Lakukan 4 Hal Ini Ketika Menempuh Perguruan Tinggi

Lakukan 4 Hal Ini Ketika Menempuh Perguruan Tinggi - Belajar dan Mengasah Diri Lebih Cepat dengan Menerapkan 4 Kiat Berikut

Lakukan 4 Hal Ini Ketika Menempuh Perguruan Tinggi – Anda yang baru masuk di tahun pertama perkuliahan pasti akan menemukan hal menarik di kampus, seperti menemukan teman baru, tinggal di kota baru, atau menghadiri kelas yang telah Anda pilih sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Saat Anda sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, setidaknya ada 4 hal yang perlu dilakukan ketika menempuh perguruan tinggi untuk mengoptimalkan gelar yang akan didapatkan kelak.

Lakukan 4 Hal Ini Ketika Menempuh Perguruan Tinggi


Memiliki Target Kelulusan

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Mengikuti pendidikan di perguruan tinggi membutuhkan biaya yang sangat mahal dan memiliki target untuk lulus dengan cepat merupakan salah satu langkah agar mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.

Anda perlu memiliki target agar bisa lulus dalam jangka waktu 4 tahun dan membuktikan bahwa Anda fokus dengan perkuliahan yang dilakukan dan tidak mudah teralihkan dengan kegiatan yang berpotensi menunda kelulusan.


Pastikan Anda Memilih Gelar di Industri yang Terus Tumbuh

Kemampuan riset harus dimiliki setiap orang.

Semua orang yang berkuliah pasti ingin segera bekerja setelah mereka lulus dari perkuliahan.

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk membuat Anda mudah mendapatkan pekerjaan adalah memilih jurusan di industri yang tumbuh dan perusahaan banyak membutuhkan tenaga kerja di bidang tersebut.

Contohnya saja, jurusan teknik pertambangan atau perminyakan yang menjadi idaman banyak calon mahasiswa, karena pada masanya industri perminyakan terus mengalami pertumbuhan dan membutuhkan banyak tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidang tersebut.

Baca juga: 5 Keterampilan Berkomunikasi Agar Sukses dalam Pekerjaan

Hanya saja pada saat ini industri perminyakan telah mengalami penurunan yang signifikan dikarenakan energi alternatif terus bertumbuh dan sebab faktor yang lain.

Saat ini, salah satu jurusan yang berpotensi dan banyak perusahaan yang membutuhkan adalah ilmu komputer.

Hal ini bisa terjadi karena internet dan teknologi informasi terus berkembang dan ada banyak sekali permintaan untuk lulusan yang menguasai coding dan sejenisnya.


Mengajukan Beasiswa

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa perguruan tinggi membutuhkan banyak biaya yang harus dikeluarkan. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi beban tersebut adalah dengan mendapatkan beasiswa.

Hanya saja, jika ingin mendapatkan beasiswa biasanya Anda diharuskan untuk menulis esay dan lulus tes untuk membuktikan bahwa Anda layak mendapatkan beasiswa tersebut.

Penuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk bisa mengajukan beasiswa dan pastikan Anda mengumpulkan semua persyaratan dengan tepat waktu sesuai dengan yang telah ditentukan.

Namun, ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan kemudahan membayar biaya pendidikan.

Baca juga: Tertarik Kuliah di Jurusan Hukum? Ini 10 Peluang Karir yang Bisa Anda Dapatkan di Masa Depan

Cara selanjutnya adalah dengan mengajukan pinjaman dana pendidikan yang banyak tersedia saat ini.

Jangan khawatir dengan suku bunga pinjaman yang tinggi, sebab KoinPintar akan menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. 

KoinPintar merupakan produk pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinWorks. Pinjaman dana tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk mengikuti pendidikan tinggi atau formal saja, tetapi juga bisa untuk digunakan mengikuti pendidikan non-formal juga.

Selain suku bunga yang rendah, pinjaman yang ditawarkan oleh KoinPintar bisa diangsur selama jangka waktu 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Hal yang tidak kalah penting adalah setiap beban dan bunga yang timbul akan diinformasikan secara transparan dan tidak ada yang disembunyikan.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar memiliki tujuan utama untuk membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.


Ikuti Magang dan Pelatihan

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (5) - 3 Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Lebih dari Satu Mentor

Jangan hanya belajar di dalam kelas saja, Anda harus meningkatkan keterampilan dan kualitas diri dengan mengikuti magang dan pelatihan.

Dengan demikian, ilmu yang Anda dapatkan di dalam kelas akan dilengkapi dengan pengalaman nyata yang tidak ternilai.

Baca juga: Tertarik Kuliah di Jurusan Hukum? Ini 10 Peluang Karir yang Bisa Anda Dapatkan di Masa Depan

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan karena banyak perusahaan yang lebih menyukai calon pekerja yang memiliki pengalaman kerja nyata sebelumnya.  

Itulah dia 4 hal yang perlu kamu lakukan saat sedang menempuh perguruan tinggi. Yuk, segera optimalkan pendidikan Anda di perguruan tingi!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih