Dapatkan Apa yang Anda Inginkan dengan 5 Cara Bernegosiasi dalam Situasi Sulit

1616

Dapatkan Apa yang Anda Inginkan dengan 5 Cara Bernegosiasi dalam Situasi Sulit – Negosiasi merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Anda bisa bernegosiasi untuk mendapatkan gaji yang diinginkan, menyelesaikan konflik, atau menutup kesepakatan.

Saat Anda memahami berbagai jenis negosiasi, maka Anda bisa bekerja untuk menemukan solusi terbaik untuk situasi yang sedang Anda hadapi. Anda juga bisa mengidentifikasikan strategi negosiasi yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Berikut ini 5 cara bernegosiasi dalam situasi sulit.

5 Cara Bernegosiasi dalam Situasi Sulit

1Tetapkan Tujuan dan Tuliskan

tips-ampuh-negosiasi-gaji-

Anda perlu memikirkan aspek kesepakatan yang tidak bisa dinegosiasikan dan apa yang bisa Anda berikan saat bernegosiasi. Dalam proses negosiasi, Anda harus bisa menjauhkan diri dari hal-hal yang berada di luar tujuan Anda.

Baca juga: Apakah Pemimpin Hanya Identik dengan Kekuasaan dan Kekuatan?

Memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang Anda inginkan adalah hal yang perlu Anda lakukan dalam semua jenis negosiasi. Saat lawan membuat permintaan yang tidak masuk akal, Anda harus kembali lagi ke tujuan awal sebelum mulai bereaksi.


2Paham dengan Posisi Lawan Anda

perhatikan wajah dan nada bicara lawan bicara saat komunikasi saat berkomunikasi di tempat kerja

Jika Anda paham dengan posisi lawan, maka Anda bisa membuat argumen yang lebih meyakinkan dan meningkatkan peluang Anda memenangkan negosiasi. Luangkan waktu untuk mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan mereka.


3Lakukan Riset dan Identifikasikan Pendekatan yang akan Digunakan

keterampilan berkomunikasi

Misalnya saja, Anda ingin melakukan negosiasi gaji, itu artinya Anda harus mengetahui apa kualifikasi yang dimiliki dan keterampilan apa yang dibutuhkan agar bisa mendapatkan posisi seperti yang akan diminta.

Melakukan riset sebelum bernegosiasi akan mencegah Anda meminta sesuatu yang tampak tidak pantas dan tidak sopan untuk dilakukan.


4Bidik Target yang Tinggi, tapi Masuk Akal

Kiat memilih jurusan kuliah yang pertama adalah dengan merenungkannya baik-baik

Lakukan penelitian untuk mengetahui dasar negosiasi yang akan Anda gunakan. Kami sangat menyarankan Anda untuk meminta lebih dari yang diharapkan. Hal ini bermanfaat agar lawan Anda memiliki ruang untuk bernegosiasi.

Baca juga: 9 Manfaat Keterampilan Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Prospek Karier Anda

Misalnya saja seperti ini, Anda tertarik untuk membeli rumah dengan harga Rp1 miliar. Setelah melakukan penelitian di pasar dan menilai properti yang akan dibeli, maka Anda memutuskan akan membutuhkan dana sekitar Rp50 juta untuk memperbaiki rumah tersebut sebelum bisa ditinggali.

Penjual rumah pasti sudah menetapkan harga yang lebih tinggi, maka Anda bisa membuat tawaran sekitar 800 Juta dan menyebutkan faktor perbaikan yang perlu Anda lakukan dalam negosiasi. Jika kedua belah pihak jujur, maka situasi win-win akan dengan mudah didapatkan.


5Berfokus pada Masalah

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor

Selama proses negosiasi, Anda bisa saja mudah terjerat dalam berbagai kebutuhan dan melupakan tujuan Anda dalam bernegosiasi.

Tetaplah berfokus pada masalah dan tujuan yang ingin Anda dapatkan. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan kesepakatan yang saling menguntungkan satu dengan yang lainnya.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Ambil Kursus Bahasa Inggris

Hal yang penting dalam bernegosiasi adalah kemampuan Anda untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan kepada lawan bicara Anda.

Jika Anda belum memiliki keterampilan bicara atau komunikasi yang baik untuk memenangkan proses negosiasi, maka Anda bisa melatih keterampilan tersebut dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang tersedia. Misalnya, seperti public speaking.

Saat ini, Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan public speaking, entah untuk mempertajam skill bernegosiasi, skill presentasi, dan sebagainya.

Ketahuilah, tidak ada pendidikan yang gratis. Namun, apabila Anda membutuhkan tambahan uang untuk mengikuti biaya kursus public speaking tersebut, sekarang Anda bisa mengajukannya ke KoinPintar, lho!

Ini merupakan salah satu produk KoinWorks di mana Anda bisa mencicil biaya pendidikan dengan mudah. Anda tidak perlu membayar uang di muka. Setiap bulannya, Anda bisa mengangsur pembayaran sambil menimba ilmu demi meningkatkan kemampuan Anda.

Jika Anda tertarik, pastikan Anda mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai KoinPintar pada halaman berikut ini.

Selamat meningkatkan skill bernegosiasi Anda!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.