Bingung Menentukan Visi Bisnis Anda? Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini – Confucious pernah berkata, “Our greatest glory is not in never failing, but in rising every time we fail”. Kutipan ini pun tak hanya bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dalam kehidupan bisnis.

Baca juga: 4 Cara Mudah Bisnis Online Anda dapat Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat

Nyatanya, segiat apapun Anda menjalankan bisnis, Anda tidak pernah bisa membuat konsumen Anda puas 100%.

Ada kalanya Anda menemui hambatan di tengah jalan, misalnya tidak adanya inovasi baru, penjualan yang mandek, jumlah pelanggan berkurang, hingga kekurangan modal.

Faktanya, mudah menyerah bukanlah sifat para pebisnis sukses. Menutup bisnis juga bukan pilihan yang baik dan tentu saja opsi ini harus Anda kesampingkan.

Baca juga: 4 Evaluasi Bisnis yang Wajib Dilakukan Agar Bisnis Berkembang

Gino Wickman dalam buku yang ditulisnya, Traction: Get a Grip on Your Business, merinci 7 pertanyaan yang mampu membantu Anda menemukan visi perusahaan Anda.

Dengan begitu, Anda bisa lebih yakin soal apa langkah selanjutnya yang harus Anda tempuh demi menyelamatkan bisnis.

7 Pertanyaan yang Membantu Menentukan Visi Bisnis Anda

1. Apa nilai-nilai utama perusahaan Anda?

tipe bisnis masa depan cerah

Tulislah tiga sampai tujuh prinsip yang mampu mendefinisikan budaya, kebiasaan, dan siapa Anda sebenarnya sebagai seorang manusia. Hal ini akan menarik lebih banyak orang yang yang memiliki kesamaan rasa dan tujuan, untuk bergabung dengan bisnis Anda.

Baca juga: Untuk Bisnis Baru, Coba Ikuti 10 Tips Mengembangkan Bisnis Ini

Ambil contoh, nilai-nilai yang Anda utamakan selama ini adalah kejujuran, integritas, sikap slaing menghargai, setiap karyawan adalah pemimpin, bisa juga kantor Anda adalah tempat yang menyenangkan untuk bekerja.


2. Apa fokus utama Anda?

wawancara - interview diskusi

Buatlah sebuah mission statement yang dapat menolong Anda untuk tetap fokus dalam menjalankan bisnis.

LinkedIn memberi contoh yang baik untuk Anda: “Untuk mengoneksikan para profesional di dunia untuk membuat mereka lebih produktif dan sukses”. Fokus ini pun menjabarkan apa yang mereka berikan dan bagaimana mereka menjalankannya.


3. Ke mana Anda akan membawa bisnis ini 10 tahun dari sekarang?

Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 - bebas secara finansial - financial freedom

Katakanlah, Anda ingin meningkatkan pendapatan sebesar Rp 100 juta setiap bulannya, mengembangkan bisnis hingga ke negara-negara di Asia, menjaring target market yang lebih luas lagi, dan seterusnya. Target-target ini haruslah menjadi hal besar yang mampu menginspirasi Anda dan orang-orang yang turut bersama-sama menjalankan bisnis Anda.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 10 Penyebab Bisnis Gagal di Tengah Jalan


4. Apa strategi marketing Anda?

Definisikan target market Anda dan hal apa saja yang membuat bisnis Anda unik. Kepada siapa Anda menjual produk Anda? Kepada para pemilk UKM? Kepada anak-anak? Kepada generasi millennial? Bagaimana cara Anda menjangkau mereka?

Baca juga: Jangkau Lebih Banyak Pelanggan, Berikut 9 Strategi Pemasaran dengan Anggaran Kecil yang Dapat Anda Lakukan

Pelajarilah teknik marketing yang cocok untuk bisnis Anda, misalnya dengan membuat content marketing berupa infografis dan podcast, kemudian kirim siaran pers kepada media-media, hingga mengadakan forum diskusi.


5. Bagaimana gambaran bisnis Anda tiga tahun mendatang?

tujuan hidup - tujuan investasi - tujuan keuangan - impian

Dalam tiga tahun, Anda bisa berbuat banyak sekali hal untuk bisnis Anda. Pastikan Anda memiliki gambaran spesifik soal apa yang akan Anda rencanakan dan jalankan.

Tutup kedua mata Anda, visualisasikan, dan tulis secara mendetail gambaran bisnis Anda. Alangkah lebih baik lagi jika Anda juga merinci hal-hal apa yang akan dijalankan demi terwujudnya rencana tersebut.


6. Apa rencana Anda dalam satu tahun?

tips meningkatkan penjualan bisnis online

Cari tahu apa yang harus Anda selesaikan tahun ini. Inilah saat yang tepat untuk menentukan goals yang perlu dicapai demi memenuhi visi Anda.

Sebagai contoh, mendapatkan 10 ribu pengguna aktif yang mengakses website Anda sebelum 2018 berakhir.


7. Apa masalah yang sedang dihadapi?

7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Menentukan visi bisnis memang tidak mudah. Karena itu, identifikasi hambatan apa saja yang sangat potensial bisa menganggu bisnis Anda dalam mencapai target.

Diskusikan dengan partner bagaimana cara mencari jalan keluarnya. Tulis apa saja yang terlintas di benak Anda yang mampu mencegah Anda mencapai segala tujuan.

Baca juga: 6 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis di Media Sosial

Misalnya, Anda perlu membeli alat-alat kerja baru untuk karyawan-karyawan yang baru Anda hire. Anda butuh modal sekitar Rp 50 juta. Lantas, apa solusinya? Meminjam uang ke bank? Nyatanya, Anda tidak suka proses berbelit.

Mengapa tak coba mengajukan ke platform peer to peer lending KoinWorks saja? KoinWorks memberikan pinjaman dengan depat dan mudah, tanpa menyita waktu-waktu sibuk Anda.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Anda bisa meminjam mulai dari Rp 10 juta hinga Rp 2 miliar. Bunga yang dikenakan pun rendah, mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Jadi, bagaimana, sudahkah Anda menemukan visi-visi Anda dalam berbisnis? Atau sudah siap menentukan visi bisnis yang tepat?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.