Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Tips Memilih Bahan Kain Terbaik untuk Bisnis Hijab Kamu

Tips Memilih Bahan Kain Terbaik untuk Bisnis Hijab Kamu

·
3 menit
cara memilih bahan terbaik untuk bisnis hijab adalah memilih yang nyaman digunakan

Bahan kain merupakan keperluan utama dalam bisnis hijab. Bahan kain yang bagus akan menentukan kualitas hijab. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa toko kain tak pernah sepi dari pembeli. 

Dari sini kita jadi paham bahwa sebenarnya mencari kain bukanlah perkara sulit karena ketersediaannya pasti ada di mana-mana.

Yang menjadi perkara adalah bagaimana cara mencari dan memilih kain bahan terbaik untuk bisnis hijab tersebut. Terdengar sepele, tetapi proses memilih kain hampir selalu butuh waktu.


Cara Mencari dan Memilih Bahan Hijab yang Baik

Menggunakan bahan kain berkualitas adalah sebuah keharusan dalam setiap bisnis hijab. Kain bahan yang bagus akan menghasilkan hijab yang cantik dan nyaman dikenakan bagi para pembeli. 

Semakin bagus kualitas kain yang kamu pilih, akan semakin baik juga kualitas hijab yang akan kamu hasilkan.

Dengan begitu, potensi kepuasan pembeli akan terus meningkat dan berpengaruh positif terhadap kelangsungan serta keuntungan bisnismu kedepan.

Berikut tips mencari dan memilih kain bahan terbaik untuk bisnis hijab:

1. Kunjungi Pasar Tanah Abang

Sudah banyak orang yang kenal dengan pusat grosir kain murah paling besar se Asia Tenggara ini. Pasar Tanah Abang terletak di kawasan Jakarta Pusat tepatnya di jalan K.H. Mas Mansyur.

Kamu dapat mengunjungi Pasar Tanah Abang Blok A jika ingin melakukan belanja kain tekstil atau garmen untuk hijab dengan kualitas baik.

Disana kamu akan melihat beragam jenis kain bahan berkualitas baik ecer maupun grosir. Harga jual pun relatif murah sehingga efektif sebagai bahan baku produksi dalam bisnis hijab kamu.

2. Kunjungi Pasar Mayestik

Selain Pasar Tanah Abang, kamu juga bisa mengunjungi Pasar Mayestik yang letaknya ada di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sini kamu akan mendapat berbagai jenis bahan kain baik itu lokal maupun impor dengan pilihan harga yang variatif.

Tak hanya itu, Pasar Mayestik juga menyediakan berbagai kebutuhan jahit seperti aksesoris kancing, manik-manik, renda, dan beragam kebutuhan jahit lainnya. 

3. Kunjungi Pasar Cipadu

Jika kamu ingin mendapatkan kain bahan terbaik untuk bisnis hijab, Pasar Cipadu juga bisa jadi pilihan tempat untuk berbelanja material produk hijab. Tempat ini sudah sejak lama menjadi pusat tekstil dan garmen yang berlokasi di kawasan Kreo, Tangerang Selatan.

Pedagang kain di Pasar Cipadu ini rata-rata mendapat pasokan bahan dari Pasar Tanah Abang, hingga kiriman dari negeri Jepang dan Korea.

4. Cari Vendor Kain untuk Produk Sejenis

Selain mengunjungi beberapa jenis pasar tekstil dan garmen, kamu juga bisa cari vendor atau supplier kain yang sudah sering bekerja sama dengan pebisnis hijab yang lain.

Sebelum itu, pastikan bahwa vendor yang akan kamu ajak kerja sama ini menyediakan jenis kain bahan yang sesuai dengan produk hijab yang biasa kamu jual.

5. Cari Toko Kain Terdekat dan Terpercaya

Jika pasar tekstil dan garmen besar letaknya jauh dari lokasi bisnis hijab kamu, cara mensiasatinya adalah dengan mencari toko kain terpercaya dan dekat dengan lokasi bisnis kamu.

Cari toko kain yang menyediakan bahan kain berkualitas, harga jual relatif murah, jenis kainnya beragam, dan pilihan motif serta warnanya variatif. 

Selama melakukan kegiatan belanja kain bahan terbaik untuk bisnis hijab nanti, pastikan kembali bahwa keadaan kain tersebut dalam kondisi baik dan tidak ada bentuk kecacatan apapun.

6. Tentukan Grade Kain Sesuai Kebutuhan Bisnis

Sebagai produsen atau pebisnis hijab, pasti ingin mendapatkan jenis kain bahan terbaik dengan harga terjangkau. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk tahu cara memilih kain sesuai grade kain yang diinginkan. 

Grade kain yang tinggi biasanya punya kualitas kain yang baik dan harganya cenderung mahal. Untuk harga yang lebih murah, biasanya diperuntukkan untuk kualitas grade kain yang rendah.

Dari sini, kamu bisa mengambil jalan tengah seperti melakukan riset kain dari berbagai toko terdekat dan pilihlah bahan terbaik untuk bisnis hijab yang paling mendekati kriteria kebutuhan bisnis tersebut. 

7. Memilih Karakter Kain yang Nyaman Dikenakan

Setiap pembeli, pasti akan mencari produk hijab dengan bahan yang tak hanya nyaman di mata, tapi juga nyaman di kepala dan mudah penggunaannya.

Maka dari itu, sebagai produsen hijab kamu perlu melakukan pertimbangan jenis bahan hijab yang umumnya banyak dicari oleh pembeli.

Jenis bahan terbaik untuk bisnis hijab tersebut biasanya meliputi kain sifon, katun, satin, wolfis, spandek dan lain sebagainya.

Umumnya, bahan hijab yang baik adalah hijab yang dapat menyesuaikan kondisi lingkungan agar tetap nyaman dikenakan.

Untuk penduduk di negara tropis seperti Indonesia ini, jenis bahan hijab yang baik untuk kamu pilih adalah yang dapat menyerap keringat dengan baik, adem di kepala, dan tak menimbulkan efek gerah.

Namun secara umum, bahan hijab yang banyak dicari oleh pembeli adalah yang cantik tampilannya, yang mudah penggunaannya, tidak mudah lecek, dan lain-lain.


Hal Penting dalam Memilih Bahan Terbaik untuk Bisnis Hijab

Sebagai pebisnis hijab yang ingin mendapat kepuasan konsumen, maka salah satu jalannya adalah dengan menyediakan produk hijab yang paling relevan dengan kebutuhan target pasar.

Gunakan bahan baku pembuat hijab terbaik serta dapat menjawab kebutuhan  konsumen hijab kamu.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​