Home » Blog » Gaya Hidup » 5 Teknik Belajar demi Mendapatkan Banyak Pengetahuan

5 Teknik Belajar demi Mendapatkan Banyak Pengetahuan

7 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat, Tak Perlu ke Luar Negeri! (1) - 5 Teknik Belajar Demi Mendapatkan Banyak Pengetahuan - 5 Alasan Mengapa Belajar Lebih dari Satu Bahasa Itu Perlu

5 Teknik Belajar demi Mendapatkan Banyak Pengetahuan – Belajar pengetahuan dan keterampilan baru akan membuat Anda mendapatkan sejumlah manfaat besar, meliputi harga diri, pertumbuhan pribadi, dan menjaga sel otak tetap aktif.

Tidak ada batasan usia untuk terus belajar, meskipun saat ini Anda telah menempuh pendidikan pascasarjana dan mendapatkan gelar doktor.

Teruslah menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan yang dimiliki. Agar memudahkan proses belajar, yuk simak 5 teknik belajar demi mendapatkan banyak pengetahuan berikut ini.

5 Teknik Belajar Demi Mendapatkan Banyak Pengetahuan

Mulai Proses Belajar dengan Motivasi

5 Alasan Kenapa Anda Harus Senantiasa Mengembangkan Diri (8) - 7 Cara Mudah Membangun Keberagaman di Tempat Bekerja

Motivasi adalah kunci untuk menjaga Anda tetap fokus belajar dan mengikuti proses mendapatkan pengetahuan.

Motivasi belajar bisa hilang saat terlalu lama berkutat pada informasi yang sudah diketahui. Agar proses belajar menjadi menyenangkan, penting untuk mengambil langkah belajar yang menantang.

Bisa dengan mengubah suasana belajar atau mengubah metode belajar yang selama ini digunakan.


Cara Menyimpan Informasi

belajar hal yang disukai di perguruan tinggi - Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini - Tidak Minat Membaca Buku yang Bermanfaat? Ini 3 Solusinya

Sebuah studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa mendengarkan musik tertentu tidak hanya bisa meningkatkan produktivitas, tetapi bisa membantu untuk tetap fokus menyimpan informasi.

Baca juga: 5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Berpindah Karier dan Pekerjaan

Jangan terlalu banyak menjejalkan informasi ke dalam otak dalam waktu singkat, sebab ini adalah salah satu bentuk kemalasan yang tersembunyi. Saat belajar Anda harus fokus mendapatkan kualitas belajar, bukan hanya kuantitas saja.

Atur waktu belajar secara efektif yang memungkinkan Anda untuk memproses informasi lebih mendalam dan bisa menyimpan lebih banyak informasi ke dalam otak.


Belajar Hal yang Saling Berkaitan

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Menghubungkan apa yang telah Anda pelajari dengan situasi yang sudah diketahui sebelumnya merupakan cara efektif untuk memahami informasi baru.

Dengan melakukan metode ini, maka Anda membuat otak melihat hubungan antara pengalaman dan pengetahuan sebelumnya dengan aktivitas belajar saat ini.

Saat Anda melihat sesuatu yang dipelajari berkaitan dengan hal yang menarik dan penting, ini akan sangat membantu Anda tetap fokus dan termotivasi dalam jangka panjang.


Belajar dengan Melatihnya

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - 5 Cara Bijak Memberikan Umpan Balik Pada Orang Lain

Ini adalah salah satu metode belajar yang sangat terkenal dan sangat efektif untuk dilakukan. Jangan hanya belajar dari teori dan buku saja, Anda harus melatih apa yang sedang dipelajari.

Misalnya saja seperti ini, Anda mencoba untuk belajar bahasa baru. Cara yang paling efektif untuk dilakukan adalah melatih keterampilan berbicara bahasa asing dengan melatihnya secara langsung dengan rekan belajar atau guru.

Baca juga: 6 Kualitas Pemimpin Luar Biasa, Andakah Salah Satunya?

Agar bisa menerapkan metode belajar seperti ini, maka Anda membutuhkan ruang kelas yang memungkinkan untuk belajar dengan efektif.

Belajar bisa melalui pendidikan formal atau non-formal seperti kursus. Media pembelajaran tersebut memungkinkan Anda untuk belajar keterampilan teknis, bahasa asing, pengetahuan baru, leadership, public speaking, dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan?

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, Anda tetap bisa mengikuti pendidikan yang diinginkan dengan adanya bantuan pinjaman dana yang disediakan oleh KoinPintar.

Pinjaman dana yang ditawarkan oleh KoinPintar sangat memudahkan karena menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Selain itu, masa pembayaran pinjaman juga bisa Anda bayarkan dalam jangka waktu sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar bertujuan untuk membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.


Menjelaskan Apa yang Telah Anda Pelajari Kepada Orang Lain

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan agar proses pembelajaran menjadi efektif adalah mencoba untuk menjelaskan informasi yang dipelajari kepada orang lain.

Baca juga: 5 Cara Cerdas yang Bisa Anda Lakukan Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Melakukan cara seperti ini akan memperkuat apa yang telah dipelajari sebelumnya dan membantu Anda untuk menerjemahkan informasi ke dalam bahasa yang mudah dipahami.

Dengan menerapkan 5 teknik belajar di atas, diharapkan Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengetahuan dalam proses belajar yang dilakukan.

Selamat mencobanya!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​