5 Tahap yang Akan Dilalui Saat Menghadapi Bencana Keuangan

Menyembunyikan Uang di Rumah - 5 Tahap yang Akan Dilalui Saat Menghadapi Bencana Keuangan

5 Tahap yang Akan Dilalui Saat Menghadapi Bencana Keuangan – Meskipun telah mengelola uang dengan bijaksana dan berhemat, bencana keuangan tetap datang dan bisa menghancurkan kondisi Anda.

Misalnya saja kehilangan pekerjaan yang menopang kehidupan Anda, beban bunga yang membengkak, atau yang lain sebagainya.

Tidak perlu khawatir dengan permasalahan di atas. Berikut ini 5 tahapan yang perlu dilalui saat Anda menghadapi bencana keuangan dan akan membangun kembali kehidupan finansial.

5 Tahap yang Akan Dilalui Saat Menghadapi Bencana Keuangan

Terkejut dan Penolakan

5 Alasan Mengapa Pengeluaran Lebih Banyak di Bulan Puasa - Cara Mengendalikan Pengeluaran - 4 Pengeluaran yang Membuat Boros Anggaran, Ayo Mulai Kurangi! - 8 Tips Menganggarkan Pendapatan Saat Sedang Krisis Keuangan - 5 Kebiasaan yang Mampu Membebani Keuangan Anda - 4 Alasan Banyak Orang Tidak Mau Menyusun Anggaran, Hindarilah! - 3 Hal Utama yang Membedakan Hemat dan Pelit - 5 Sikap Buruk yang Membuat Anda Gagal dalam Finansial - 5 Sikap Konservatif yang Bisa Merugikan Keuangan di Masa Depan

Hal yang sangat wajar dimana perubahan dramatis dalam kondisi finansial membuat Anda tidak percaya dan berusaha untuk menolak. Ini adalah situasi yang tidak bisa dihindari dan pasti akan Anda rasakan saat bencana keuangan datang.


Depresi

visi bisnis - hal yang paling disesali pebisnis saat menjalankan usaha - risiko yang dihadapi pebisnis - 5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan untuk Berpindah Karier dan Pekerjaan - gagal - takut - sedih

Perasaan terkejut dan penolakan terus-menerus akan membawa pada kondisi mental yang semakin memburuk yaitu mulai merasakan depresi.


Belajar Menerima

pasangan - utang - kredit - pinjaman

Penerimaan diri adalah tahap pertama untuk mulai melupakan masalah. Pada tahapan ini Anda mulai mengingat apa saja yang masih ada dan bisa disyukuri dalam kehidupan.

Dengarkan Podcast: Tips Agar Tidak Terjebak Quarter Life Crisis

Apakah itu berupa keterampilan yang bisa dijual, mobil yang masih bisa digunakan, atau tabungan yang masih tersisa untuk menopang kehidupan. Ini adalah momen awal sebelum Anda bangkit dan mulai kembali berjuang.


Mulai Belajar dan Menganalisis

5 Artikel Soal Pernikahan

Pada tahapan ini Anda akan bertanya tentang apa yang sedang terjadi dan bagaimana masalah tersebut bisa terjadi menimpa Anda.

Apa yang telah Anda lakukan sehingga berakibat pada masalah keuangan yang buruk. Jawaban atas pertanyaan tersebut memungkinkan Anda melakukan perubahan yang diperlukan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya masalah di kemudian hari.

Apakah karena Anda tidak menabung sehingga dana pendidikan anak tidak mampu terpenuhi atau karena Anda tidak mulai mendanai sehingga harus berhutang memenuhi kebutuhan yang besar.

Jika itu yang menjadi permasalahannya, maka Anda harus membiasakan diri berinvestasi mulai hari ini untuk mempersiapkan masa depan.

Tidak perlu menunggu sampai memiliki modal yang besar untuk bisa berinvestasi. Cukup sisihkan uang sebesar Rp100.000 dan Anda sudah bisa berinvestasi di KoinWorks.

Jika dilakukan secara terus-menerus, uang yang bernilai kecil tersebut akan tumbuh menjadi dana yang lebih besar di masa depan.

Belum lagi mengingat bahwa imbal hasil investasi di KoinWorks mampu mencapai lebih dari 18% per tahun. Imbal hasil yang sangat kompetitif dan menguntungkan untuk para investor.


Bangun dan Bangkit Kembali

pasangan - pernikahan - investasi - nabung - Berbicara tentang Keuangan dengan Orangtua Itu Penting, Ini 5 Langkahnya

Ini adalah tahap untuk kembali bangkit dari keterpurukan dan mulai melakukan berbagai rencana perbaikan.

Persiapkan berbagai rencana untuk keluar dari masalah keuangan, apakah itu menemukan pekerjaan lain, memulai bisnis untuk menambah penghasilan, atau mulai mempersiapkan dana darurat.

Baca juga: 4 Tahapan yang Perlu Dilalui Agar Bisa Berinvestasi Secara Konsisten

Tidak perlu menyesali kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu. Hal yang penting adalah Anda menyadari permasalahan tersebut dan ingin kembali bangkit dan berjuang.

Pastikan Anda bisa belajar dari kesalahan dan memiliki komitmen untuk tidak kembali mengulangi permasalahan tersebut.

Dikarenakan bencana keuangan tidak diketahui secara pasti, maka penting untuk mempersiapkan dana darurat dengan baik. Banyak ahli keuangan yang menyarankan untuk memiliki setidaknya 3 bulan biaya hidup sebagai dana darurat.

Memiliki dana darurat membuat Anda memiliki cadangan dana jika mendapatkan PHK dari tempat bekerja atau saat tidak memiliki dana untuk membayar kejadian yang tidak terduga.

Semoga pembahasan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda.

 

0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih