak Bank biasanya akan mempertimbangkan beberapa hal yang menyangkut data calon peminjam.

Oleh karena itu pastikan Anda bisa meyakinkan pihak bank mengenai alasan Anda mengajukan pinjaman tersebut.

Baca Juga:

Syarat Untuk Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank

Anda bisa meyakinkan pihak bank dengan cara merinci dengan sejelas-jelasnya tujuan usaha Anda. Jelaskan pada pihak bank jika jenis usaha yang akan Anda jalankan adalah sebuah usaha yang memiliki prospek yang bagus di masa mendatang.

Tunjukan kesungguhan Anda dalam membuka usaha tersebut agar pihak bank mau memberikan persetujuan pengajuan pinjaman Anda.

Hal kedua yang perlu Anda lakukan untuk melakukan pinjaman uang di bank adalah dengan melengkapi berbagai macam persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak Bank.

Pihak Bank akan memeriksa kelengkapan persyaratan nasabahnya dengan teliti dan seksama. Apabila persyaratan tersebut terdapat kekurangan atau tidak sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pihak Bank, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman Anda tidak akan disetujui.

Baca Juga: 

Beberapa Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman di Koperasi

Oleh karena itu sangatlah penting untuk melengkapi persyaratan-persyaratan yang diajukan oleh pihak Bank tersebut.

Persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan tersebut biasanya berupa dokumen-dokumen pribadi nasabah seperti laporan keuangan, foto kopi KTP, kartu keluarga, slip gaji, dan dokumen lainnya.

Hal berikutnya adalah Anda perlu mempersiapkan jaminan jika memang dibutuhkan oleh pihak Bank. Pihak Bank biasanya akan meminta nasabahnya untuk menyerahkan surat-surat kepemilikan barang yang dimiliki sebagai bentuk jaminan.

Oleh karena itu jika Anda hendak mengajukan pinjaman dengan jaminan, Anda perlu mempersiapkan surat-surat kepemilikan barang yang Anda punya tersebut.

Barang jaminan tersebut biasaya digunakan untuk menutupi dana pinjaman yang dipinjamkan kepada nasabahnya jika pada periode pengembalian pinjaman tersebut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun jika Anda tidak memiliki jaminan untuk diberikan kepada pihak bank, Anda bisa memilih bank yang memberikan pinjaman tanpa jaminan.

Hal yang terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan membentuk image positif dalam diri Anda. Pastikan Anda termasuk orang yang layak diberikan pinjaman oleh pihak Bank.

Ketika Anda bertemu dengan pihak bank sebaiknya Anda tak perlu merasa tegang, karena jika Anda merasa tegang maka kemungkinan besar jawaban yang akan Anda berikan pun tidak akan tersampaikan dengan lancar dan penuh keraguan, sehingga jawaban Anda pun dianggap tidak meyakinkan oleh pihak Bank.

Oleh karena itu bersikaplah dengan sewajarnya saja. Agar pihak bank mau mempertimbangkan tujuan Anda mengajukan pinjaman kepada bank tersebut.

Demikianlah cara pinjaman uang ke bank untuk mendapatkan modal usaha. Jika pengajuan pinjaman Anda telah disetujui oleh pihak bank maka Anda pun bisa memulai menjalankan usaha yang telah Anda impikan.

Jadi janganlah takut untuk memulai sebuah usaha meskipun harus membutuhkan modal yang cukup besar. Anda bisa mengajukan pinjaman kepada pihak bank dengan mengikuti cara-cara yang telah dijelaskan diatas.

Pastikan bahwa Anda menjalankan usaha Anda dengan sebaik-baiknya sehingga Anda bisa mengembalikan pinjaman Anda sesuai dengan waktu yang telah disepakati pada saat periode angsuran pinjaman nanti.

Alternatif Pinjaman Bisnis Bunga Rendah di KoinWorks

Di KoinWorks, Anda bisa mengajukan pinjaman untuk kepentingan bisnis tanpa jaminan. Tak hanya untuk mengembangkan bisnis, Anda juga bisa mengajukan Pinjaman Kesehatan dan Pinjaman Pendidikan. KoinWorks menawarkan bunga pinjaman yang lebih rendah dan prosesnya pun mudah.

Para Pendana di KoinWorks akan bahu-membahu membantu memenuhi kebutuhan pinjaman Anda dengan bertindak sebagai investor dengan skema P2P Lending.

Tak ada biaya bila Anda ingin melunasi pinjaman Anda lebih awal, sehingga membuatnya jauh lebih murah. Bila Anda tertarik untuk mengajukan Pinjaman di KoinWorks, silahkan baca persyaratannya dan kemudian ajukan pinjaman Anda bila merasa telah memenuhi syarat.


Ajukan Pinjaman


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

11 KOMENTAR

  1. Bagai mana caranya agar saya ini mendapat bantuan dari pihak bank agar saya mendapatkan modal kerja, selama ini katanya ada bantuan pemerintah untuk orang miskin tetapi aya ini juga miskin tetapi tidak ada perhatiaan pemerintah terhadap saya yang juga warga negara indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.