Memanfaatkan Efek Compounding Sebagai Bagian dari Strategi Pengalokasian Dana – Katakanlah Anda saat ini sedang berada di puncak sebuah bukit yang diselimuti salju. Anda membuat bola salju dan menggelindingkannya dari puncak terus ke kaki bukit.

Bila Anda memperhatikannya, bola salju itu pun perlahan akan membesar, tergulung semakin besar oleh salju yang dilintasinya selama menggelinding.

Sederhananya, begitulah cara kerja efek compounding terhadap pengalokasian dana yang rutin Anda lakukan, bahkan bila dimulai sedini mungkin.

Baca Juga: Masih Belum Berpengalokasian dana? Ini 3 Hal yang Anda Lewatkan

Bola salju yang Anda gelindingkan serupa dengan dana pengalokasian dana, di mana setiap pengembalian yang didapatkan apabila dipengalokasian danakan kembali akan menghasilkan bunga dan terus bergulung menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal.

Seluk Beluk Efek Compounding Terhadap Pengalokasian Dana

Memanfaatkan Efek Compounding Sebagai Bagian dari Strategi Pengalokasian Dana

Efek compounding sangat bermanfaat dalam jangka panjang. Karena sifatnya yang lebih positif bila dimanfaatkan dalam jangka panjang, hal itu sejalan bila kita mengatakan bahwa pengalokasian dana akan semakin bermanfaat bagi anak muda.

Anak muda yang berpengalokasian dana sejak dini memiliki waktu yang sangat panjang untuk memanfaatkan efek compounding. Katakanlah Anda saat ini berusia 25 tahun dan pada usia 55 tahun kelak Anda memutuskan untuk pensiun. Tentu saja Anda harus mempersiapkan dana pensiun dalam 30 tahun ke depan.

Bila Anda rutin berpengalokasian dana, misalnya mengalokasikan Rp 3.000.000 setiap bulannya dengan bunga flat sebesar 12% per tahun, maka dalam 30 tahun ke depan nilai uang Anda menjadi:

  • Future Value: Rp 10.697.590.246
  • Total Dana yang Dipengalokasian danakan: Rp 1.083.000.000
  • Total Bunga yang Didapat: Rp 9.614.590.246

Anda dapat menghitungnya dengan rumus di bawah ini:

rumus perhitungan bunga compounding - koinworks

Hingga di tahap ini, paling tidak Anda sudah mengetahui bagaimana signifikannya pengaruh efek compounding terhadap pengalokasian dana Anda. Semakin lama waktu yang Anda jalani untuk mengpengalokasian danakan pengembalian yang telah Anda dapat, semakin maksimal lagi keuntungan total yang akan didapatkan.

Anda bisa memahami penjelasan lengkap tentang efek compounding di artikel berikutJadi bagaimana caranya memanfaatkan efek compounding dan menyertakannya dalam strategi pengalokasian dana Anda?

Memanfaatkan Efek Compounding Sebagai Bagian dari Strategi Pengalokasian Dana

1. Mulai Sedini Mungkin

pengalokasian dana bisnis - pengalokasian dana sedini mungkin

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, efek compounding akan semakin signifikan pengaruhnya apabila dimanfaatkan sedini mungkin. Jadi, mulailah dari sekarang.

Dana bila pun Anda sudah mulai mendanai, jangan berhenti sampai di situ saja. Selain Anda harus rutin berpengalokasian dana, Anda pun harus mendiversifikasikan dana pengalokasian dana Anda dengan mengalokasikannya ke beragam instrumen pengalokasian dana.

2. Rajin Berpengalokasian dana Minimal Setiap Bulan

pengalokasian dana online koinworks - alasan kenapa pengalokasian dana

Berpengalokasian dana pada satu kali saja tidak akan berefek banyak pada keadanaan finansial Anda di masa depan. Rutinlah mengalokasikan sekian persen dari pendapatan bulanan Anda khusus untuk dipengalokasian danakan ke beragam instrumen.

Ingat! Jangan pernah “don’t put all your eggs in one basket”, jangan pernah alokasikan seluruh dana pengalokasian danakan pada satu tempat saja! Bila Anda selama ini berpengalokasian dana saham, jangan hanya berpengalokasian dana pada satu stok saja.

Baca Juga: Pengalokasian Dana Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

Coba juga perusahaan lain yang mungkin lebih menguntungkan. Dan apabila Anda selama ini hanya berpengalokasian dana saham atau obligasi, coba juga instrumen pengalokasian dana lain seperti peer to peer lending, semisal KoinWorks, atau pun reksa dana.

3. Pilih Jenis Pengalokasian Dana Sesuai Risk Tolerance

Tips Mengelola Arus Kas Bisnis

Jenis pengalokasian dana pun harus sesuai dengan risk tolerance, yakni harus sesuai dengan tingkat risiko yang sanggup Anda terima apabila terjadi kerugian. Meski sering dikaitkan dengan pengalokasian dana saham, berpengalokasian dana sesuai risk tolerance juga berkaitan dengan jenis pengalokasian dana lainnya.

Baca Juga: Dari 5 Jenis Pengalokasian Dana Populer yang Ada di Indonesia, Anda Pilih yang Mana?

Ketika memilih jenis pengalokasian dana apa yang cocok untuk Anda, pelajari terlebih dahulu keuntungan dan kerugian berikut risiko yang dikandung oleh jenis pengalokasian dana tersebut. Apakah risiko yang dimilikinya sesuai dengan keuntungan potensial yang bisa Anda terima nantinya?

Bila sudah sesuai, maka targetkan efek compounding darinya. Berpengalokasian danalah dengannya dalam jangka panjang, mulai dari sekarang, tanpa melewatkan analisa terhadap risiko dan potensi kerugian lainnya. Baca juga artikel berikut:

https://koinworks.com/blog/cara-berpengalokasian dana-sesuai-risk-tolerance/

4. Ciptakan Portofolio yang Low Risk, High Return

menciptakan portofolio pengalokasian dana

Dalam pengalokasian dana, istilah “high risk, high return” dan sebaliknya sudah sangat populer. Nah, bagaimana caranya menciptakan portofolio pengalokasian dana yang berisiko rendah namun berpotensi menghasilkan keuntungan pengalokasian dana yang lebih tinggi alias low risk, high return?

Baca Juga: Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Dengan Pengalokasian Dana

Dalam memanfaatkan efek compounding, portofolio yang demikian akan semakin menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal terhadap keadaan finansial Anda dalam jangka panjang. Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana caranya menciptakan portofolio yang low risk namun high return:

https://koinworks.com/blog/portofolio-pengalokasian dana-yang-low-risk-high-return/

Untuk meyakinkan Anda sekali lagi bagaimana memanfaatkan efek compounding akan sangat bermanfaat bila dijadikan bagian dari strategi pengalokasian dana Anda, coba gunakan kalkulator di bawah ini:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Bila Anda rutin berpengalokasian dana dari sekarang, ditambah dengan strategi yang tepat seperti yang tertuang di atas, bukan tidak mungkin kondisi finansial Anda di masa depan aman untuk melindungi kebutuhan perekonomian keluarga Anda meskipun nantinya sudah pensiun. Bagaimana menurut Anda?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.