5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Berpindah Karier dan Pekerjaan – Jika pekerjaan yang dilakukan saat ini membuat Anda merasa stres, masalah mental, atau tidak ada motivasi untuk melakukan pekerjaan tersebut, maka bisa saja itu pertanda bahwa Anda harus segera mengubah karier dan pekerjaan saat ini.

Melakukan pekerjaan yang Anda sukai lebih baik daripada bekerja pada bidang yang membuat Anda tidak akan berkembang dan tidak disukai.

Berikut ini 5 pertimbangan penting sebelum memutuskan untuk berpindah karier dan pekerjaan.

5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Berpindah Karier dan Pekerjaan

1Menentukan Pekerjaan yang Anda Inginkan

mengasah keterampilan mengubah karir - 7 Faktor yang Mempengaruhi Peluang Promosi di Tempat Bekerja - tips investasi untuk anak muda - lebih hemat ngekos, ngontrak atau sewa apartemen - fenomena di tanggal tua

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan apa yang membuat Anda senang melakukannya.

Saat bersemangat pada pekerjaan yang dilakukan, maka Anda akan lebih termotivasi dan lebih mungkin untuk mencapai kesuksesan karier.


2Memulai Bisnis Sendiri

3 Hal Penting Sebelum Mengirim Barang Ke Luar Negeri (4) - 6 Alasan Perlu Memiliki Pekerjaan Atau Bisnis Sampingan, Bisa Sangat Menguntungkan! - Pengusaha Online Harus Belajar 5 Hal Ini Agar Usaha Makin Berkembang - Mengembangkan Bisnis Online - Strategi Mempertahankan Bisnis

Jika Anda termasuk orang yang tidak suka diatur oleh pimpinan, maka mempertimbangkan untuk memulai bisnis sendiri bisa menjadi pekerjaan dan solusi yang baik.

Baca juga: 6 Kualitas Pemimpin Luar Biasa, Andakah Salah Satunya?

Hanya saja, hal yang penting untuk diperhatikan di sini adalah memulai bisnis sendiri membutuhkan modal dan investasi uang dalam jumlah tertentu.

Jadi perhatikan dengan matang dan baik-baik, jika Anda akan memilih opsi yang satu ini.


3Mengasah Keterampilan Anda

5 Alasan Kenapa Anda Harus Senantiasa Mengembangkan Diri (8) - 7 Cara Mudah Membangun Keberagaman di Tempat Bekerja - 5 Manfaat yang Akan Didapatkan Saat Melakukan Hal yang Tidak Terpikirkan Sebelumnya - 4 Langkah Menjadi Bos yang Baik Agar Para Karyawan Betah Bekerja

Jika ingin mengubah pekerjaan dan karier, itu artinya Anda membutuhkan keterampilan baru yang diperlukan untuk maju dan berkembang di bidang tersebut.

Keterampilan bisa Anda dapatkan dari banyak sumber yaitu pengalaman yang pernah dilakukan, hobi yang dilakukan, aktivitas sukarelawan, buku bacaan, atau mengikuti pendidikan dan pelatihan di bidang tertentu.

Bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan untuk mengikuti pendidikan tersebut?

Jangan khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana yang bisa digunakan untuk mengikuti pendidikan formal dan non-formal. KoinPintar merupakan salah satu produk pinjaman dana khusus pendidikan yang ditawarkan oleh KoinWorks.

Pinjaman dana ini sangat memudahkan karena menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Baca juga: Jangan Menjadi Rata-Rata, Ini 3 Langkah Mengasah Keterampilan Diri

Hal yang paling penting adalah pinjaman yang telah Anda ambil bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar memiliki tujuan untuk membantu masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.

Keterampilan yang terasah dan berkembang dengan baik akan semakin memudahkan Anda untuk berpindah karier dan pekerjaan sesuai dengan keinginan.


4Lakukan Perubahan Secara Bertahap

perhatikan wajah dan nada bicara lawan bicara saat komunikasi saat berkomunikasi di tempat kerja

Jangan terburu-buru membuat keputusan, sebab mengubah pekerjaan adalah proses yang lama.

Anda bisa memulai pekerjaan tersebut dengan paruh waktu terlebih dahulu atau bisa juga menjadi sukarelawan di bidang tersebut untuk memastikan bahwa Anda benar-benar menyukai pekerjaan tersebut.


5Bagaimana Jika Perubahan Karier Tidak Dimungkinkan?

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor

Meskipun Anda ingin mengubah pekerjaan dan karier saat ini, ada situasi yang membuatnya tidak mungkin terjadi, misalnya saja karena masalah keuangan, anak Anda yang baru lahir, atau adanya kontrak jangka panjang yang harus ditaati.

Jika hal di atas yang terjadi, maka Anda bisa berfokus pada sisi positif dan mulai mengembangkan kebiasaan bersyukur atas kondisi yang saat ini dihadapi.

Anda juga bisa memfokuskan diri pada kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan, misalnya saja melakukan hobi, berkumpul dengan keluarga, atau berlibur ke tempat yang menyenangkan.

Jangan memikirkan pekerjaan yang membosankan, Anda bisa membangun suasana yang ramah di dalam kantor atau sekedar membuat lelucon dengan teman di kantor.

Baca juga: 3 Tipe Pemimpin Dunia, Anda Termasuk yang Mana?

Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan karier dan pekerjaan yang baru, maka langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk mendapatkan keterampilan yang baru.

Jangan khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal!

KoinPintar bisa membantu Anda dengan pinjaman dana pendidikan yang memiliki suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan dan bisa diangsur sampai dengan 12 bulan ke depan.

Jangan pernah menjadikan alasan biaya pendidikan yang mahal sebagai kendala untuk mendapatkan pendidkan dan keterampilan yang berkualitas.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.