Home » Blog » Bisnis & UKM » 9 Cara Untuk Menghadapi Persaingan Usaha

9 Cara Untuk Menghadapi Persaingan Usaha

·
4 menit
tips menghadapi persaingan usaha

Memiliki bisnis yang sukses adalah dambaan dari setiap orang. Inilah yang membuat bisnis bukan hal mudah untuk dijalankan.

Perlu konsisten dan perlu tahu banyak mengenai dunia bisnis supaya bisa tetap bertahan dalam persaingan usaha. Lalu bagaimana cara menghadapi persaingan usaha ini? Berikut ini adalah ulasannya.


  • Kenal konsumen kamu

Tahukah kamu bahwa 80% dari perusahaan tidak memiliki informasi mengenai data konsumen mereka? Mengetahui data konsumen adalah salah satu hal penting untuk menjalankan bisnis.

Pasalnya dengan memiliki data lengkap mengenai konsumen, akan lebih mudah bagi kamu untuk membangun strategi marketing yang efektif untuk bisnis kamu.

Mengenai konsumen kamu dapat membangun hubungan antara perusahaan kamu dengan perusahaan.

Hal ini dapat meningkatkan hubungan dan membantu brand kamu untuk mendapatkan beberapa penjualan lagi dari konsumen tersebut.


  • Kenali kompetitor kamu

Untuk menghadapi kompetisi, pengetahuan mengenai kompetitor merupakan hal wajib untuk kamu perhatikan.

Pengetahuan mengenai kompetitor akan membantu kamu untuk mengenali apa saja kekurangan kompetitor kamu.

Hal ini bisa sangat membantu kamu untuk menemukan aspek bisnis terbaik untuk kamu tingkatkan di dalam bisnis kamu guna menyaingi kompetitor tersebut.

Selain itu salah satu hal penting untuk diperhatikan dari kompetitor kamu adalah apa yang mereka lakukan dan apa yang tidak mereka lakukan.

Perhatikan bagaimana kompetitor kamu berkomunikasi dengan konsumen dan apa yang mereka lakukan untuk menghasilkan konversi pembelian.

Selain itu perhatikan juga mengenai hal yang tidak mereka lakukan dalam strategi marketing mereka.

Hal-hal yang tidak mereka lakukan ini bisa kamu gunakan sebagai jalur masuk untuk mengisi kekosongan di level market tersebut. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pangsa pasar dengan identitas lebih jelas.


  • Membuat highlight mengenai perbedaan bisnis kamu dengan kompetitor

Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat kamu menghadapi kompetisi yang kuat adalah mengenai perbedaan bisnis kamu dengan bisnis kompetitor.

Meskipun memiliki niche yang sama, tapi setiap bisnis pasti memiliki perbedaan. Perbedaan ini harus kamu garis bawahi.

Ya, perbedaan bisa jadi cara paling baik untuk meningkatkan ketertarikan dan konversi dari calon konsumen.

Setelah kamu melakukan riset pasar, kamu bisa mengetahui apa yang membuat konsumen tertarik dengan produk kamu bukan?

Dengan melakukan riset pasar ini kamu juga bisa mengetahui apa yang membuat produk kamu berbeda dengan produk dari kompetitor kamu.

Kamu bisa meng-highlight perbedaan ini dan menampilkannya sebagai nilai plus dari produk atau jasa dari perusahaan kamu.


  • Sampaikan pesan kepada konsumen kamu sejelas mungkin

Pernahkah kamu membeli sebuah produk tanpa tahu manfaat atau cerita menarik di balik produk tersebut? Kamu tahu bahwa cerita atau latar belakang dari sebuah produk atau jasa yang menjadi nilai lebih bagi produk atau jasa dari perusahaan kamu.

Hal inilah yang menyebabkan penyampaian pesan pada konsumen harus dilakukan sejelas mungkin.

Contoh mudahnya, ketika masyarakat awam tidak tahu apa itu pembalut dan sebuah perusahaan memperkenalkan pembalut wanita untuk pertama kalinya tanpa pesan yang jelas, apakah kamu atau wanita lain akan tahu fungsi dari produk ini?

Bahkan untuk mereka yang tahu, mereka juga tidak yakin apakah produk ini benar-benar bisa memberikan proteksi atau tidak.

Jika kondisinya seperti ini apakah akan ada calon konsumen yang bersedia membeli produk ini? Tentu saja lebih banyak yang merasa ragu daripada yakin bukan?

Jadi sebaik apapun produk yang kamu miliki tapi jika kamu tidak bisa menyampaikan pesan dan hal menarik dari produk tersebut, kemungkinan produk tersebut kalah saing dari produk lainnya akan lebih besar.

Inilah yang membuat kamu harus membuat iklan dengan kualitas tinggi agar pesan kamu dapat tersampaikan semaksimal mungkin.


  • Eksplorasi market baru

Jika kamu merasa market yang kamu miliki sudah terkunci dan sulit untuk di explore lebih dalam lagi, kamu bisa mencoba untuk melakukan eksplorasi pada market baru.

Hal ini akan membantu kamu keluar dari persaingan tidak sehat dan memulai persaingan baru yang lebih menarik.


  • Selalu menjaga konsumen loyal

Bagi kamu yang sedang menghadapi persaingan ketat dengan kompetitor, hingga kamu merasa kompetisi ini sangat sengit, jangan lupa bahwa konsumen lama sama pentingnya dengan konsumen baru.

Expand market merupakan hal penting tapi jangan sampai kamu melupakan konsumen yang sudah menemani kamu dari nol hingga saat ini. Menjaga loyalitas konsumen sangat membantu dalam pemasaran digital.

Konsumen yang loyal akan membantu meningkatkan social media engagement sehingga bisnis kamu akan terkesan lebih terpercaya.

Selain itu, percuma jika kamu mencari konsumen baru tapi konsumen lama pergi meninggalkan merk kamu bukan? Karena hal ini bisa jadi kali tutup lobang saja bukan menjadi perluasan dan penguatan pasar.


  • Mengeksplorasi peluang yang berhubungan dengan partner bisnis

Sangat penting bagi kamu untuk memiliki partner bisnis. Hal ini disebabkan karena partner bisnis dapat memberikan kekuatan pada produk dan juga badan kamu.

Cara memenangkan atau menghadapi persaingan bisnis ini merupakan cara eksplorasi peluang yang sudah sangat populer sejak dahulu.

Cara ini juga sudah dibuktikan mampu membantu meningkatkan daya saing sebuah brand untuk memperkuat kedudukannya di pasarnya guna menghadapi persaingan.

Cara ini juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti salah satunya Starbuck yang menjalin hubungan dengan Earthwatch sejak tahun 2001.


  • Terus melakukan inovasi

Langkah lain untuk menghadapi persaingan pasar adalah dengan memastikan bahwa brand kamu terus melakukan inovasi. Inovasi akan membuat kamu lebih mudah mempertahankan konsumen loyal dan bahkan memenangkan perhatian konsumen baru dari kompetitor kamu.

Hal ini disebabkan karena konsumen mudah merasa bosan. Bukan hanya itu, terkadang konsumen juga membeli bukan karena kebutuhan tetapi karena keinginan.

Jika kamu terus melakukan inovasi dan mengeluarkan produk atau jasa baru, hal ini akan membuat kamu lebih mudah mendapatkan perhatian apalagi jika produk inovasi kamu memang berkualitas tinggi.


  • Memperhatikan tim kamu

Meningkatkan kualitas produk kamu, melakukan inovasi, dan hal-hal lain yang sudah disebutkan sebelumnya merupakan hal penting dalam pengelolaan bisnis di area eksternal.

Akan tetapi meski kamu memiliki pengelolaan eksternal yang kuat belum tentu kamu bisa memenangkan persaingan bisnis dengan kompetitor kamu.

Jika saat ini bisnis kamu berada dalam kondisi terbaiknya, salah satu alasan kesuksesan bisnis kamu adalah tim pendukung di belakang produk dan brand kamu.

Tim yang bahagia dengan pekerjaan mereka akan membuat kinerja mereka lebih optimal dan menghadirkan inovasi kreatif untuk mendukung strategi bisnis kamu.

Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga tim kamu agar tetap bahagia dengan pekerjaan mereka.

Bisa kamu bayangkan jika kamu memiliki tim yang kuat dan solid tapi mereka kurang puas dengan kedudukan mereka atau gaji mereka, mereka bisa saja move on ke tim kompetitor kamu. Jika seperti ini akan sangat berbahaya bukan?

Nah sekarang sudah jelas bukan bagaimana cara menghadapi persaingan usaha untuk bisnis kamu? Oleh karena itu jangan sampai salah langkah ya!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​