5 Aturan Penting Saat Membangun Aset dari Nol, Terapkan Sejak Dini dan Jangan Ditunda! – Tidak perlu memiliki gaji dan pendapatan yang besar untuk mengakumulasikan kekayaan Anda di masa depan.

Jika Anda mampu menerapkan strategi yang tepat dalam membangun kekayaan, maka tujuan tersebut tetap dapat terwujud meskipun dengan pendapatan yang tidak terlalu besar.

Hal yang perlu Anda lakukan saat ini adalah mulai merencanakan sejak awal beberapa strategi pengeluaran dan tabungan setiap bulannya.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang 5 aturan penting yang bisa diterapkan untuk membangun kekayaan.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

5 Aturan Penting Saat Membangun Kekayaan, Terapkan Sejak Dini dan Jangan Ditunda!

1. Miliki Visi Keuangan yang Sama Dengan Pasangan Anda

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Aturan penting saat membangun aset dari nol dalam daftar ini berkaitan dengan visi keuangan.

Baca Juga: 6 Tanda Pasangan Anda Memiliki Keuangan yang Berantakan, Ajaklah untuk Berubah!

Tujuan keuangan tidak bisa dilakukan seorang diri, jika Anda sudah menikah dan memiliki pasangan, pastikan pasangan Anda memiliki visi yang sama tentang keuangan di masa depan.

Pasangan yang tidak mampu mendukung tujuan keuangan akan membuat Anda sulit merealisasikan mimpi membangun kekayaan di masa depan.

Baca Juga: Hal Berbeda yang Dilakukan Orang Kaya dan Miskin

Mulai saat ini, ajaklah pasangan Anda berdiskusi tentang tujuan keuangan di masa depan. Pastikan Anda dan pasangan memiliki pemikiran yang sama dan ia bersedia menjalankan rencana yang sudah dibuat bersama.


2. Jangan Membiasakan Diri Berhutang

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang - pinjaman uang

Hutang yang Anda miliki bisa saja baru lunas dalam jangka waktu bertahun-tahun sejak Anda mulai meminjam.  

Baca Juga: 7 Cara Hidup Enak Sambil Tetap Bisa Menabung dan Berinvestasi

Tentu hal ini sangat membebani diri sendiri, dimana hutang membuat Anda kesulitan untuk mengakumulasikan kekayaan karena adanya beban yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Jangan mudah tergiur dengan tawaran kartu kredit yang ditawarkan atau berhutang untuk barang-barang konsumtif seperti pakaian mewah atau liburan mewah.

Satu hal lagi yang dianggap hutang baik oleh kebanyakan orang yaitu hutang membiayai pendidikan.

Jangan berhutang untuk membiayai pendidikan anak Anda, lebih baik investasikan sebagian pendapatan Anda sejak dini untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.

Hutang yang Anda keluarkan untuk dana pendidikan anak akan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk bisa lunas dan hal ini tentu saja bisa menganggu dana pensiun yang perlu Anda persiapkan.

Lebih baik berinvestasi!

KoinWorks bisa menjadi pilihan investasi berbiaya rendah yang bisa Anda mulai hanya dengan Rp 100.000 saja.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks, Investasi Untung Mulai Rp 100.000

Tingkat imbal hasil yang Anda dapatkan pun sangat kompetitif yaitu mulai dari 18% – 35% bunga efektif dalam setahun. Anda bisa bayangkan berapa nilai uang di masa depan, jika Anda mampu menyisihkan uang lebih dari Rp 100.000 setiap harinya untuk berinvestasi.


3. Mempersiapkan Pensiun Sejak Dini

Kesalahan Menabung Dana Pensiun

Pensiun bukan hanya prioritas pekerja yang sudah berusia lanjut saja, Anda yang masih muda juga sangat penting untuk mempersiapkan dana pensiun sejak mulai bekerja.

Baca Juga: Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

Dana pensiun ini akan sangat bermanfaat untuk Anda membiayai kehidupan di masa tua, sehingga tidak perlu menyusahkan anak-anak atau keluarga.

Ada banyak sekali program pensiun yang bisa Anda ikuti, jika perusahaan Anda memiliki program ini, tidak ada salahnya untuk ikut serta.

Biasanya nilai iuran yang harus dibayarkan tidak terlalu besar, hanya sebagian kecil persentase saja yang perlu dikeluarkan setiap bulannya.

Jika Anda masih berusia 20-30 tahun, sebagian pendapatan yang Anda miliki bisa diinvestasikan ke dalam instrumen saham yang memiliki tingkat imbal hasil paling tinggi.

Baca Juga: Kesalahan Menabung Dana Pensiun yang Harus Dihindari dari Usia 20-an

Rentang investasi 10-15 tahun bisa memberikan tingkat imbal hasil yang optimal pada saham yang Anda miliki.


4. Hiduplah Sederhana dan Tingkatkan Secara Perlahan Standar Hidup Anda

menulis blog - Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Jangan menjadi pribadi yang hidup berlebihan di atas kemampuan Anda.  Jangan membeli barang jika Anda tidak mampu membayar barang tersebut secara tunai.

Baca Juga: Jangan Terburu-Buru! Ini 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Memiliki gaya hidup yang berlebihan dan terlalu sering berhutang akan mempengaruhi dana yang Anda miliki setiap bulannya. Hal ini tentu akan membuat Anda semakin sulit membangun aset dari nol.

Jika Anda kebetulan membeli rumah dengan cara mencicil, pastikan nilai cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan kurang dari 30% dari pendapatan Anda. Apabila Anda memiliki dana yang berlebihan, maka fokuskan untuk melunasi cicilan rumah tersebut lebih cepat.

Jika Anda memiliki kebiasaan membeli makanan di tempat mewah dengan harga yang mahal, mulai saat ini ubahlah kebiasaan untuk makan lebih sederhana.

Penghematan yang Anda lakukan membuat lebih banyak dana yang bisa dikumpulkan dan bisa membantu Anda mengakumulasikan kekayaan dengan lebih cepat.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini

Perlu konsistensi dan kedisiplinan untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik. Latihlah diri Anda secara perlahan-lahan sampai terbiasa menjalani hidup yang lebih sederhana dan tidak berlebihan.


5. Jangan Lupa Dana Pendidikan Anda!

mempersiapkan biaya pendidikan anak

Aturan penting saat membangun kekayaan terakhir berkaitan dengan pendidikan. Mengakumulasikan kekayaan bukan artinya harus melupakan tanggung jawab Anda sebagai orang tua.

Dana pendidikan anak tetap harus dijadikan prioritas dan perlu dipersiapkan sejak dini dan tidak boleh ditunda-tunda.

Baca Juga: Buka Peluang Karier, Ini 12 Lembaga Pendidikan Mitra KoinWorks

Dana pendidikan yang tidak dipersiapkan sejak dini bisa mempengaruhi nilai kekayaan Anda di masa depan. Jadi, jangan pernah menyepelekan dana pendidikan anak dan tidak mulai mempersiapkannya.

Pertimbangkan tingkat inflasi, lokasi pendidikan anak, dan jurusan yang akan diambil saat akan mempersiapkan dana pendidikan anak.

Baca Juga: KoinWorks Tawarkan Pinjaman Pendidikan dengan Bunga Terjangkau

Dengan 5 aturan penting di atas, kami berharap Anda bisa dengan mudah membangun kekayaan yang menjadi tujuan di masa depan. Terapkan aturan di atas secara konsisten dan disiplinlah dalam menerapkannya.

Nah, itulah 5 aturan penting saat membangun kekayaan yang harus diterapkan dari sekarang. Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.