Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Cara Melakukan Analisis Pasar Bisnis Martabak agar Terus Berkembang

Cara Melakukan Analisis Pasar Bisnis Martabak agar Terus Berkembang

·
4 menit
analisis pasar bisnis martabak diperlukan untuk menambah keuntungan

Martabak merupakan salah satu makanan yang sudah sangat terkenal di Indonesia.

Karena ketenarannya ini juga, mencari pedagang martabak tidaklah sulit. Hampir di setiap tempat ada yang menjualnya.

Dengan banyaknya pedagang tersebut, apakah bisnis martabak ini masih menjanjikan dan masih bisa berkembang? Jika kamu melakukan analisis pasar bisnis martabak dengan baik, maka bisnis ini tentu masih bisa kamu kembangkan.

Analisis pasar merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kondisi pasar. Ketika kamu akan melakukan pengembangan usaha, maka hal ini menjadi salah satu langkah yang wajib kamu lakukan.


Analisis Pasar Bisnis Martabak yang Diperlukan

Dalam pengembangan bisnis, maka salah satu hal yang perlu kamu lakukan dengan baik adalah melakuan analisis pasar. Hal ini akan berguna untuk melihat bagaimana perkembangan bisnis kamu dan seperti apa prospek ke depannya.

Dalam melakukan analisis pasar ini juga ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Hal-hal tersebut antara lain:

1. Analisis Pasar Bisnis Martabak 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika akan melakukan analisis pasar ini adalah melihat apakah pasar  yang ada masih relevan dan menguntungkan.

Kaitannya dengan pengembangan bisnis, kamu harus menganalisis apakah pasar tersebut masih bisa berkembang atau tidak.

Analisis pasar ini juga akan melihat sejauh mana bisnis kamu bisa dikembangkan. Analisis yang berkaitan dengan pasar juga akan melihat dan mencari apa saja yang konsumen butuhkan.

Nantinya hasil dari analisis pasar bisnis martabak berkaitan dengan pasar ini juga akan menghasilkan beberapa perubahan yang sepertinya kamu perlukan.

Misalkan, kamu akan menambah beberapa varian rasa dari martabak yang kamu jual. Atau bahkan, kamu perlu menghapus beberapa varian karena tidak terlalu banyak peminatnya.

2. Analisis Permintaan Primer

Analisis pasar yang perlu kamu lakukan juga adalah analisis permintaan primer. Singkatnya, pada tahapan ini kamu harus bisa menjelaskan seperti konsumen yang ada. Kamu juga harus paham tentang alasan mengapa mereka membeli martabak kepada kamu.

Hal ini akan berguna ketika kamu berencana untuk memperlebar target pasar. Dengan melakukan analisis ini maka kamu akan tahu market mana yang bisa kamu tuju berikutnya.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan target-target lainnya yang akan kamu tuju.

3. Analisis Permintaan Selektif

Analisis pasar lainnya yang juga perlu kamu lakukan berikutnya adalah menganalisis permintaan selektif.

Permintaan selektif ini merupakan permintaan spesifik dari konsumen terhadap produk yang kita jual.

Misal, konsumen menginginkan kamu menggunakan coklat merek A atau keju merek B untuk martabak yang kamu buat.

Dari analisis ini, maka kamu bisa menarik kesimpulan tentang seperti permintaan pasar, mengapa mereka menginginkan hal tersebut, dan lainnya.

Selain itu, dari analisis ini juga kamu akan mampu melihat keinginan dan kebiasaan dari para konsumen. Dari sini juga kamu bisa memetakan seperti konsumen yang kamu miliki.

4. Analisis Pasar Bisnis Martabak Tentang Target

Hal berikutnya yang juga kamu perlu untuk perhatikan adalah analisis target bisnis kamu. Di sini, kamu akan menganalisis apakah target yang kamu punya relevan dan bisa terwujud.

Dari sini, juga kamu akan mulai menyusun berbagai strategi yang kamu perlukan untuk mendapatkan target tersebut.

Hasil dari analisis target ini biasanya merupakan rencana bisnis yang akan kamu gunakan. Dengan mengetahui target apa yang ingin kamu capai maka kamu juga akan mudah untuk menentukan setiap langkahnya.

5. Analisis Pasar Tentang Persaingan

Analisis pasar bisnis martabak lainnya yang juga perlu kamu lakukan adalah melakukan analisis persaingan. Nantinya, kamu akan membandingkan apakah produk yang kamu punya bisa bersaing atau tidak.

Di sini juga kamu akan melihat berbagai kelebihan dan kelemahan dari para pesaing.

Manfaat dari melakukan analisis persaingan ini sendiri adalah untuk mempersiapkan kamu dengan berbagai kemungkinan. Persaingan merupakan hal yang tidak bisa kamu hindari. Namun, setidaknya kamu sudah siap untuk menghadapinya.


Bagaimana Cara Melakukan Analisis Pasar Bisnis Martabak?

Analisis pasar merupakan hal yang penting untuk kamu lakukan. Hasilnya nanti akan menjadi panduan kamu untuk menetapkan banyak hal.

Strategi, rencana, target, dan lainnya. Itulah mengapa dalam melakukan analisis pasar bisnis martabak ini tidak bisa kamu lakukan dengan sembarangan.

Berikut adalah bebebrapa langkah yang kamu perlukan untuk melakukan analisis bisnis:

1. Analisis Pasar dengan Melakukan Pendekatan Permintaan

Salah satu hal yang kamu cari dari analisis pasar adalah apa yang konsumen butuhkan. Dan salah satu caranya adalah dengn melakukan pendekatan permintaan ini.

Cara ini akan membuat kamu mengamati setiap kebutuhan yang konsumen inginkan.

Fungsi utama dari melakukan hal ini adalah bisa menyediakan apa yang konsumen butuhkan. Kamu juga bisa menjadikan kebutuhan konsumen tersebut sebagai salah satu inovasi.

2. Analisis Pasar dengan Melakukan Pendekatan Penawaran

Selain melakukan pendekatan penerimaan, hal lain yang juga kamu perlukan adalah melakukan pendekatan penawaran. Pendekatan penawaran ini merupakan cara yang kamu lakukan untuk menawarkan produk yang kamu punya.

Dari sini kamu akan mulai melihat, apakah produk yang kamu buat sudah sesuai dengan pasar yang ada atau belum.

Kamu juga akan mulai membandingkan tentang kualitas, daya beli, daya saing dan berbagai faktor lainnya.

Tujuan utama dari langkah ini adalah melihat sejauh mana produk yang kamu punya diterima pasar.

3. Analisis Pasar untuk Mengamati Tingkat Kebutuhan

Hal ini akan berkaitan dengan seberapa banyak produk yang akan kamu buat dalam satu kali produksi. Kamu akan membandingkan, berapa banyak orang yang membutuhkan produk kamu dengan berapa banyak yang mampu kamu produksi.

Nantinya, analisis pasar bisnis martabak ini akan menentukan juga jumlah bahan baku yang perlu kamu siapkan setiap harinya.

4. Analisis Pasar tentang Waktu Usaha

Ini akan berkaitan dengan jam berapa biasanya banyak orang yang mengkonsumsi martabak. Dengan memperhatikan hal ini maka kamu bisa membuat penyesuaian waktu operasional usaha kamu.

Misalkan, banyak orang yang ingin martabak pada malam hari. Maka, kamu bisa mulai buka usaha sejak sore sampai dini hari.

5. Survey Langsung ke Pasar

Hal ini untuk melihat langsung seperti apa kondisi bisnis yang akan kamu lakukan. Kamu akan melihat langsung bagaimana peta persaingannya.

Dengan melakukan survey langsung ini juga kamu akan mulai bisa memprediksi tentang kemungkinan yang akan terjadi dalam bisnis kamu ke depannya.

Misalkan, kemungkinan timbulnya persaingan baru, kemungkinan munculnya rasa bosan dari konsumen dan lain sebagainya.

Terjun langsung ke lapangan untuk melakukan survey ini juga merupakan salah satu langkah yang penting dalam melakukan analisis pasar bisnis martabak kamu.


Itulah beberapa hal tentang analisis pasar bisnis martabak yang kamu perlu pahami. Ini merupakan salah satu langkah penting ketika kamu ingin melakukan pengembangan usaha.

Analisis ini akan sangat bermanfaat untuk melihat bagaimana prospek usaha kamu ke depannya.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat