Beli Mobil Bekas atau Baru, Lebih Untung Mana Ya?

Investasi unik - mobil antik - beli mobil bekas atau baru

Beli Mobil Bekas atau Baru, Lebih Untung Mana Ya? – Saat ini mobil menjadi kendaraan yang penting dan dibutuhkan untuk membantu mobilitas sehari-hari.

Tak hanya itu, mobil juga sudah menjadi primadona dan banyak orang punya keinginan untuk memilikinya.

Engga hanya untuk membantu mobilitas, mobil juga memiliki kenyamaan yang tinggi dibanding kendaraan umum lainnya.

Dengan banyaknya minat orang-orang untuk memiliki mobil, tersedialah pilihan yang bisa kamu pilih yaitu, membeli mobil bekas atau baru.

Tetapi, tentu saja kamu akan bingung untuk memutuskan mau mengambil yang mana?

Baca Juga: Beli Rumah atau Mobil Dulu, ya? Ini Pertimbangannya!

Jika keuangan cukup besar dan stabil, tentu mengambil kredit mobil baru tidak menjadi masalah, namun lain cerita jika keungan kamu minim.

Daripada terus bingung, berikut akan dibahas seputar untung dan rugi dalam memilih untuk beli mobil bekas atau baru. Yuk, disimak!


Beli Mobil Bekas atau Baru, Lebih Untung Mana Ya?

Keuntungan Beli Mobil Bekas

Mudah Mendapatkan Pinjaman Kredit

Membeli Mobil Baru Atau Bekas 4

Tak hanya mobil baru, tetapi banyak juga berbagai bank dan lembaga pembiayaan yang menawarkan fasilitas cicilan mobil bekas.

Harga mobil bekas biasanya cenderung lebih murah, dan tentu memungkinkan kamu untuk mendapatkan pinjaman lebih mudah.

Biasanya, dengan membeli mobil bekas, tingkat bunga dari bank juga lebih rendah, maka dari itu biaya angsuran setiap bulannya juga akan jauh lebih ringan.


Kualitas Bagus dengan Harga Murah

Kapan Saat yang Tepat Untuk Menyewa Mobil Ini 4 Waktu yang Disarankan

Beriringan dengan banyaknya merek mobil keluaran terbaru, tentu saja jumlah mobil bekas juga akan ikut bertambah.

Jika dilihat, umumnya kondisi dari mobil bekas yang ada relatif masih bagus kualitasnya, baik mesin maupun eksteriornya.

Baca Juga: 5 Cara Membeli Mobil Sendiri Meski Gaji Hanya 4 Jutaan!

Menariknya lagi, dengan beli mobil bekas kamu akan mendapatkan harga yang tentunya lebih murah.

Tetapi, sebelum beli mobil bekas atau baru kamu harus pastikan kondisi mobil masih baik. Cobalah untuk menggunakan jasa profesional untuk mengeceknya.


Bisa Langsung Digunakan

Ketika membeli mobil baru, kamu tidak bisa langsung menggunakannya untuk berkendara di jalan.

Paling tidak, kamu harus menunggu selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, sampai surat kelengkapan kendaraan selesai diurus.

Tentu saja hal ini tidak menjadi masalah jika kamu belum mau menggunakan mobilnya. Tetapi, untuk kamu yang ingin cepat menggunakannya tentu sedikit menyulitkan.

Baca Juga: Membeli Tanah Atau Mobil Terlebih Dahulu? Jangan Sampai Salah Memilih

Nah, dengan beli mobil bekas, kemungkinan kamu bisa langsung memakainya. Hal ini dikarenakan, seluruh surat bisa langsung berpindah tangan saat kamu melunasinya.

Setelah itu, kamu hanya perlu melakukan balik nama agar pembayaran pajak bisa lancar.


Kerugian Beli Mobil Bekas

Harga Jual Cenderung Rendah

investasi-uang-5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru - stratgei investasi untuk ibu rumah tangga - strategi bisnis hewan kurban - cara membeli mobil

Saat kamu membeli mobil bekas, lalu melunasi seluruh angsuran kreditnya, kamu tentu akan melihay bahwa harga mobil kamu berbeda di pasaran.

Harganya tidak akan tinggi, tapi harga rendah yang didapat. Memang, dari tahun ke tahun, harga mobil akan terus turun, apalagi jika mobil kamu bekas.

Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil, Pahami Dengan Baik

Munculnya mobil baru dengan fitur, membuat harga mobil sebelumnya terus menurun.

Jika kamu mengambil mobil baru, mungkin akan mengalami hal sama, tetapi tentu saja harga jual harga mobil baru akan lebih tinggi dari yang bekas.

Biaya Perawatan Ekstra

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil - beli mobil bekas atau baru

Ketika dilanda bimbang untuk beli mobil bekas atau baru, lalu memilih untuk beli mobil bekas, kamu berarti sudah tahu bahwa orang lain sebelumnya telah menggunakannya.

Maka dari itu, kamu pasti tidak tahu bagaimana mobil tersebut dipergunakan sebelumnya, apakah dirawat dengan baik atau tidak.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Untuk Menghemat Biaya Perbaikan Mobil kamu 

Nah, jika mobil pilihan kamu tidak dirawat secara teratur, tak menutup kemungkinan saat ada di tangan kamu mobil akan mengalami masalah.

Kalau sudah begitu, sebelum digunakan secara berkala, kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk servis mobil tersebut.


Keuntungan Beli Mobil Baru

Terjamin Garansi

asuransi mobil

Jika saat melakukan pertimbangan ingin beli mobil bekas atau baru, lalu kamu memilih untuk membeli yang baru.

Selain lebih kinclong, mobil tersebut juga biasanya dilengkapi dengan garansi dari produsen.

Biasanya produsen mobil akan memberikan garansi selama 36 bulan atau 100.000 kilo meter untuk semua komponen kecuali ban.

Jadi nantinya, saat kamu menemukan adanya cacat pabrik pada komponen atau bodi, pihak produsen akan mengganti secara cuma-cuma.

Tapi kamu harus pastikan bahwa kerusakan tersebut bukanlah faktor kesengajaan atau kelalaian.

Dapat Servis Gratis

memperbaiki mobil

Keuntungan lain kalau kamu membeli mobil baru adalah kamu akan mendapatkan servis gratis.

Biasanya setiap mobil baru akan diberikan fasilitas servis gratis beberapa kali sampai batas waktu atau jarak tempuh tertentu.

Adapun, servis yang diberikan antara lain meliputi penggantian oli dan servis mesin ringan.

Hal ini dikarenakan, agar performa mobil tetap baik untuk dipakai sehari-hari.


Kualitas Mobil Terjamin

mobil-baru-tujuan finansial-untung-masa depan-5 Tanda Gaji Bulanan kamu Ternyata Belum Cukup - beli mobil bekas atau baru

Saat kamu memilih untuk membeli mobil baru, tentu saja rasanya akan jauh lebih menyenangkan.

Dengan memiliki mobil baru, secara psikologis tentu akan berbeda dengan saat kamu membeli mobil bekas.

Tak hanya itu, kamu juga akan tahu persis kualitas mobil tersebut, karena memang baru dan belum pernah digunakan sebelumnya, sehingga minim kerusakkan.

kamu tak perlu lagi khawatir akan adanya kerusakan, karena mobil baru pasti memiliki kualitas yang terbaik.


Kerugian Beli Mobil Baru

Harga Lebih Mahal

Kapan Saat yang Tepat Untuk Menyewa Mobil Ini 4 Waktu yang Disarankan

Tentu saja, ada rupa ada harga. Dengan membeli mobil yang baru, tentu saja kamu akan menikmati banyak fitur-fitur ciamik dan mahal.

Maka dari itu, beli mobil baru cenderung akan memakan uang muka yang banyak serta angsuran bulanan yang tak sedikit.

Maka dari itu, jika kamu memutuskan untuk membeli mobil baru secara kredit, perhatikan juga suku bunga cicilan dan biaya lain seperti asuransi, administrasi dan lainnya.


Tak Bisa Langsung Digunakan

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Saat kamu membeli mobil baru, tentu saja mobil tersebut tak dapat langsung digunakan. kamu harus menunggu paling tidak 1-3 minggu, sampai semua surat-surat berkendara ada di tangan kamu.

Tak mungkin, kan, kamu membawa mobil tersebut keliling kota dengan tidak membawa surat-suratnya. Bisa-bisa kamu terkena tilang, dan tentu akan repot sekali untuk mengurusnya.


Itulah keuntungan dan kerugian yang kamu dapatkan jika ingin beli mobil bekas atau baru. Sebenarnya, keduanya memiliki kelebihan dan keuntungan yang sama, untuk bisa memilihnya dengan bijak, kamu bisa sesuaikan kembali dengan dana milik kamu.

Nah, mau kamu memilih untuk beli mobil bekas atau baru, tentu saja kamu harus memiliki sejumlah dana untuk membayar pembayaran di muka.

Cara yang bisa kamu gunakan untuk bisa memiliki dana untuk membayar uang muka adalah dengan menabung setiap bulannya. Tetapi, kamu harus paham bahwa menabung saja tak cukup, karena bunga yang dihasilkan dari tabungan, dinilai tidak bisa mengatasi inflasi tiap tahunnya.

Maka dari itu, berinvestasi bisa menjadi solusinya.

Jika kamu berpikir berinvestasi memerlukan banyak dana dan hanya diperuntukkan untuk mereka yang memiliki banyak uang, kamu salah besar, karena sekarang ini sudah banyak investasi alternatif yang memiliki modal awal terjangkau seperti mendanai di KoinP2P atau KoinRobo melalui KoinWorks, Super Financial App.

KoinWorks sendiri adalah sebuah solusi yang memungkinkan kamu untuk mengembangkan aset dengan mendanai di Peer-to-Peer Lending sekaligus meminjam dana dalam satu aplikasi.

Nah, di KoinWorks, kamu tak perlu keluarkan modal awal yang besar. Cukup hanya dengan Rp100.000 atau kelipatan selanjutnya. kamu juga akan ditawarkan hasil imbal efektif 18% per tahun!

Jangan lupa untuk langsung download aplikasi KoinWorks di sini, karena akan segera hadir banyak fitur baru yang kan sangat membantu kegiatan finansial kamu.

 

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.