Live Streaming Jualan, Apakah Efektif?

Live streaming jualan

Live streaming jualan bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan, terutama di era digital saat ini.

Meskipun beberapa waktu yang lalu TikTok Shop ditutup, namun sebenarnya masih bisa digunakan untuk Live streaming jualan. 

Hanya saja, tidak bisa menautkan keranjang kuning atau dengan kata lain butuh dukungan platform lain untuk konsumen berbelanja seperti chat melalui WhatsApp atau melalui platform online shop.

Mengapa Live Streaming Jualan Efektif?

Keterlibatan Langsung

Dengan melakukan live streaming atau siaran langsung maka membuka kemungkinan untuk mengajak penonton berinteraksi secara langsung dengan penjual.

Mereka dapat mengajukan pertanyaan, memberikan komentar, bahkan menanyakan detail barang yang dijual.

Demonstrasi Produk

Kamu dapat secara langsung mendemonstrasikan produk, menjelaskan fitur-fitur, dan cara menggunakannya.

Ini membantu calon pembeli untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang produk sebelum mereka memutuskan untuk membelinya.

Trik Pemasaran Yang Membuat Calon Pembeli Tidak Berpikir 2 Kali

Seperti yang diketahui bahwa terkadang hanya melihat foto katalog produk masih kurang meyakinkan foto bisa saja diedit sedemikian rupa agar terlihat bagus.

Oleh karena itu, mendemokrasikan produk secara langsung merupakan cara yang tepat untuk menunjukkan kepada calon pembeli kondisi produk yang dijual secara langsung.

Kepercayaan

Live streaming memberikan kesempatan untuk membangun kepercayaan dengan cara yang lebih pribadi.

Penonton dapat melihat dan mendengar penjual secara langsung, yang dapat membantu dalam membangun hubungan yang kuat antara penjual dan calon pembeli.

Promosi Khusus

Melaui live streaming, kamu dapat menawarkan promosi khusus selama live streaming, seperti diskon eksklusif atau penawaran terbatas.

Hal ini dapat mendorong calon pembeli untuk segera melakukan pembelian.

Pengumuman Produk Baru

Live streaming juga dapat digunakan untuk mengumumkan produk baru atau koleksi terbaru.

Ini memberikan kesempatan untuk menciptakan ekspektasi dan keingintahuan di antara penonton.

Pengumuman produk yang dilakukan melalui siaran langsung bisa membuat hubungan antara penjual dan calon pembeli terasa semakin “personal” sehingga kemungkinan untuk membeli produk semakin meningkat.

Kecepatan

Live streaming berlangsung secara real-time, sehingga kamu dapat merespon perubahan tren atau permintaan pelanggan dengan cepat.

Hal ini dapat membantu kamu untuk tetap relevan dalam pasar yang cepat berubah.

Keterjangkauan

Dengan berbagai platform live streaming yang tersedia, kamu dapat mencapai audiens yang lebih luas tanpa batasan geografis.

Selama daerah tersebut bisa menjangkau sinyal internet, maka siaran langsung produkmu bisa disaksikan dari daerah manapun.

Analitik dan Insight

Beberapa platform live streaming menyediakan data analitik yang dapat membantu kamu memahami perilaku dan preferensi pelanggan kamu lebih baik.

Informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan strategi penjualan kamu.


Namun, untuk mencapai efektivitas maksimal dalam live streaming jualan, penting untuk memiliki perencanaan yang baik, peralatan yang memadai, dan pemahaman yang kuat tentang audiens kamu.

Kamu juga perlu mempromosikan sesi live streaming kamu dengan baik sebelumnya, agar lebih banyak orang tahu tentangnya.

Selain itu, mengembangkan kemampuan komunikasi yang baik dan keterampilan dalam menjawab pertanyaan serta mengatasi situasi yang mungkin muncul selama live streaming juga sangat penting.

Apabila kamu membutuhkan modal tambahan untuk membeli peralatan penunjang live streaming kamu, KoinBisnis merupakan solusi yang tepat.

Kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha sampai denganRp. 2 Miliar tanpa perlu agunan.

Cari tahu selengkapnya tentang KoinBisnis disini.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.