5 Masalah Keuangan Keluarga yang Tidak Harus Selalu Diketahui Anak Anda – Saat Anda telah memiliki anak, maka sudah seharusnya orangtua mengajarkan mereka tentang uang.

Pelajaran keuangan dasar seperti pengeluaran, menabung, dan juga investasi perlu diketahui oleh anak Anda.

Meskipun demikian, bukan berarti masalah keuangan yang ada di dalam keluarga harus mereka ketahui. Sebab ada beberapa informasi keuangan yang membuat bingung bahkan meresahkan mereka.

5 Masalah Keuangan Keluarga yang Tidak Harus Selalu Diketahui Anak Anda

1Informasi tentang Penghasilan Anda

gaji - uang - sukses- mencatat pengeluaran-7 Keterampilan Uang Agar Kamu Bisa Pensiun Dini

Sebenarnya anak Anda tidak perlu mengetahui tentang berapa banyak uang yang dihasilkan oleh orangtua mereka. Sebab yang perlu mereka ketahui adalah Anda mencintai dan akan merawat mereka dengan sepenuh hati.

Baca juga: Ikuti 5 Proses Berikut ini untuk Menjadi Seorang Jutawan, Jadilah Salah Satunya!

Anda harus menekankan kepada anak bahwa kebahagiaan dan keamanan finansial tidak ada hubungannya dengan jumlah penghasilan yang didapatkan.

Namun, lebih kepada cara Anda mengelola uang tersebut. Itu artinya Anda harus mengajarkan mereka tentang cara menabung, bersikap dermawan dengan orang lain, dan belajar bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini.


2Siapa yang Memiliki Penghasilan Lebih Besar

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - Cara Menjadi Orang Kaya Dengan Gaji Kecil - 5 Langkah Menghentikan Kebiasaan Buruk Hidup Dari Gaji ke Gaji - 5 Jenis Pengeluaran yang Menjadi Silent Killers Anggaran Keuangan Anda - Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan untuk Skip Investasi, Ini 4 Investasi Terbaik!

Kondisi yang sangat umum dan wajar, jika ada orangtua yang menghasilkan lebih tinggi daripada yang lain.

Baca juga: Ketahui 3 Jenis Orang Berdasarkan Tipe Pengeluarannya, Ayo Cari Tahu!

Hal ini biasanya terjadi saat ada salah satu orangtua yang memiliki untuk berhenti bekerja untuk mengurus keluarga dan anak-anak mereka.

Anda hanya perlu menjelaskan kepada mereka nilai dari setiap pekerjaan dan semua pekerjaan yang halal baik dilakukan untuk menjaga rumah tangga tetap berjalan.


3Jumlah Utang yang Dimiliki

pinjaman-kredit-serah terima-modal-usaha

Hutang bisa menjadi sumber stres utama di dalam keluarga. Hal yang harus ditekankan disini adalah anak-anak Anda tidak harus mengetahui permasalahan tersebut.

Bagaimana Anda melunasi kartu kredit atau bagaimana Anda akan membayar hutang yang jatuh tempo adalah kekhawatiran Anda, bukan anak-anak.

Baca juga: 5 Cara Untuk Menghadapi Situasi Keuangan yang Memburuk

Selama Anda mampu merawat dan menyediakan berbagai kebutuhan mereka, maka sebaiknya anak-anak tidak menyadari beban utang tersebut.


4Apa yang Akan Anda Warisi

cara-milenial-cepat-kaya

Jika memiliki jumlah warisan yang cukup besar, maka nilainya tidak perlu Anda sampaikan kepada anak-anak dan harus dirahasiakan.

Anak-anak mungkin saja akan berbagi informasi tentang jumlah kekayaan dan membuat keluarga Anda menjadi target pencurian atau perampokan.


5Biaya Pendidikan Anak

anak - keluarga - orang tua - pendidikan

Informasi tentang biaya pendidikan seharusnya tidak perlu sampai kepada anak-anak. Prioritas yang harus mereka lakukan adalah bersekolah dan mendapatkan prestasi yang baik.

Anak-anak tidak perlu dibebani dengan tekanan apakah mereka perlu mendapatkan beasiswa atau perlu mendapatkan pinjaman untuk membiayai pendidikan.

Sebagai orangtua sudah seharusnya Anda mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini dan jangan menunda hal ini.

Baca juga: 4 Bukti Bahwa Memiliki Anak Membuat Anda Lebih Berhemat

Berinvestasi pada produk yang menguntungkan dalam jangka panjang bisa menjadi solusi utama mengatasi permasalahan ini. Anda bisa membeli saham sebagai bentuk investasi mempersiapkan pendidikan anak.

Jika Anda masih takut dengan resiko investasi, maka mulailah berinvestasi di KoinWorks terlebih dahulu. Mendanai di KoinWorks bisa dimulai dengan modal yang kecil yaitu hanya sekitar Rp100.000 saja.

Dengan modal yang sangat terbatas tersebut potensi imbal hasil yang bisa didapatkan mencapai lebih dari 21% per tahun.

Kesimpulannya adalah anak Anda tidak harus selalu mengetahui permasalahan keuangan di dalam rumah tangga, khususnya yang berkaitan dengan uutang, biaya pendidikan, dan kemampuan Anda memenuhi kebutuhan mereka.

Biarkan mereka fokus belajar dan meraih prestasi di sekolah tanpa harus terbebani dengan masalah keuangan keluarga.

Semoga pembahasan di atas bisa memberikan manfaat untuk Anda!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.