6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya – Elon Musk merupakan salah satu pengusaha pemberani yang ada di Silicon Valley dengan dua perusahaan besarnya, yaitu Tesla Motors dan SpaceX. Kekayaan bersih yang ia miliki saat ini sekitar USD 19,4 Miliar pada tahun 2018.

Baca juga: Hey Anak Muda! Anda Wajib Punya Skill Finansial Ini Agar Bisa Kaya Raya Di Masa Depan

Jumlah kekayaan sebesar itu tidak ia dapatkan dalam waktu yang sekejap saja, sebab ada usaha keras yang dilakukannya sebelum pada akhirnya mampu menjadi salah seorang milarder di dunia.

Inilah 6 cara kreatif yang pernah dilakukan oleh Elon Musk untuk mendapatkan uang. Apa saja?

6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya

1. Mulai Menciptakan dan Menjual Video Game Sendiri Pada Usia 12 Tahun

Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini

Elon Musk termasuk anak yang cerdas dan menunjukkan ketertarikan dengan komputer sejak usia yang masih sangat dini, di mana ia belajar pemrograman sendiri pada usia 9 tahun.

Baca Juga: 8 Cara Menghasilkan Passive Income dengan Mudah

Dengan kemampuannya di bidang pemrograman komputer, Elon Musk akhirnya bisa membuat permainan dengan tema ruang angkasa yang diberi nama Blastar.

Permainan ini sangat sederhana, di mana tujuan permainannya hanyalah menghancurkan kapal asing yang dipenuhi dengan senjata pemusnah massal.


2. Bekerja sebagai Tenaga Pembersih Ruang Boiler di Sebuah Pabrik Kayu

Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini

Pada tahun 1988, Elon Musk pergi meninggalkan Afrika Selatan dan datang ke Kanada untuk mulai mengerjakan beberapa pekerjaan di sana.

Saat itu, Elon Musk datang ke sebuah kantor ketenagakerjaan dan bertanya tentang pekerjaan dengan upah terbaik.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Tetap Hidup Sederhana Meski Punya Banyak Uang!

Dari sanalah ia mendapatkan informasi dan akhirnya mulai bekerja sebagai tenaga pembersih ruang boiler di sebuah pabrik kayu.

Pekerjaan yang dilakukan oleh Elon Musk sangatlah berat, sebab ia harus merangkak ke dalam ruangan kecil dan harus membersihkan residu pada kondisi suhu yang sangat tinggi. Jumlah upah yang ia terima saat itu adalah USD 18 per jam yang termasuk besar pada tahun 1989.


3. Mendapatkan Kesempatan Magang di Bank of Nova Scotia dengan Cara Unik

Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini

Elon Musk dan saudara laki-lakinya, Kimbal, mulai mencari para pengusaha yang akan ditemui dan mereka secara bergantian membuat panggilan kepada para eksekutif tersebut.

Panggilan telepon yang mereka lakukan bermaksud untuk bertanya apakah pada eksekutif tersebut bersedia untuk makan siang bersama.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Membuang Uang yang Sering Dilakukan Oleh Millennial

Salah seorang pengusaha yang saat itu mereka telepon adalah Peter Nicholson, eksekutif dari Bank of Nova Scotia.

Peter Nicholson sangat terpesona dengan inisiatif yang dilakukan oleh kedua anak laki-laki tersebut. Saat bertemu, Peter Nicholson menawarinya untuk magang di musim panas dengan bayaran USD 14 per jam.


4. Mendapatkan Uang Ekstra dengan Menjual Komponen Komputer dan PCLuar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini

Saat berkuliah di Queens University, Ontario, mantan suami Talulah Riley ini mencari cara untuk mendapatkan dana tambahan melalui kamar asramanya.

Ia pun memilih untuk menjual berbagai perangkat keras dan menawarkan jasa yang berkaitan dengan komputer kepada teman-temannya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Membuang Uang yang Sering Dilakukan Oleh Millennial

Contoh pekerjaan yang dilakukan oleh pria bernama lengkap Elon Reeve Musk FRS  ini adalah memperbaikki komputer temannya yang mengalami masalah virus atau komputer yang tidak bisa boot.


5. Mendirikan Perusahaan Start Up Internet dengan Saudaranya

Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini

Pada 1995, Elon Musk memutuskan untuk berhenti kuliah dari Stanford University dan memilih untuk ikut mendirikan perusahaan internet.

Ia memiliki pemikiran bahwa internet memiliki peluang yang lebih besar untuk mengubah masyarakat.

Baca juga: Bermimpi Untuk Menjadi Miliarder? Ini 5 Kebiasaan yang Dilakukan Miliarder Supaya Cepat Kaya

Ia bekerja sama dengan Kimbal untuk mulai mendirikan Zip2, sebuah perusahaan yang menyediakan peta dan direktori ke surat kabar online. Kala itu, ia masih menggunakan uang ayahnya sebesar USD 28.000.

Empat tahun sejak berdirinya Zip2, Elon Musk mampu menjadi jutawan, saat mereka menjual Zip2 kepada perusahaan PC, Compaq pada 1999.


6. Mendirikan X.Com

Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini

Setelah menjual perusahaan yang didirikan bersama saudaranya, Elon Musk mulai menginvestasikan uang sebesar USD 12 Juta untuk mendirikan X.Com. X.Com direncanakan Musk sebagai masa depan perbankan online.

Baca Juga: Supaya Bisa Investasi Sedari Muda, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Di tahun 2000, akhirnya X.Com bergabung dengan Confinity dan kemudian perusahaan tersebut berubah nama menjadi Paypal. Sebagai pemegang saham mayoritas, Elon Musk dijadikan sebagai CEO berdasarkan rapat yang diadakan.

Setelah bergabung dan menjadi Paypal, perusahaan ini mulai mencetak laba bersih mencapai USD 165 juta kala itu.


Apa pelajaran yang bisa didapat dari Elon Musk?

Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini
sumber foto: medium.com

Dari penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa Elon Musk termasuk tipe pekerja keras yang senantiasa memanfaatkan peluang. Tidak hanya itu saja, uang yang dimiliki dari penjualan perusahaan tidak serta merta dihabiskan untuk berfoya-foya.

Baca juga: Kisah Michael Larson, Orang di Balik Kekayaan Bill Gates

Elon Musk lebih memilih menginvestasikan dananya untuk mendirikan perusahaan baru yang pada akhirnya membuat nilai kekayaannya terus berkembang. Sikap baik  inilah yang bisa ditiru dari Elon Musk, yaitu kebiasaan berinvestasi.

Tidak harus menunggu uang Anda berjumlah ratusan juta untuk memulai berinvestasi. Sebab, saat ini hanya dengan modal uang sebesar Rp 100.000 Anda sudah bisa berinvestasi di KoinWorks. Nilai yang tidak terlalu besar atau  memberatkan Anda untuk mulai berinvestasi.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

KoinWorks banyak dijadikan pilihan bagi para investor pemula, terutama anak muda. Hal ini dikarenakan selain sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK ini, berinvestasi di KoinWorks memungkinkan Anda untuk membantu para pengusaha dalam mengekspansi bisnisnya.

Bisa dikatakan, ini seperti win-win solution. Anda bisa mendapatkan bunga keuntungan hasil investasi dan bisnis yang Anda bantu lewat pendanaan Anda, bisa semakin membuat bisnisnya berkembang.

Baca juga: Strategi Investasi di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan

Tertarik untuk mencoba berinvestasi di KoinWorks tapi belum mengerti bagaimana caranya? Simak halaman Panduan KoinWorks untuk semakin melengkapi pemahaman Anda.

Siapa tahu, dengan berinvestasi, Anda bisa menjadi The Next Elon Musk versi Indonesia!


Sumber gambar: CNBC.com

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.