Berbisnis bukan hanya tentang produk dan pasar melainkan juga bagaimana agar bisnis Anda tetap eksis walau banyak pesaing. Persaingan dalam dunia bisnis merupakan sebuah keharusan yang tidak mungkin Anda hindari. Bahkan, jika Anda menghindari kompetisi atau persaingan, justru Anda sendiri yang akan tumbang dan ambruk. Persaingan bukan untuk dihindari melainkan untuk dihadapi dan dilewati. Dengan begitu Anda akan selalu terlihat didepan memimpin. Sebaliknya, pesaing Anda akan berada di belakang.

Anda membutuhkan tips cerdas untuk bisa memenangkan kompetisi bisnis. Tentu, cara yang dilakukan masih dalam kategori sehat dan terkontrol. Berikut beberapa tips yang harus Anda lakukan ketika Anda ingin bisa memenangkan persaingan di medan bisnis.

Amati, Tiru, dan Modifikasi

Amati, Tiru, serta Modifikasi atau sering disingkat ATM memang metode yang sangat populer di dalam dunia bisnis. Anda boleh saja memiliki banyak pesaing. Namun, dengan prinsip atau metode ATM ini tentunya Anda akan lebih mudah untuk bisa mengenali pesaing Anda bahkan Anda bisa mengontrol laju perkembangan pesaing Anda. Mulailah dengan mengamati produk yang ditawarkan pesaing Anda kemudia tiru caranya serta modifikasi bentuk dan warnanya agar terlihat berbeda walau lahir dari ide yang sama.

Hindari jelekkan pesaing

Keberadaan pesaing memang bisa dikatakan menjengkelkan lantaran mereka akan menurunkan jumlah pelanggan Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa rasa jengkel bahkan sakit hati ini harus bisa dikontrol dengan baik agar persaingan berjalan tetap sehat. Ingat, hindari untuk menjelek-jelekan pesaing atau produknya di depan konsumen. Ini akan berefek besar. Bukannya konsumen akan percaya dengan Anda, mereka justru akan menghindari Anda dan mencoba apa yang dipromosikan oleh pesaing. Secara tidak langsung, Anda telah mengiklankan pesaing Anda karena membuat konsumen penasaran.

Jadi, bersainglah yang sehat dan wajar. Tunjukkan berbagai cara menarik untuk bisa meningkatkan jumlah konsumen. Anda bisa memulai dengan ide kreatif dan segar yang bisa dipadukan dengan kemampuan atau skill Anda. Ini penting agar konsumen juga melihat Anda yang respek terhadap pesaing. Terkadang, justru dengan mengalah dengan mereka yang memiliki modal lebih besar, Anda sudah pesimis terlebih dahulu. Namun, dengan persaingan yang sehat, akan menimbulkan banyak manfaat.

Tinggikan kualitas produk serta pelayananannya

Tidak menutup kemungkinan jika kualitas serta pelayanan produk yang ditawarkan menjadi syarat utama pembeli akan membeli produk Anda. Disisi yang lain, tingginya kualitas produk disertai dengan pelayanan yang aman, maka sudah barang tentu konsumen akan datang mencari toko atau usaha yang pas yang menawarkan produk sesuai dengan seleranya. Oleh sebab itu, kreatifitas serta ide yang segar yang bisa menciptakan antusiasme konsumen juga bosa menjadi daya tarik kenapa Anda harus memiliki ide segar ketika berhadapan dengan pesaing baru.

Evaluasi serta lakukan tindakan nyata

Pesaing dalam bisnis tidak bisa dihindari namun bisa dikontrol. Dengan tips yang sehat, akan lebih mudah untuk bisa memahami karakter pesaing serta evaluasi yang akan membuat Anda lebih paham kenapa pesaing Anda memiliki lebih banyak kelebihan jika dibandingkan dengan Anda. Namun, bukan berarti bahwa melakukan evaluasi ini akan menghentikan kegiatan bisnis inti Anda yakni, menjual produk tertentu untuk. Evaluasi dilakukan untuk mempersiapkan persaingan yang lebih ketat dan lebih sehat lagi. Ini penting untuk dilakukan.

Perluasan pasar

Tidak menutup kemungkinan bahwa faktor berikutnya yang bisa memberikan kesan kepada pesaing dalam bisnis adalah dengan memperluas pasar dan jangkuan produk. Anda harus jeli melihat setiap kesempatan sehingga Anda tidak akan menyesal dengan keputusan Anda sendiri. Sebagai contoh, jika produk yang Anda tawarkan hanya untuk kalangan remaja saja maka dengan memperluas pasar berarti Anda akan membuat produk yang bisa dinikmati oleh anak-anak bahkan sampai pada orang dewasa. Perluasan pasar diprediksi akan memberikan efek yang positive terhadap Anda sendiri.

Strategi tepat untuk promosi

Ada banyak strategi yang bisa Anda untuk bisa mendatangkan banyak konsumen serta menjaga konsumen lama untuk tetap setiap. Strategi bisnis disini bisa dengan memberikan diskon, voucher dan giveaway. Dengan strategi yang tepat, maka Anda tidak akan berlebihan dalam menanggapi perkembangan pesaing Anda. Anda juga bisa menggunakan berbagai sosial media untuk memasarkan produlk Anda atau untuk memperkuat jaringan konsumen yang sudah Anda dapatkan.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.