5+┬áCara Menghemat Biaya HidupBiaya hidup yang tinggi memang menjadi persoalan yang sangat susah untuk dilepaskan. Terkadang, biaya hidup yang tinggi merupakan tuntuan situasi perekonomian negara terkini, membuat kita ‘terperangkap’ dengan situasi yang ada.

Di sisi lain, biaya hidup yang tinggi juga kerap dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal, khususnya daerah perkotaan besar.

Banyak juga kasus di mana biaya hidup yang tinggi dihasilkan dari gaya hidup yang menuntut banyak pengeluaran. Jika Anda berpikir untuk menghemat biaya hidup karena Anda sadar bahwa gaya hidup Anda-lah yang mempengaruhi tingginya biaya hidup Anda, inilah 4 cara untuk menghemat biaya hidup yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang juga:

5+ Cara Menghemat Biaya Hidup

1. Lebih Baik Makan di Rumah

Anda sudah tahu bahwa biaya makan di luar tidaklah murah. Memang, bagi sebagian besar orang, makan di luar mampu memudahkan dalam banyak hal, terutama bagi Anda yang tidak punya waktu untuk memasak di rumah.

Anda hanya perlu mendatangi rumah makan/restoran yang Anda suka dan memesan makanan di sana, menghemat waktu dan tenaga.

Tetapi, karena misi Anda di sini adalah untuk menghemat biaya hidup, sudah sewajarnya Anda mengatur strategi untuk lebih sering makan di rumah.

Dalam artian seperti ini; luangkan waktu Anda untuk memasak di pagi hari. Dengan cara ini Anda bisa menghemat biaya sarapan karena sudah pasti Anda makan di pagi harinya.

Kemudian bawa bekal dari rumah sebagai santapan siang Anda di kantor jika Anda bekerja atau pun kuliah.

Anda juga bisa menyiapkan bekal untuk makan malam jika memang harus lembur, atau Anda merasa bakal sampai di rumah lebih malam karena macet, misalnya.

Biaya bahan baku makanan jauh lebih murah ketimbang total biaya makan di luar. Jadi, perbanyak kesempatan untuk memasak sendiri dan makan di rumah menjadi salah satu cara untuk menghemat biaya hidup.

2. Kurangi Aktivitas Nongkrong atau Kegiatan Hiburan Lainnya

Banyak sekali orang yang senang dengan aktivitas di luar rumah seperti nongkrong atau pun kegiatan yang berkaitan dengan hiburan lainnya. Jika Anda termasuk salah seorang di antaranya, ini saatnya Anda mengurangi kegiatan tersebut.

Pengeluaran yang besar dimulai dari yang kecil. Misalnya, ketika nongkrong di sebuah kafe, meskipun Anda hanya memesan kopi dan jika rutin Anda lakukan, berapa pengeluaran Anda selama sebulan hanya untuk memesan kopi? Itu hanya dari kopi.

Nah, berapa kali Anda menjalani aktivitas nongkrong atau kegiatan hiburan lainnya di luar rumah yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan uang dalam sebulan? Jika Anda hitung biaya pengeluaran hanya untuk hal-hal tersebut, Anda pasti akan terkejut besarnya pengeluaran yang sudah Anda keluarkan.

Jadi, kurangilah aktivitas nongkrong dan hiburan di luar rumah lainnya untuk menghemat biaya hidup Anda.

3. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit Hingga Pengeluaran Dari Bank Lainnya

Upayakan untuk terus menyediakan uang tunai jadi Anda tidak perlu membayar tagihan kartu kredit yang berbunga. Meski nilainya kecil, bunga tagihan kartu kredit akan terus bertambah, dan semakin lama akan semakin besar.

Memang, banyak sekali kemudahan yang bisa kita manfaatkan dari kartu kredit, namun, efek negatifnya juga ada.

Selain itu, hindari juga pengeluaran lainnya yang bisa ditimbulkan dari bank. Contoh kecilnya begini; jika Anda harus mentransfer uang ke bank yang berbeda dengan Anda, biasanya bank tertentu akan menerapkan charge sesuai kebijakannya. Charge tersebutlah yang nantinya menambah pengeluaran.

Intinya, pengeluaran kecil meski tidak langsung terasa dan gampang terlupakan, jika diakumulasikan menjadi total pengeluaran, maka pengeluaran kecil itulah yang ternyata berpengaruh besar pada keuangan Anda.

4. Cari Alternatif Transportasi yang Lebih Hemat

Jika Anda terbiasa menggunakan kendaraan pribadi dan memakan biaya yang lebih mahal ketimbang ketika Anda menggunakan transportasi umum, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk mulai menggunakan transportasi umum.

Selain itu, tidak semua transportasi umum memiliki tarif yang sama. Meski transportasi umum semacam ojek online pada dasarnya lebih praktis dan murah, terkadang transportasi tersebut tidak lebih murah ketimbang ongkos bus.

Jika Anda mengetahui rute dan transportasi yang tepat dalam aktivitas harian Anda, juga berdasarkan pada kenyamanan menurut preferensi Anda, segera terapkan itu.

Sebab tujuan Anda adalah menghemat biaya hidup, jadi Anda harus tetap mempertimbangkan biaya pengeluaran untuk tarif transportasi sambil mementingkan keselamatan tentunya.

5. Pilih Produk Alternatif Ketika Berbelanja

Selama ini Anda mungkin sudah terbiasa dengan membeli produk branded. Dan semua orang tahu bahwa produk branded itu tidaklah murah.

Oleh karena itu, pilihlah produk alternatif yang lebih murah ketika berbelanja. Tidak mesti branded dan mahal, asalkan cocok dan nyaman untuk Anda kenakan.

Banyak sekali produk di luar sana yang sangat berkualitas dengan harga yang jauh lebih murah meskipun brand-nya tidak sepopuler brand favorit Anda.

Karena Anda ingin menghemat biaya hidup, maka Anda harus mempertimbangkan kebiasaan untuk memilih produk alternatif yang berkualitas dan lebih murah ketika berbelanja.

Strategi Lainnya dalam Menghemat Biaya Hidup

  1. Kurangi tagihan listrik dengan mematikan produk elektrik yang tidak digunakan atau tidak terlalu penting, juga kurangi penggunaan listrik secara keseluruhan, misalnya mematikan lampu ketika tidur.
  2. Kurangi tagihan pulsa, biar sekecil apapun, karena untuk zaman serba digital dan internet ini, pulsa merupakan hal yang sangat signifikan pengaruhnya terhadap tagihan.
  3. Jika menggunakan asuransi, pilihlah paket yang tidak terlalu membutuhkan biaya bulanan yang tinggi.
  4. Kurangi tagihan laundry dengan cara mencuci pakaian sendiri di rumah, boleh setiap weekend.
  5. Jaga kesehatan, karena seberapa pun besarnya pendapatan Anda akan cepat habis jika Anda sakit-sakitan.

Hal Lain yang Bisa Anda Lakukan Setelahnya

Nah, setelah Anda menerapkan cara menghemat biaya hidup di atas dengan baik, kini keuangan pribadi Anda sudah jauh berubah ke arah yang lebih baik. Dan kemungkinan besar Anda memiliki dana lebih untuk dialokasikan.

Mungkin Anda sekarang memiliki persoalan, “Saya memiliki dana lebih namun tidak tahu harus berbuat apa dengannya.”

Anda bisa memanfaatkannya untuk menabung. Tabungan adalah sesuatu yang sangat penting dalam mempersiapkan masa depan.

Dengan dana lebih tersebut, Anda harus membuka tabungan, dan jika perlu, buka sebuah rekening bank khusus untuk menyimpan dana lebih tersebut sebagai tabungan.

Juga, Anda bisa berperan sebagai pendana di KoinWorks, di mana Anda bisa mendanai kebutuhan bisnis para pelaku UKM sesuai keinginan Anda.

Investasi Anda di KoinWorks akan sangat berguna bagi perkembangan bisnis UKM di Indonesia, dan tentu saja Anda akan mendapatkan bunga yang lebih tinggi dari hasil investasi Anda di sana dibandingkan dari institusi atau lembaga keuangan konvensional lainnya.

Daftar sekarang menjadi pendana di KoinWorks; berinvestasi sekaligus membantu perkembangan bisnis UKM demi kemajuan perekonomian Indonesia.

KoinWorks: The Connection that Works!

Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.