Instagram diperkenalkan di publik sejak tahun 2012 akhir. Awalnya, sosial media ini disukai oleh mereka yang gemar berfoto dan dibagikan kepada followers setia. Sekarang, Instagram sudah menjadi salah satu sosial media yang paling populer di Indonesia yakni di urutan ke 7 setelah Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger, Google + dan Linkedin. Instagram juga sudah menjelma menjadi salah satu sosial media yang paling digemari oleh pemilik toko online. Saat ini, sudah ribuan toko online yang menggunakan Instagram sebagai media pemasarannya.

Aplikasi yang awalnya dibuat dan dikembangkan oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom yang berada di bawah perusahaan Burbn Inc. dan kini resmi dimiliki oleh Facebook, memang telah menjadi daya tarik bagi pemilik toko online dan mereka yang fokus untuk memasarkan produk toko online. Jadi, selain pemilik toko yang memasarkannya, ada juga akun Instagram yang memiliki ribuan followers dan mengiklankan produk-produk toko online. Ada beberapa tips baik Anda pemilik toko online atau penyedia jasa iklan Instagram, yang bisa Anda lakukan untuk promosikan produk.

Ketahui segmen

Rata-rata, pengguna Instagram di Indonesia adalah wanita. Oleh sebab itu, jika Anda hendak menjual produk untuk wanita termasuk kebutuhan anak serta bayi, maka Instagram adalah aplikasi yang cocok untuk digunakan walau tidak menutup kemungkinan produk untuk pria juga bisa laku. Ketika Anda mengetahui segmen konsumen maka Anda akan dengan mudah untuk membuat konten yang menarik. Anda perlu tahu jika Instagram sangat mengandalkan kekuatan gambar atau visual. Perhatikan kualitas dan resolusi gambar. Picture can speak louder.

Endorsement

Endorsement atau menggunakan jasa artis, publik figure atau selebgram untuk mempromosikan produk toko online sudah sangat akrab. Untuk bisa mendapatkan jasa endorsement, toko online harus mempersiapkan dana yang cukup lumayan besar untuk satu kali posting. Biayanya tergantung siapa yang akan meng-endorse atau mengiklankan. Jika kalangan selebriti atau artis, biayanya bisa mencapai 3,5 sampai 7 jutaan sedangkan untuk fashion blogger atau selebgram masih diangka ratusan sampai beberapa juta untuk tiap satu kali iklan.

Paid promote (PP)

Ini juga jenis promosi yang menarik selain endorsement. Istilan paid promote sudah akrab di telinga pemilik toko online atau mereka yang memiliki brand. Pada mulanya, PP ini dilakukan oleh toko online yang memiliki 10 ribu followers atau lebih. Namun, sekarang, selebgram bahkan akun publik yang memiliki ribuan followers juga membuka jasa untuk PP ini. Mereka akan menerima serta memposting sebuah gambar dengan caption dari olshop atau toko online yang akan ia promosikan. Fee yang dibayarkan bervariasi tergantung dari jumlah followersnya. Harga per posting bisa ratusan sampai jutaan rupiah.

Hashtag

Hashtag adalah salah satu cara promosi di Instagram dengan gratis. Cara ini pun sangat mudah. Anda hanya perlu memposting sebuah foto yang sesuai dengan produk Anda dan beri hashtag yang berkaitan. Sebagai contoh, jika Anda menjual baju anak maka bisa diberi hashtag #bajuanak #bajuanakonline #bajuanakmurah #jualbajuanak dan lain-lain. Rajin memposting foto minimal 3 kali dalam sehari. Atur jadwal posting dengan baik agar terhindar dari deteksi sebagai spam. Konsistensi juga penting untuk meningkatkan awareness calon pembeli.

Giveaway

Bagi Anda yang berstatus follower dari salah satu toko online di IG, tentu Anda sudah akrab dengan istilah giveaway. Selain diskon, voucher dan giveaway adalah cara yang efektif untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Cara ini juga terbilang tidak mahal dan tidak susah. Anda memang dituntut kreatif dan memiliki jiwa awareness terkait perasaan akan kebutuhan konsumen.

Perhatikan tips diatas dan lakukan secara konsisten. Selain yang sudah disebut diatas, Anda juga bisa saling bantu promosi antara satu toko dengan toko online yang lain. Hanya saja, cara ini sudah mulai sepi lantaran persaingan toko online yang semakin ketat. Maka, yang paling mudah adalah apa yang sudah disebut di atas. Anda bisa melakukan promosi secara gratis atau bahkan dengan bantuan selebgram atau artis untuk menjangkau konsumen lebih banyak lagi.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.